Eksploratory Faktor Analisis Pengembangan Layanan Pariwisata Digital Penelitian Kualitatif dengan Metode Theme Analytic

Authors

  • Daduk Merdika Mansur Universitas Padjadjaran
  • Ernie Tisnawati Sule Universitas Padjadjaran
  • Dwi Kartini Universitas Padjadjaran
  • Yevis Marty Oesman Universitas Padjadjaran
  • Nurul Chamidah Universitas Gajah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i1.544

Keywords:

Layanan pariwisata digital; Perilaku pengguna digital; Digital Pariwisata; Behavior Intention Digital Tourism; Use Behavior Digital Tourism.

Abstract

Pariwisata salah satu faktor penting penopang ekonomi Indonesia. Pengembangan layanan pariwisata digital merupakan terobosan penting untuk meningkatkan perkembangan pariwisata. Hal ini dapat menciptakan brand awareness, engagement, sales bahkan loyalty.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh kepada penerimaan dan penggunaan layanan digital. Pengambilan sampel dengan teknik Purpose Sampling, menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Theme Analytic.Hasil penelitian menunjukan faktor Performance Expectancy yang dominan Membantu Proses Pembelian (51,72%), Effort Expectancy yang dominan Merasa Ahli menggunakan (45,06%), Social Influence yang dominan Faktor Sosial penggunaan layanan digital (77,14%), Facilitating Condition yang dominan Ketersediaan Resource (68,06%), Habit yang dominan Pelaksanaan perilaku sebesar (68,68%), Perceive Risk dimensi yang dominan Resiko Kerugian performansi (52,8%), Perceive Convenience yang dominan Kenyamanan Menggunakan (31,05%)  dan Trush yang dominan Kemampuan Provider (48,37%).Kunci keberhasilan pengambangan layanan digital adalah benar-benar memenuhi requirement digital consumer buying behavior yang merupakan faktor penting dalam konsep Market Driven pada era industry 4.0. Perlu dilakukan uji coba validasi terhadap layanan pariwisata digital untuk mengukur tingkat penerimaannya serta dilakukan program improvement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bapenas (2014), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019

Cravens, David W., (2013), Strategic Marketing (10th Edition), McGraw-Hill International Edition

Daduk Merdika Mansur (2019), Pengembangan model unified theory acceptance and use technology: study penerimaan dan penggunaan layanan kdigital di Indonesia, Disertasi doktor ilmu manajemen UNPAD

Khaniwale, (2015), Consumer Buying Behavior, International Journal of Innovation and Scientific Research, ISSN 2351-8014 Vol. 14 No. 2 Apr. 2015, pp. 278-286

Kannan and Li (2017), Digital Marketing: A Frame work, review and research agenda, International Journal of Research in Marketing 34 (2017) 22–45

Virginia Braun and Victoria Clarke (2014), Handbook of Research Methods in Psychology: Vol. 2. Research Designs, H. Cooper (Editor-in-Chief), DOI: 10.1037/13620-004

Published

2019-11-14