Estetika dan Kualitas: Pengaruh Elemen Utama Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pastry di Cake Shop

Authors

  • Oda I.B Hariyanto Universitas Internasional Batam
  • Lusi Ratnawati Universitas Internasional Batam
  • Dame Afrina Sihombing Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v7i1.10206

Keywords:

Estetika, Kualitas, Keputusan Pembelian, Produk Pastry, Cake Shop, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh estetika dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian konsumen di cake shop. Latar belakangnya adalah pentingnya kedua
faktor tersebut dalam menarik minat konsumen, terlebih di era digital yang dipengaruhi oleh
media sosial. Gap masalah yang ditemukan adalah minimnya penelitian yang mengukur
dampak estetika dan kualitas produk dalam konteks pasar pastry Indonesia. Rumusan masalah
yang diajukan adalah seberapa besar pengaruh estetika dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei kuesioner
kepada 400 responden di Kota Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0.492, sedangkan
kualitas produk juga berpengaruh positif dengan koefisien 0.260. R-Square 0.424
mengindikasikan bahwa kedua faktor ini dapat menjelaskan 42,4% variasi dalam keputusan
pembelian konsumen. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar cake shop fokus pada
peningkatan estetika dan kualitas produk sebagai strategi untuk menarik konsumen dan
meningkatkan keputusan pembelian.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Aji, G., Safitri, N., Wijaya, R. N., & Basilla, W. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Kasus Pada Coffee Shop di Pekalongan ). 1(2).

Angelica, G., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Revisit Intention di Museum Wayang Kawasan Kota Tua Jakarta. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 125–133. https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7855

Ardinata, R. P., Susanti, R., & Rahmat, H. K. (2023). Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 1. https://doi.org/10.37253/altasia.v5i1.6796

Arif, A. Z. (2017). Pengaruh keragaman produk, kualitas produk, harga dan lokasi terhadap minat beli konsumen di pasar pabean Surabaya. Jurnal Ekonomi.

Arwini, N. P. D. (2021). Roti, Pemilihan Bahan Dan Proses Pembuatan. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.47532/jiv.v4i1.249

Corona, V., Vargas, I., Cruz, D., Lujan-moreno, G. A., Segovia, P. G., & Rojas, O. G. (2020). Sensory expectations from aesthetic perceptions of coffee beverages presented in different mugs. Journal of Culinary Science & Technology, 00(00), 1–26. https://doi.org/10.1080/15428052.2020.1824834

Emor, J. I., Tumbuan, W., & Rogi, M. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm.Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon. Jurnal EMBA, 7(4), 5407–5415.

Fathiyah, I., & Nuvriasari, A. (2024). The Role of Service Quality, Product Quality, and Price in Creating a Competitive Advantage Coffee Shop in Cirebon City. 3(3), 1033–1044.

Ferreira, J., Ferreira, C., & Bos, E. (2021). Geoforum Spaces of consumption, connection, and community : Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119(November 2019), 21–29. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.12.024

Firmansyah, A., Rhamadanti, A. A., & Munawaroh, A. (n.d.). Pendampingan Branding UMKM “ ODIMAN Cake N Bakery ” Pada Media Digital Instagram dan Google.

Gunawan, R., Sri, H., & Eny, K. (2021). Kualitas Produk Subuh. 05(01).

Gupta, V., Ivanov, D., & Choi, T. (2021). Competitive pricing of substitute products under supply disruption R , RR. Omega, 101, 102279. https://doi.org/10.1016/j.omega.2020.102279

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102

Hankho, G., Ekonomi, F., & Tarumanagara, U. (2020). Prediksi Estetika , Sikap Terhadap Merek , Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Iphone. II(2), 380–389.

Haristiatin, V., Togar Mulya Raja, M., & Tiara Putri, C. (2021). Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja ANALISIS FAKTOR KEBETAHAN PENGUNJUNG COFFEE SHOP MELALUI PENILAIAN KINERJA ELEMEN INTERIOR . STUDI KASUS : KAFE DAN COFFEE SHOP DI KAWASAN L . R . E MARTADINATA , BANDUNG . August. https://doi.org/10.17509/jaz.v4i2.31609

Hariyanto, O. I. ., & Rukmandiana, J. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mmepengaruhi Kualitas Layanan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(111), 2579–9312.

Hariyanto, O. I. B. (2022). Implementation of Tiktok Popular Culture As a Digital Marketing Technique To Attract Consumers. The Seybold Report, 17(7), 266–277. https://doi.org/10.5281/zenodo.6865409

Haryono, S., Lingga, T., & Nainggolan M.H., B. (2022). Product Quality, Price, and Trust To Increase Customer Satisfaction At Terrace Café Park Hotel. Journal of Management and Leadership, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.47970/jml.v5i1.304

Hu, H., Liu, Y., Feng, W., & Guo, X. (2022). Advanced Engineering Informatics A quantitative aesthetic measurement method for product appearance design. Advanced Engineering Informatics, 53(June), 101644. https://doi.org/10.1016/j.aei.2022.101644

Karunia, C., & Ardiansyah, I. (2024). Journal of Social and Economics Research. 6(1), 247–262.

Kasanah, I., Sunaryo, A., Dewianawati, D., & Ghozali. (2021). PERAN SUASANA KAFE, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI AJE COFFEE MOJOKERTO. 4(1), 1–24.

Kpossa, M. R., & Lick, E. (2020). Visual merchandising of pastries in foodscapes: The influence of plate colours on consumers’ flavour expectations and perceptions. Journal of Retailing and Consumer Services, 52(February 2019), 101684. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.10.001

Learns, M., & Nainggolan, N. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt International Hardware Indo Di Kota Batam.

Lu, Y., Xu, X., & Wang, L. (2020). Smart manufacturing process and system automation – A critical review of the standards and envisioned scenarios. Journal of Manufacturing Systems, 56(June), 312–325. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2020.06.010

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1084. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013

Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia. Jurnal Martua, VOL. 3 NO.(1), 17. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/266.

Mukti, A. H., Sastrodiharjo, I., & Hariyanto, O. I. . (2024). Financial Literacy, Financial Management, Social Legitimacy and Being FOMO on Impulsive Buying: Evidence on Leisure Activity Coldplay Concert Euphoria on Indonesian Gen Z Generation. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(1), 639–660. https://doi.org/10.57178/atestasi.v7i1.843

Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 5(3), 1171–1184.

Nador, N., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK DAN KEAMANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pasar Tradisional Madyopuro Kota Malang). 4(1), 9–15.

Ningsih, M. G., & Siagian, M. (2024). Kosmetik Wardah Di Batam Center. 1–10.

Octarani, V., Lestariningsih, T., Taufiq, A., & Hadi, B. M. (2024). THE SAGES JOURNAL : DI RECOLTE PATISSERIE SURABAYA. 02(02), 62–73.

Panji Ragatirta, L., & Tiningrum, E. (2020). PENGARUH ATMOSPHERE STORE, DESAIN PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). 7(2), 143–152.

Ramadhan, M. F., & Rosyad, U. N. (n.d.). Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan. 15–21.

Ren, L., Meng, Z., Wang, X., Zhang, L., & Yang, L. T. (2021). A Data-Driven Approach of Product Quality Prediction for Complex Production Systems. 17(9), 6457–6465.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Septiani, D. L., & Nugroho, A. T. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda BeAT di Jawa Barat ).

Singapurwa, N. M. A. S., Semariyani, A. A. M., Candra, I. P., Rudianta, I. N., & Arandini, P. C. A. (2022). The Application of HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) in Croissant Production Process in CV. P-RS – Bali. AJARCDE (Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment), 6(2), 1–8. https://doi.org/10.29165/ajarcde.v6i2.94

Susanti, A. L. (2023). Pengaruh Harga , Lokasi , Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik di CV Ningrat Prasojo Kediri. 1(4).

Theresia, M. (2024). PERENCANAAN BISNIS CAMELIA FLORIST.

Widodo, A., & Yusiana, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Usia Sebagai Moderator. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1041–1050. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.2870

Witono, P. H., Fios, F., & Risqiani, R. (2024). Faktor Relationship Benefits yang Meningkatkan Positive Word of Mouth di Toko Buku Impor X. Jurnal Syntax Admiration, 5(5), 1678–1695. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i5.1149

Downloads

Published

2025-02-25