Perilaku Mahasiswa Pariwisata Menggunakan Media Sosial Untuk Mempromosikan Destinasi Wisata

Authors

  • Any Noor Politeknik Negeri Bandung
  • Marceilla Suryana Politeknik Negeri Bandung
  • Sholihati Amalia Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v1i2.466

Abstract

Tingginya penggunaan media sosial dalam kegiatan wisata berdampak pada kemampuan mahasiswa pariwisata mengadaptasi perkembangan teknologi, khususnya media sosial. Penelitian ini difokuskan pada perilaku mahasiswa pariwisata menggunakan media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mengenai perilaku mahasiswa pariwisata. In depth interview dilakukan pada 26 mahasiswa pariwisata di wilayah Bandung, Jakarta dan sekitarnya. Teknik analisis konten dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan mendalam yang mempengaruhi mahasiswa pariwisata menggunakan media sosial dalam konteks pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pariwisata memiliki kemampuan menggunakan media sosial untuk membuat blog dan vlog dengan aplikasi yang tersedia. Mahasiswa pariwisata memiliki keiinginan untuk mempromosikan destinasi wisata melalui akun media sosial yang dimilikinya. Temuan lainnya menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keiinginan dan sudah mulai berbisnis menggunakan media sosial dalam bidang yang berhubungan dengan pariwisata, seperti membuat paket wisata dan menjualnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akehurst, G. (2009). User generated content: The use of blogs for tourism organisations and tourism consumers. Service Business, 3(1), 51-61.
Bennet, S., Maton, K., & Kervin, L. (2008). The digital natives' debate: a critical review of the evidence. British Journal of educational Technology, 39(5), 775-786. doi: https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2007.00793.x
Bradbury, K. (2011). The Growing Role of Social Media in Tourism Marketing. Retrieved from http://kelseybradbury.weebly.com/uploads/1/0/9/2/10927387/tourismsocialmedia-comm427.pdf
Brosdahl, D., & Carpenter, J. (2011). Shopping orientations of US males: A generational cohort comparison. Journal of Retailing and Consumer Services, 18, 548-554. doi:https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2011.07.005
Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory: A practical guide through qualitative research. London: Thousand Oaks.
Digital Information World. (2017, February 8). Retrieved from digital information world.com: https://www.digitalinformationworld.com/2017/02/global-social-media-statistics.html
eMarketer. (2011). Social media outlook for 2011. eMarketer Webinar, www.emarketer.com.
Fotis, J., Buchalis, D., & Rossides, N. (2012). Social media use and impact during the holiday travel planning process, in information and communication technologies in tourism. Vienna: Springer - Verlag.
Furlow, N. (2011). Find us on Facebook: How cause marketing has embraced social media. Journal of Marketing development and competitiveness, 5(6), 61-64.
Hamzah, Y. (2013). Potensi media sosial sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1-9.
Hanzaee, K., & Aghasibeig, S. (2010). Iranian Generation Y Female Market Segmentation. Journal of Islamic marketing, 1(2), 165-176.
Kandell, J. (1998). Internet addiction on campus: the vulnerability of college students. Cyberpsychology & behavior, 1(1).
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and oppportunities of Social Media. Business Horizon, 53(1), 59-68. doi:https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kemendag. (2015). Panduan optimalisasi media sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat Perdagangan.
Krisnamurthy, S., & Dou, W. (2008). Advertising with User-Generated Content: A Framework and Research Agenda. Journal of Interactive Adverstising, 8(2), 1-4.
Lange-Faria, W., & Elliot, S. (2012). Understanding The Role of Social Media In Destination Marketing. Tourismos: An international multidisciplinary Journal of Tourism, 7(1), 193-211.
Mangold, W., & Faulds, D. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix. Business Horizons, 52(4), 357-365. doi:https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
Miles, B., & Huberman, M. (1992). Analisis data kualitatif, buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.
Mukaromah, K., Kusyanti, A., & Perdanakusuma, A. R. (2018, April). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengguna SnapChat Membagikan Video Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(4), 1582-1591. Retrieved from http://j-ptik.u.ac.id
Noti, E. (2013). Web 2.0 And The Its Iinfluence On The Tourism Sector. European Scientific Journal, 9(20). doi:http://dx.doi.org/10.19044/esj.2013.v9n20p%25p
Palfrey, J., & Gasser, U. (2008). Born digital: Understanding The First Generation of Digital Natives. New York: Basic Book.
Pantano, E., & Di Pietro, L. (2013). From e-Tourism To f- Tourism: Emerging Issues From Negatif Tourists' Online Reviews. Journal of Hospotality and Tourism Technology, 4(3), 211-227. doi:https://doi.org/10.1108/JHTT-02-2013-0005
Smahel, D., Brown, B., & Blinka, L. (2012). Association Between Online Frienship And Internet Addiction Among Adolescents And Emerging Adults. Developmental Psychology, 48(2), 381-388.
Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitaif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syrett, M., & Lammiman, J. (2003). Catch them if you can. Director, 57(3), 70-76.
Werthner, H., & Ricci, F. (2004). E-commerce And Tourism. Communcation of the ACM, 47(12), 101-105.
Wesner, M., & Miller, T. (2008). Boomers and Millenials, Have Much In Common. Organizational Development, 26(3), 89-96.
Zeng, B. (2013). Social media in tourism, Tourism and hospitality. Australia: The Northern Institute .
Zeng, B., & Gerritsen, R. (2014). What Do We Know About Social Media In Tourism? A Review. Tourism Management Perspective, 10, 27-36. doi:https://doi.org/10.1016/j.tmp.2014.01.001
Zeng, X., & Gretzel, U. (2010). Role of social media in oline travel information search. Tourism Management, 31(2), 179-188. doi:https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.02.016.

Published

2019-08-15