Implementasi Customer Relationship Management Pada Industri Pendidikan: Studi Kasus Pada Akademi Pariwisata

Authors

  • Erna Kusumawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.1385

Keywords:

Customer Relationship Management, Customer lifetime Value, Tourism

Abstract

Persaingan pada industri pendidikan semakin terasa, sehingga diberlakukan pengelolaan terhadap customer relationship.  Paradigma dan cara berpikir industri pendidikan tidak lagi didominasi pada bagaimana mendapatkan siswa didik baru, tetapi berkembang kepada bagaimana mempertahankan pelanggan lama. Menelaah fenomena masalah pada industri pendidikan maka dilakukan penelitian terkait hubungan customer relationship management dan customer lifetime value. Penelitian dilakukan pada industri pendidikan, dimana orang tua siswa menjadi konsumen yang dikaji dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan survei kepada 100 orang tua murid Sekolah Pariwisata yaitu Akademi Pariwisata HNI di Kota Bandung, Indonesia. Kajian dilakukan melalui analisis regresi dan data didapat secara kuantitatif melalui kuesioner. Hasil penelitian ditemukan bahwa customer relationship management yang dilakukan oleh sekolah memiliki dampak berarti pada peningkatan customer lifetime value. Orang tua akan memberikan rekomendasi terhadap investasi pendidikan kepada keluarga dan kolega bila merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan oleh sekolah. Penelitian ini tentunya bermanfaat untuk industri pendidikan yang memiliki kecenderungan lifetime value dari konsumen. Dimana pada prinsipnya orang tua sebagai konsumen sekolah yang menentukan pendidikan untuk anaknya membutuhkan kenyamanan yang salah satunya dari implementasi customer relationship management.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, T. (2005). Profil Persaingan Usaha dalam Industri Perbankan Indonesia. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Perbanas Finance & Banking Journal, 6(2), 95–181.

Atika, I. M. (2016). Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(November), 153–168.

Aviliani. (2012). Membangun loyalitas nasabah simpedes dengan metode customer lifetime value. Finance and Banking, 14(1), 73–88.

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3. Sistem Informasi, 4(2), 516–529. Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Evan, A., Gunawan, A. A., Pardede, C. A., Wibowo, F. H., & Noviyandi, R. (2021). How celebrity endorsement influences consumer’s purchase intention of fashion products on Instagram. Indonesian Business Review, 4(1), 44-56.

Hamidin, D. (2008). Model Customer Relationship Management ( Crm ). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008), 2008(Snati), 31–34.

Hidayat, A. N., Muhammad, N. A., & Suryotrisongko, H. (2012). Integrasi Aplikasi Android dan Komputer Server sebagai Solusi Mobile Commerce dan CRM Studi Kasus Toko Game XYZ. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) Semarang, 23 Juni 2012 ISBN, 2012(Semantik), 108–113.

Jonathan Sarwono. (2011). Faktor-Faktor Pendorong Persaingan Bisnis: Aplikasi Penawaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 16(Jun), 94–109. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Jusran Buraera, Abd. Rahman Kadir, S. A. (2014). No Title. Analisis, 3(2), 165–171.

Kumalasari, V. (2013). Analisis Penerapan Customer Relationship Management Studi Kasus Pada Gkmi Anugerah Rayon Kembangan. Ilmiah Manajemen Bisnis, 13(1), 11–22.

Mundir, A. (2016). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah, 7, 27–40.

Suciani, A. A. R. S. N. K. (2013). FENOMENA POKOK PENDIDIKAN INDONESIA: APA DAN BAGAIMANA? SOSHUM JURNAL SOSIAL DAN HUMANIORA, 3(1), 96–107.

Sundari, S. (2008). Customer Delight. Fokus Ekonomi, 7(1), 44–51. https://doi.org/10.1177/1094670511425698
Syukriah, A., & Hamdani, I. (2015). PENINGKATAN EKSISTENSI UMKM MELALUI COMPARATIVE ADVANTAGE DALAM RANGKA MENGHADAPI MEA 2015 DI TEMANGGUNG. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 110–119.

Syamil, A. (2021). The Impact of Project Performance on Customer Satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 5658-5668.

Published

2021-02-05