Pemanfaatan Instagram dalam Meningkatkan Branding Kue Balok Brownies Ki Raden

Authors

  • Rita Herlina Universitas BSI
  • Renaldi Permana Universitas BSI
  • Eli Susana Universitas BSI
  • Muthia Alfianty Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.558

Keywords:

Pemanfaatan; Instagram; Branding; Kue Balok Brownies.

Abstract

Upaya meningkatkan branding adalah salah satunya dapat dilakukan melalui pemanfaatan instagram, khususnya bagi produsen kue balok brownies Ki Raden sebagai produk yang baru berdiri perlu upaya keras dalam meningkatkan branding, hal ini lah yang melatarbelakangi penelitian ini dengan tema pemanfaatan instagram dalam meningkatkan branding kue balok brownies Ki Raden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana owner dan tim manajemen Ki Raden memanfaatkan instagram sebagai media untuk meningkatkan branding. Metode penelitian ini dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Pengumpulan data melibatkan owner dan tim manajemen Ki Raden. Lokasi pengambilan data secara langsung di tempat produksi yaitu di jalan Terusan Gatot Subroto Kota Bandung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah owner dan tim manajemen Ki Raden memanfaatkan instagram untuk meningkatkan branding dengan menjadikannya sebagai galeri portofolio mereka yang berisikan foto dan video tentang kue balok brownies Ki Raden. Selain itu juga dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram seperti instastory, highlight, hashtag, slide photo, dan pengaturan feeds. Disimpulkan bahwa owner dan tim manajemen Ki Raden memanfaatkan instagram untuk meningkatkan  branding karena fasilitas dan fitur nya dapat membangun sebuah merek menjadi lebih dikenal luas, memiliki  keunggulan sendiri dan kekhasan sebagai pembeda di antara produk serupa lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, A., Dewi, S. W., Susilawati, & Fauzi, A. (2018). Instagram Sebagai Alat Promosi UKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 197-207.

Creswell, J. W. (2008). The Use of Theory. SAGE: PUBLICATION.

Enterprise, J. (2012). Instagram Untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Holmes, D. (2005). Communication Theory Media, Technology, Society. Communication Theory. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Ltd.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.31294/JKOM.V8I2.2654

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk danPotensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X, Volume 8, Nomor 2, 123-138.

Syarifuddin,, D., Noor, C. M., & Rohendi, A. (2018). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 55-64.

Tamimy, M. (2017). Sharing-mu Personal Branding-mu. Jakarta: VisiMedia Pustaka.

Published

2019-11-18