Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Museum Foto 3D Amazing Art World
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v2i1.542Keywords:
Media Sosial; Instagram; Minat Kunjung.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat kunjung wisatawan pada Museum Foto 3D Amazing Art World Bandung melalui media sosial. Museum Foto 3D Amazing Art World adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang memiliki konten kesenian. Museum foto ini juga mengusung konsep 3D Amazing Art World dan menjadi museum foto 3D terbesar di dunia. Museum Foto 3D Amazing Art World telah melakukan berbagai inovasi untuk memasarkan jasa rekreasi ini salah satunya dengan menggunakan media sosial namum sampai saat ini jumlah pengunjung masih belum sesuai harapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan purposive sampling dengan responden 96 orang sebagai pengguna aktif sosial instagram. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengaruh media sosial saat ini pada Museum Foto 3D Amazing Art World masih belum menigkatkan minat kunjung, dengan hasil pengaruhnya masih rendah hal ini dikarenakan foto di media sosial masih belum mengkomunikasikan secara optimal.
Downloads
References
Andriani, r., & nurdiana, n. (2017). Analisis kepuasan pengunjung museum sebagai dampak dari implementasi strategi physical evidence, 1(1), 18–26.
Ayutiani, d. N., & satria putri, b. P. (2018). Penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner. Profesi humas : jurnal ilmiah ilmu hubungan masyarakat, 3(1), 39. Https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683
Deru r. Indika, c. J. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Fakultas ekonomi dan bisnis unpad, 1(juli), 1. Https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Elsa, & alamsyah, d. P. (2013). Pengaruh citra merek dan pandangan kualitas terhadap kepercayaan konsumen pada mcdonald’s bandung, 1(1), 75–84.
Irma, a. (2017). Peran instagram sebagai media komunikasi pemasaran bisnis online (studi deskriptif kualitatif pada bisnis online beautyhomeshop), 4(2), 1–12.
K, d. I., arifin, z., & mawardi, m. K. (2015). Pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap kesadaran konsumen pada produk internasional ( studi pada pengguna produk uniqlo di indonesia ), 24(1), 1–9.
Kinanti, s. P., primadani, b., & putri, s. (2017). Pengaruh media sosial instagram @ zapcoid terhadap brand equity zap clinic, 9(1), 53–64.
Manado, p. D., tewal, b., & worang, f. (2016). Bauran pemasaran dan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah di bpr prisma dana manado, 4(4), 1025–1036.
Marhadi, sulistyowati, l., & nursanti, dan a. (2014). Analisis pengaruh kreativitas iklan, daya tarik iklan dan kredibilitas endorser terhadap brand attitude pada produk handphone android di kota pekanbaru, 22, 1–19.
Mubarok, n., & maldina, e. Y. (2017). Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada butik calista, 3(1), 73–92.
Priansa, d. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung: alfabeta, cv.
Rahmayani, r. (2017). Korelasi interactive marketing dan personal selling terhadap loyalitas pelanggan, iv(1), 47–58.
Sembiring, k. D. R. (2017). Hubungan antara kesepian dan kecenderungan sosial media instagram, 16(2), 147–154.
Solihat ani; ary maxsi. (2016). Pengembangan promosi wisata museum kota bandung melalui media billboard desain kartun dalam meningkatkan minat wisatawan. Strategic, 11(20), 1–10. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/strategic/article/view/6143/4154
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). (sutopo, ed.). Bandung: alfabeta.
Suharso, p., & setyowulandari, y. (2014). Strategi pemberian reward untuk meningkatkan minat kunjung mahasiswa di perpustakaan politeknik negeri semarang oleh:, 1(2), 13–24.
Tampubolon, m. (2016). Strategi promosi coffee shop melalui media sosial instagram ( studi deskriptif pada akun @ crematology ) coffee shop promotion strategy through social media instagram ( descriptive study on account @ crematology ), 3(2), 2421–2432.
Wibowo, d. H., arifin, z., & sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm ( studi pada batik diajeng solo ), 29(1), 59–66.
Wicaksono, a. (2017). Pengaruh media sosial instagram @wisatadakwahokura terhadap minat berkunjung followers. Jom fisip, 4(2), 1–15.
Wiradipoetra, f. A., & brahmanto, e. (2016). Analisis persepsi wisatawan mengenai penurunan kualitas daya tarik wisata terhadap minat berkunjung, iii(2), 129–137.
Yuliansyah, h. (2014). Bakery dan kualitas layanan dalam, ii(2), 211–221.
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).