Potensi Penggunaan Influencer Virtual Indonesia Bagi Pemasaran Pariwisata Indonesia

Main Article Content

Mira Rustine
Indriana Indriana

Abstract

Pesatnya perkembangan pemasaran digital dan teknologi kecerdasan buatan telah melahirkan sebuah strategi baru yaitu penggunaan influencer virtual untuk membantu aktivitas pemasaran. Influencer virtual adalah karakter fiksional hasil teknologi komputer namun memiliki fitur, persona dan interaksi seperti manusia. Penggunaan strategi ini dalam bisnis kian marak, namun belum terdapat kajian yang komprehensif mengenai influencer virtual Indonesia serta peranan mereka dalam pemasaran, termasuk dalam pemasaran jasa pariwisata yang merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan influencer virtual Indonesia dan mengetahui kemungkinan penggunaan mereka untuk pemasaran jasa pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi literatur terhadap literatur ilmiah, artikel serta laporan dari situs yang spesialis membahas influencer virtual serta melakukan observasi media sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa saat ini di Indonesia terdapat empat influencer virtual wanita yang telah menjadi ikon dari beberapa produk dan jasa. Keempat influencer virtual tersebut memiliki jumlah pengikut media sosial yang banyak, engagement rate yang tinggi, cukup sering mengunggah postingan terkait gaya hidup dan hal-hal yang terkait dengan budaya Indonesia sehingga memiliki potensi untuk membantu aktivitas pemasaran jasa pariwisata Indonesia agar dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik dari generasi milenial dan z. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha maupun pemangku kepentingan lainnya dibidang jasa pariwisata Indonesia pada saat merumuskan strategi pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alexander, L. (2022, November 30). The Who, What, Why, & How of Digital Marketing. Hubspot. https://blog.hubspot.com/Marketing/What-Is-Digital-Marketing

Conti, M., Gathani, J., & Tricomi, P. P. (2022). Virtual Influencers in Online Social Media. IEEE Communications Magazine, 60(8), 86–91. https://doi.org/10.1109/MCOM.001.2100786

Forsey, C. (2019, September 18). These Influencers Are Computer-Generated: The Future of Marketing, or Untrustworthy Advertising. Hubspot. https://blog.hubspot.com/marketing/virtual-influencers

Geyser, W. (2023, February 7). The State of Influencer Marketing 2023: Benchmark Report. Influencer Marketing Hub. https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report/

Glucksman, M. (2017). Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding by Morgan Glucksman-77 The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding: A Case Study of Lucie Fink.

Haleem, A., Javaid, M., Asim Qadri, M., Pratap Singh, R., & Suman, R. (2022). Artificial intelligence (AI) applications for marketing: A literature-based study. In International Journal of Intelligent Networks (Vol. 3, pp. 119–132). KeAi Communications Co. https://doi.org/10.1016/j.ijin.2022.08.005

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur) (Vol. 15, Issue 1).

Hiort, A. (2022, June 24). How Many Virtual Influencers Are There? Virtual Humans. https://www.virtualhumans.org/article/how-many-virtual-influencers-are-there
I
smayanti. (2020). Dasar-Dasar Pariwisata: Sebuah Pengantar. Universitas Sahid.

Kemp, S. (2023, January 26). Digital 2023: Global Overview Report. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report

McKinsey. (2023, April 10). What is influencer marketing? McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/featured-insights/mckinsey-explainers/what-is-influencer-marketing

Mingkwan, S. (2022). An Exploratory Study of Virtual Influencers in Thailand [Magister Thesis]. Mahidol University.

Moustakas, E., Lamba, N., Mahmoud, D., & Ranganathan, C. (2020, June 1). Blurring lines between fiction and reality: Perspectives of experts on marketing effectiveness of virtual influencers. International Conference on
Cyber Security and Protection of Digital Services, Cyber Security 2020. https://doi.org/10.1109/CyberSecurity49315.2020.9138861

Neoreach. (2022). 2022 Virtual Creators Report. https://neoreach.com/quarterly-reports/virtual-creators/

Nielsen. (2022). Building better connections: Using influencers to grow your brand. https://www.nielsen.com/id/insights/2022/building-better-connections/

Ribeiro, T., & Reis, J. L. (2020). Artificial intelligence applied to digital marketing. Advances in Intelligent Systems and Computing, 1160 AISC, 158–169. https://doi.org/10.1007/978-3-030-45691-7_15

Sands, S., Campbell, C. L., Plangger, K., & Ferraro, C. (2022). Unreal influence: leveraging AI in influencer marketing. European Journal of Marketing, 56(6), 1721–1747. https://doi.org/10.1108/EJM-12-2019-0949

The Influencer Marketing Factory. (2022, March 29). Virtual Influencers Survey + Infographics. The Influencer Marketing Factory. https://theinfluencermarketingfactory.com/virtual-influencers-survey-infographic/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. (2009).

Wibawa, R. C., Pratiwi, C. P., Wahyono, E., Hidayat, D., & Adiasari, W. (2022). Virtual Influencers : Is The Persona Trustworthy? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 12(1), 51–62. https://doi.org/10.34010/jamika.v12i1.6706

Wirth, N. (2018). Hello marketing, what can artificial intelligence help you with? International Journal of Market Research, 60(5), 435–438. https://doi.org/10.1177/1470785318776841