Apakah Innovative Value Berpengaruh Terhadap Kepuasan Wisatawan? Sebuah Peran Halal Destination Image
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.594Keywords:
Innovative Value; Halal Destination Image; Kepuasan Wisatawan.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Innovative Value terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di kabupaten Lombok Tengah yang dimediasi oleh Halal Destination Image. Nilai-nilai inovasi sangat dibutuhkan dalam destinasi wisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 154 yang respondennya merupakan wisatawan domestik yang berkunjung ke kabupaten Lombok Tengah. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang berisi hasil jawaban responden. Kuesioner yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan atas innovative value terhadap halal destination image. Untuk variabel innovative value memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan wisatawan namun tidak signifikan, sedangkan halal destination image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan.
Downloads
References
Coban, Suzan (2012), “ The Efect of The Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia, Eurofan Journal.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat, diakses dalam http//www.disbudpar.ntbprov.go.id (08 desember 2018; 15.45WITA).
Dhewanto, Wawan dkk,. 2014. Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta, Andi.
Dwi Putra Buana Sakti, dkk, 2018, Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, Pengujian Hubungan Struktural Citra Destinasi Wisata, Kepuasan Wisatawan dan Loyalitas Wisataan : Kasus Pulau Lombok, Vol. 6, No. 2 – September 2018 Halaman 15 s.d 24
El-Gohary,H. 2016. “Halal Tourism, Is It Realy Halal, Tourism†Management Perspective, 19.130.
Fandi Tjiptono, Servis Managemen Mewujudkan Layanan Prima, Andi, Yogyakarta, 2008, hal. 96.
Heny Ristawati, Pengaruh customer experience dan innovation terhadap halal destination image dan kepuasan wisatawan domestic dipulau Lombok, JMM Universitas Mataram, Vol.8, No.3 – September 2018
Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Undip, Cetakan V, Hlm.52.
Imam Ghazali, Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi dengan program AMOS 19,0,Semarang: Undip, 2011, Hlm. 226
Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok. Gramedia.
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jakarta, PT. Indeks.
Kuriniawan, Christy Jusuf. 2014. “Studi Deskriptif Destination Image Kota Malang Menurut Perspektif Wisatawan Surabayaâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.2.
Muhamad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta : PT Raja Grafind Persada, 2008, html. 103
Owano, Lucy Atieno, Dr Ondiek Alala dan Dr Doouglas Musiega. 2014.Relationship between Customer Service Innovation And Customer Satisfaction in the Banking Industry: A Case Study of Kenya Commercial Bank. Vol. 16 No 6
Payne, A, & Frow. (2007). “A Strategic Framework for Customer Relationship Managementâ€, Journal of Marketing, 69, 167-176.
Prayag, G. (2008) “Image, Satisfaction and Loyalty-The Case of Cape Townâ€, Anatolia: An International Journal of Tourism and Hospitality Research, 19,(2), pp.205-224.
Priyanto,R. (2016) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Saung Angklung Udjo. Jurnal Pariwisata, 3(1) 29-40.
Qu, H., Kim, L.H., and Im, H.H. (2011), “A model of destination branding : integrating the concepts of the branding and destination imageâ€, Tourism Managemenr, Vol. 32 No.3, pp. 456-476
Rahman, RA., Rezei, G., Mohamed, Z., Shamsudin, MN, dan Sharifuddin, J. 2013. Malaysia as Global Halal hub: OIC Food Manufacturers’ Perspective. Journal of International Food and AgribusinessMarketing. 25: 154-166.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2013-2018.
Rencana Induk Pariwisata Berkelanjutan Pulau Lombok 2015-2019.
Rini, E.S. & C. Brand, (2008) Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketingâ€, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No.1 hal 15-20, Januari 2009.
Saufi, A, (2017). “Local Partisipation and Halal Tourism Lombok in UNWTO and Grifith Univercity, Managing Growth and Sustainable Tourism, Governance in Asia and Pasific (hal 61-65), UNWTO Publications.
Samori, Zakiah dan Rahman, Fadillah Abd. 2013. Estalishing Shariah Complian Hotels in mAlaysia: Identifying Opportunities, Exploring Challanges†Selangor, Academy of Contemporary Islamic Studies. Vol 2 Number.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta, cet ke-10, 2010,
Sugiyono, Statistika untuk penelitian, Bandung : Alfabeta , cet ke-12, 2007, Hlm. 323
Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya diIndonesia.Yogyakarta : Gava Media.
Owano,Lucy Atieno, Dr Ondiek Alala dan Dr Doouglas Musiega. 2014.Relationship between Customer Service Innovation And Customer Satisfaction in the Banking Industry: A Case Study of Kenya Commercial Bank. Vol. 16 No 6.
Woo, E., Uysal, M., dan Sirgy, J. Tourism Impact and Stakeholders’ Quality of Life. 2016. Journal of Hospitality & Tourism Research Volume: 42.
Yoeti, O.A (1996). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Angkasa.
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).