Pemanfaatan Taman Kota untuk Memperkenalkan Permainan Tradisional Jawa Barat

Authors

  • Puji Pramesti Politeknik LP3I
  • Rita Komalasari Politeknik LP3I
  • Adriza Adriza Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.556

Keywords:

Taman; Kota; Bandung; Permainan; Tradisional.

Abstract

Di Kota Bandung, banyak sekali taman kota yang dibangun. Hal ini dikarenakan pemerintah Kota Bandung ingin mengubah wajah Kota Bandung yang semula sibuk, menjadi lebih ramah dan nyaman. Banyak sekali warga Kota Bandung yang berkunjung di taman-taman kota ini. Mereka bergembira bersama keluarga dan melakukan banyak aktifitas diluar ruangan. Taman-taman kota ini diantaranya : Taman Jomblo, Taman Film, Taman Balaikota, Taman Asia Afrika. Bukan hanya terkenal diantara warga kota bandung, taman-taman ini juga terkenal diantara orang-orang dan wisatawan dari luar kota, dan membuat mereka datang ke Kota Bandung. Tapi terkadang, mereka bosan dengan kegiatan yang ada di taman-taman kota tersebut dan pergi dengan cepat. Oleh karenanya, dibutuhkan hiburan lain yang lebih menarik. Untuk itu permainan tradisional akan menjadi solusi yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya khas Jawa barat, yaitu permainan tradisional Jawa Barat. Hal ini sangat krusial supaya eksistensi permainan jawa barat ini tetap lestari. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan ide tentang beberapa permainan tradisional Jawa Barat yang dapat disuguhkan di Taman Kota di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena peneliti melakukan survey, menjelaskan realitas dan mendeskripsikan unsur untuk ditambahkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setidaknya ada empat permainan tradisional yang bisa ditempatkan di Taman Kota Bandung, diantaranya : Congklak, Egrang, kelom batok dan Engklek. Permainan-permainan ini dianggap cocok karena tidak membutuhkan area yang luas, peralatan yang digunakan bisa disisimpan di dalam area taman tanpa merusak estetika, dan bisa menggunakan alat-alat yang tersedia di taman, seperti kerikil, batu dsb. Ada beberapa penelitian yang mendasari artikel ini, diantaranya : Penyertaan Permainan Tradisional Sebagai Atraksi Wisata yang ditulis oleh Putu Aditya Primayoga Arya dengan judul Revitalisasi Permainan Tradisional Bali Sebagai Bagian dari Atraksi Wisata Budaya di Kota Denpasar, dan Redesain Taman Denggung sebagai Taman Kota Kabupaten Sleman berbasis Kearifan Lokal di Yogyakarta yang dibuat oleh Irsyad Sanjaya dan Indung Siti Fatimah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Revitalisasi Permainan Tradisional Bali Sebagai Bagian Dari Atraksi Wisata Budaya Di Kota Denpasar. (2015). Jumpa, 83.

(2016). Redesain Taman Denggung Sebagai Taman Kota Kabupaten Sleman Berbasis Kearifan Lokal Di Yogyakarta. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Zaini, M. A. (2006). Permainan Tradisional di Jawa Barat . Bandung: Tesis.

Puspasari. 1997. “Penelitian Pengembangan Kesenian Tradisional”. Laporan Akhir. Jakarta: Proyek Penelitian dan Pengembangan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kementrian Kebudayaan. Kementrian kebudayaan dan Pariwisata RI.

Published

2019-11-18