Analisa Penilaian Investasi untuk Meningkatkan Add Value Ekonomi di Pelabuhan Kobisadar Maluku

Authors

  • Kurniawan Prambudi Utomo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sinta Rukiastiandari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Suwandi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Faroman Syarief Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.553

Keywords:

Penilaian Investas;, Economic Value; Pelabuhan.

Abstract

Pertumbuhan perekonomian Indonesia dapat diketahui dengan kemampuan setiap daerah menghasilkan Produk Domestik Bruto (PDB) sehingga dapat diketahui potensi kemampuan daerah mengerakkan perekonomian,  pertumbuhan ekonomi mempunyai korelasi yang cukup erat dengan pertumbuhan trafik barang di pelabuhan Kobisadar, Maluku Tengah  mempunyai potensi yang baik karena daerahnya diliputi pelabuhan laut yang dilalui kapal penumpang dan barang, sehingga memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi nasional, namun fenonema masalah terjadi ditemukan kondisi bangunan ruang tunggu penumpang dan gudang yang sudah rusak berat, dermaga yang sudah tidak memiliki karet fender sandar pelabuhan, kerusakan pada  causeway dengan trestle, kondisi kantor pelabuhan yang kurang baik, dan fasilitas yang masih kurang, oleh karena itu diperlukan investasi dari pemerintah/swasta yang bersinergis, metode penelitian yang digunakan  survey dan pengamatan lapangan langsung yang dilakukan bulan Januari – Desember 2016, adapun hasil dari penelitian bahwa nilai investasi tingkat Net Present Value (NPV) dan Benefit/Cost Ratio (B/C ratio)    bernilai positif yang berarti proyek memberikan keuntungan, dan dapat dilanjutkan, serta nilai Internal Rate of Return (IRR) bernilai  persentase yang tinggi dari suku bunga bank yang ditetapkan, artinya proyek menguntungkan bagi investor untuk membangun pelabuhan laut Kobisadar sehingga menambah pendapatan masyarakat disekitar pelabuhan dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Maluku Tengah, juga meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Perhubungan. (2005). Sistem Transportasi Nasional. Jakarta.

Fahmi, Irham, Lovianti Y. (2011). Analisis Inventasi. Alfabeta CV. Bandung.

Jumingan, (2011). Studi Kelayakan Bisnis. Bumi Aksara. Jakarta.

Kasmir, (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, cetakan pertama. Kencana, Jakarta.

Kodiatie. (2010). Analisis Dampak Investasi Pada Industri Pulp & Kertas Terhadap kesempatan kerja & pendapatan rumah tangga Indonesia. Universitas Diponegoro.

Sartono, A. (2000). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta BPFE Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Giatman. (2006). Ekonomi Teknik. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Scott, David., JR, et all. (1999). Basic Financial Management, Eigth Edition, Prentice Hall International, Inc. New Jersey.

Sumastuti. (2005). Pengambilan Keputusan Investasi Melalui Capital Budgeting Jurnal Ilmiah & Bisnis. Jakarta.

Published

2019-11-14