TikTok Sebagai Modal Sosial Baru Studi Kasus: Bandung Zoo dalam Menarik Minat Wisatawan

Authors

  • Amanda Diva Aprilia Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional Bandung
  • Didin Syarifuddin Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v7i2.10216

Keywords:

Tiktok, Pariwisata, Bandung Zoo, Pemasaran Digital, Sosial Media, Modal Sosial

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran TikTok sebagai bentuk modal sosial baru dalam memengaruhi minat wisatawan, dengan mengambil studi kasus kebun binatang Bandung Zoo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur yang melibatkan pihak manajemen kebun binatang Bandung Zoo dan pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok secara signifkan membentuk persepsi dan keputusan wisatwan untuk berkunjung, khususnya melalui konten yang bersifat visual, interaktif, dan viral. Platform ini tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga membangun koneksi sosial dan kepercayaan melalui konten buatan pengguna (user-generated content) dan ulasan dari sesama pengguna. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai bagaimana platform digital, khususnya TikTok, dapat meningkatkan strategi pemasaran pariwisata dan keterlibatan pengunjung dalam konteks ekowisata.

Author Biography

Amanda Diva Aprilia, Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional Bandung

 

 

References

Afifah, Kartika Dewi Nur. 2024. “PERAN EXPERIENTIAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA WISATA EDU PARK (Studi Kasus Pada Jawa Timur Park 3).” (2015): 8–22.

Agustin, Nurul, and Amron Amron. 2022. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop.” Kinerja 5(01): 49–61. doi:10.34005/kinerja.v5i01.2243.

Crewell. “Scholar.”

Dewanti, F A. 2023. “Kajian Variasi Konten Tiktok Brentwood Public Library (@ Brenlibny) Sebagai Media Promosi Perpustakaan.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 10(1): 52–66.

Dila Khoirin anisa, and Novi Marlena. 2022. “Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion.” Jurnal Sinar Manajemen 9(2): 207–18. doi:10.56338/jsm.v9i2.2610.

Firmansyah, Muhammad, Masrun Masrun, and I Dewa Ketut Yudha S. 2021. “Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif.” Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan 3(2): 156–59. doi:10.29303/e-jep.v3i2.46.

Graha, Putra Hanifan, Elly Malihah, Hari Mulyadi, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2023. “Journal of Business Management Education ( JBME ) Pengaruh Destination Product Terhadap Behavioral Intention Pada Pengunjung Bandung Zoo.” 8(3): 55–70.

Herdiyani, Sankist, Cecep Safa’atul Barkah, Lina Auliana, and Iwan Sukoco. 2022. “Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review.” Jurnal Administrasi Bisnis 18(2): 103–21. doi:10.26593/jab.v18i2.5878.103-121.

Hidayati, Festy Rahma. 2021. “Komunikasi Politik Dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper.” Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 5(2): 145–61. doi:10.51544/jlmk.v5i2.2385.

Joshi, Yatish, Weng Marc Lim, Khyati Jagani, and Satish Kumar. 2023. Electronic Commerce Research Social Media Influencer Marketing: Foundations, Trends, and Ways Forward. Springer US. doi:10.1007/s10660-023-09719-z.

Rita Komalasari, Puji Pramesti, and Budi Harto. 2020. “Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata.” Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia 2(2): 163–70. doi:10.37253/altasia.v2i2.559.

Kustiawan, Winda, Fikrah Khairani Siregar, Sasi Alwiyah, Rofifah Abiyyah Lubis, Fatma Zuhro Gaja, Nilam Sari Pakpahan, and Nur Hayati. 2022. “Komunikasi Massa.” Journal Analytica Islamica 11(1): 134. doi:10.30829/jai.v11i1.11923.

Mauliddiyah, Nurul L. 2021. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” : 6.

Melandi, Irfan Kautsar, Arief Budiman, and Ismail Yusuf. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Digital Pada Travelxism Menggunakan Digital Marketing Canvas.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 7(2): 1107–22. doi:10.31955/mea.v7i2.3138.

Nurhayati, and Muh Ariffudin Islam. 2022. “Perancangan Konten Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Dedado Batik Di Surabaya.” Jurnal Barik 3(2): 112–24.

Oktavia, Fanesa, and Nida Nur Hanifah. 2023. “Transformasi Digital : Inovasi Pembelajaran Sejarah Melalui TikTok-Learning Dengan Pendekatan CTL Model Pasa Digital Transformation : History Learning Innovation through TikTok-Learning with the Pasa Model CTL Approach.” (September): 162–80.

Permana, Erwin, Anita Wulandari, Rizky Alfiani Fadilah, and Syamsurizal. 2024. “Strategi Key Opinion Leader (KOL) Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Wardah.” Jurnal Integrasi Ilmu Sosial dan Politik 1(3): 3047–3101. https://doi.org/10.62383/sosial.v1i3.483.

Remus, S P, H B Tarmizi, M Daulay, and ... 2021. “Pengaruh Ekonomi Pariwisata Berkelanjutan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat.” Prosiding Seminar Nasional Planoearth: 113–23.

Safitri, Damayanti, Liharman Saragih, and Johanes Wilfrid Pangihutan Purba. 2023. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung) Wisatawan Pada Objek Air Terjun Bah Biak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun.” Manajemen: Jurnal Ekonomi 5(1): 25–34. doi:10.36985/7yc8ke93.

Sari, Firda Puspita, Sumriyah Sumriyah, and Rhido Jusmadi. 2023. “Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Di Kawasan Wisata Religi Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.” Interdisciplinary Journal on Law, Social Sciences and Humanities 4(1): 76. doi:10.19184/idj.v4i1.39439.

Search, In, Bandung Zoo, Bandung Zoo, Humas Bandung Zoo, and Bandung Zoo. 2021. “Strategi Promosi Bandung Zoo Melalui Experiential Marketing.” 20(02): 224–41.

Suryatmodjo, Gunawan, Cecilia Agustien Umbas, Veronica Mieke Marini, Dian Hendaryani Budiman, and Albertus Maria Setyastanto. 2023. “Strategi Ekonomi Pembangunan Pariwisata Di Wilayah Mayoritas Muslim Untuk Pariwisata

Berkelanjutan.” Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam 9(2): 264–77. doi:10.30997/jsei.v9i2.10848.

Syarifuddin, Didin. 2020. “Nilai Budaya Tanam Padi Sebagai Daya Tarik Wisata.” Media Wisata 18(2): 263–74. doi:10.36276/mws.v18i2.105.

Syarifuddin, Didin. 2022. “Model Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ciburial.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 6(3): 111–29. doi:10.31955/mea.v6i3.2298.

Syarifuddin, Didin. 2023. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kampung Wisata Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat.” JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education 4(2): 141–57. doi:10.53682/jpjsre.v4i2.8024.

Syarifuddin, Didin. 2024. “Transformasi Kampung Wisata Bunisari : Paradigma Pengembangan Partisipatif.” Journal of Sociology Research and Education 5(1): 201–12. doi:10.53682/jpjsre.v5i1.9059.

Yandi, Andri, M. Ridho Mahaputra, and M. Rizky Mahaputra. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review).” Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta 1(1): 14–27. doi:10.38035/jkmt.v1i1.8.

Yupi, Yupitriani, and Asmaradani Heryadi Putri. 2023. “Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok.” Komversal 5(1): 70–92. doi:10.38204/komversal.v5i1.1214.

Downloads

Published

2025-08-05