Analisis Faktor-Faktor Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Kabupaten Solok

Authors

  • M. Fadly Universitas Presiden
  • Yunita Ismail Universitas Presiden

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v1i1.484

Keywords:

Wisata Halal, Partisipasi Masyarakat, Faktor Dominan

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu penggerak devisa negara. Sektor ini juga menjadi sektor yang paling gampang dalam membuka lapangan kerja. Wisata halal menjadi jenis wisata yang mulai berkembang di Indonesia tetapi sudah menjadi trend dan menjadi salah satu pemenuhan gaya hidup saat ini. Kabupaten Solok merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Momentum wisata halal yang ada di Sumatera Barat ternyata belum menjadi fokus utama bagi masyarakat Kabupaten Solok, hal ini terbukti kurangnya partisipasi masyarakat khususnya pada sektor akomodasi. Hal ini terbukti bahwa ketersediaan akomodasi tidak sebanding dengan pertumbuhan wisatawan yang masuk ke Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan 193 responden. Analisis statistik menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) Versi 16.0 dan menggunakan metode Analisis Faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor dominan dalam mengangkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata halal di Kabupaten Solok yaitu budaya yang kuat menjadi landasan pengetahuan wisata serta kekuatan ekonomi yang memadai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Advianty, S. A., & Handayeni, K. D. (2013). Tingkat Partisipasi Masyarakat pada Pemukiman Kumuh Kelurahan Ploso. Jurnal Teknik Pomits.

Munawaroh, R. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Taman Nasional Gunung Merbabu Dusun Suwanting, Banyuroto Sawangan Magelang Jawa Tengah.

Mustapha, N. A., Azman, I., & Ibrahim, Y. (2013). Barriers To Community Participation In Tourism Development In Island Destination Tioman Island. Journal of Tourism, Hospitaly, and Culinary Arts.

Nabila, A. R., & Yuniningsih, T. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Kandri Kota Semarang .

Parma, P. G. (2011). Faktor-faktor Pendorong Partisipasi Masyarakat dalam Festival Pesona Pulau Serangan di Kota Denpasar. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya, 18-29.

Soemanto, R. B. (2010). Pengertian Pariwisata, Sosiologi, dan Ruang Lingkup Sosiologi Pariwisata. Modul 1.

Vitasurya, V. R. (2016). Adaptive Homestay Sebagai Bentuk Partisipasi Masyarakat Untuk Melestarikan Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. 17-30.

Waani, H. F. (2016). Sosial Budaya dalam Pengembangan Pariwisata di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado. e-journal.

Williams, B., Onsman, A., & Brown, T. (2012). Exploratory Factor Analysis : A Five-step Guide For Novices. Australasian Journal of Paramedicine, Vol. 8.

Arifin, J. (2015). Wawasan Al-Quran dan Sunnah Tentang Pariwisata. Wawasan Al-Quran dan Sunnah, 147-166.

Published

2019-09-19