Pemanfaatan Platform Instagram @desawisatasayan Sebagai Media Promosi di Desa Wisata Sayan

Authors

  • Dorothea Louren Prithi Sinaga Universitas Pancasila
  • Fetty Nurmala Rossi Universitas Pancasila
  • Riza Firmansyah Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.9011

Keywords:

Instagram, Promotion, Content Engagement, Virtual Ethnography

Abstract

Media promosi memilki peranan penting dalam memperkenalkan suatu destinasi wisata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan akun instagram @desawisatasayan sebagai media promosi di Desa Wisata Sayan dan mengidentifikasi content engagement dari akun instagram. Desain pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Etnografi Virtual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi melalui akun instagram @desawisatasayan dan wawancara dengan Pokdarwis Desa Wisata Sayan sebagai admin dari akun Instagram @desawisatasayan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan instagram berupa konten yang disajikan dalam bentuk aktivitas, interaksi dan konteks menunjukan bahwa ketiga aspek tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang dapat dilihat dari aspek aktivitas yang paling banyak diminati oleh followers berupa wellness tourism dan education tourism serta content Engagement yang disajikan oleh akun instagram @desawisatasayan dapat memberikan pengaruh yang cukup baik yang dapat dilihat melalui action yang diberikan audiens atau followers berupa like, share dan komentar. Konten yang paling banyak mendapatkan engagement dari audiens atau followers pada akun instagram @desawisatasayan adalah konten dengan tema wellness tourism dan education tourism.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta (ID): Media Kita.

Ayutiani, D. N., dan Putri, B. P. S. (2018). Penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner. Profesi Humas, 3(1), 39-59.

Butar-Butar, I. B. W. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Wisatawan Dalam Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung (Studi Kasus Wisatawan Bukit Indah Simarjarunjung).

Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 6(2), 243-270.

Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 1089–1095.

Felita, C. I. (2015). Analisa pengaruh customer experience terhadap customer loyalty dengan customer engagement dan customer trust sebagai variabel intervening di the body shop. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-10.

Firmansyah, M. A., & Se, M. (2019). Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Godevi. (2020). Sayan Village. Retrieved from godestinationvillage website: https://godestinationvillage.com/village/sayan-village

Gohil, N. (2015). Role and impact of social media in tourism: a case study on the initiatives of Madhya Pradesh State Tourism. International Journal of Research in Economics and Social Sciences, 5(4), 8-15.

Hine, C. (2017). Ethnography and the internet: Taking account of emerging technological landscapes. Fudan Journal of the Humanities and Social Sciences, 10, 315-329.

Januatisa, N. C. M., Winoto, Y., & Khadijah, U. L. S. (2022). Penyebaran informasi wisata kuliner pada Instagram@ Bogoreatery di Kota Bogor. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(2), 123-136.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Marketing Management. New Jersey. Pearson.

Latorre-Martínez, M. P., Iñíguez-Berrozpe, T., & Plumed-Lasarte, M. (2014). Image-focused social media for a market analysis of tourism consumption. International Journal of Technology Management, 64(1), 17-30.

Mafulla, D., Hestianah, S., & Kholik, A. (2021). Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Promosi Online Kawasan Wisata Pacet Mojokerto. Jurnal el-Idaarah, 1(2).

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi.

Nandaryani, N. W., & Santosa, N. A. (2022). Konten Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Tenganan Dauh Tukad Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pasca Pandemi. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 18-25.

Novikasari, O. (2016). Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata di Malang Raya (Studi pada Admin Akun Instagram@ instanusantaramalang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan media sosial masyarakat sadar wisata dalam mempromosikan potensi wisata baru. Medium, 6(2), 39-50.

Pangkey, D. E., Tulung, L. E., & Lotulung, L. J. H. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata di Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1).

Putri, C. I., Darwis, R. S., & Taftazani, B. M. (2017). Peran perempuan dalam pengembangan program desa wisata. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Rahayu, R. A. (2022). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Instagram Dalam Proses Promosi Pariwisata Di Kabupaten Kebumen.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179-186.

Riswari, C. R. A., & Widiarto, D. S. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh akun@ Jelajahblitar dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-9.

Suliantha. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Tikno. (2017). Measuring Performance of Facebook Advertising Based on Media Used: A Case Study on Online Shops in Indonesia. Procedia Computer Science (111), 105-112.

Wijaya, T. (2018). Manajemen kualitas jasa.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26-39.

Downloads

Published

2024-02-29