Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Artikel belum pernah terbit dalam media apapun dan tertulis dalam bahasa Indonesia baku.
  • Artikel dalam bentuk dokumen Microsoft Word (.doc/.docx)
  • Artikel sudah sesuai dengan Template Jurnal ALTASIA

ATURAN PENULISAN JURNAL ALTASIA


PENDAHULUAN


Bagian pendahuluan berisi fenomena/permasalahan/konsep/hasil penelitian sebelumnya yang merupakan dasar dilakukannya penelitian ini. Pendahuluan juga harus menjelaskan mengapa topik penelitian dianggap penting untuk dilakukan. Bagian ini diakhiri dengan tujuan penelitian.


KAJIAN LITERATUR


Bagian ini berisi kajian-kajian terhadap penelitian sebelumnya serta teori-teori yang relevan.


METODE PENELITIAN


Metode penelitian merupakan prosedur/tahapan dan teknik penelitian. Antara satu penelitian dengan penelitian yang lain, prosedur dan tekniknya akan berbeda.


PEMBAHASAN


Bagian ini memuat data (dalam bentuk ringkas), analisis data dan interpretasi terhadap hasil. Pembahasan dilakukan dengan mengkaitkan studi empiris atau teori untuk interpretasi. Ilustrasi hasil penelitian dapat berupa grafik/tabel/gambar yang diberi keterangan secukupnya agar mudah dimengerti.


PENUTUP


Bagian ini memuat simpulan dan saran tanpa dibuat sub judul. Simpulan menjawab tujuan, bukan mengulang teori dan tidak berisi data statistik (angka, presentase). Menyatakan hasil penelitian secara ringkas. Saran merupakan penelitian lanjutan yang dirasa masih diperlukan untuk penyempurnaan hasil penelitian.


REFERENSI


Penulisan referensi menggunakan system APA Style (gunakan reference manager). Tidak menggunakan catatan kaki, dan tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, koran, ataupun berdasarkan tipe publikasi lainnya.


BIODATA PENULIS


Disampaikan bentuk paragraf berisikan nama penulis, latarbelakang pendidikan, ketertarikan penelitian, dan perhargaan yang pernah didapat. Maksimal 150 kata.



  • Tulisan atau naskah adalah asli, belum pernah diterbitkan/dipublikasikan di media cetak lain.

  • Naskah adalah hasil karya penulis berupa riset lapangan maupun riset kepustakaan yang mengkaji permasalahan aktual yang berkembang dimasyarakat.

    • Tulisan ilmiah menggunakan bahasa Indonesia baku, setiap kata asing dicari padanannya dalam bahasa Indonesia baku, dan tidak perlu menyertakan bahasa asingnya .

    • Kalimat yang diambil dari tulisan ilmiah dalam bahasa asing diterjemahkan dalam bahasa Indonesia baku.

    • Tulisan ilmiah dikirimkan dengan format:



  • Naskah diketik dalam 1 (satu) spasi dengan menggunakan Ms. Word (Font Times New Roman, ukuran 11 pitch), dengan jumlah kata minimal 3500-5500 kata atau 8 – 12 halaman kertas A4 (sudah termasuk gambar, table, ilustrasi, dan daftar pustaka), dengan batas pengetikan adalah batas kiri = 4 cm, batas kanan, batas atas = 3 cm, dan batas bawah = 2,5 cm.



  • Judul utama (pada halaman pertama) harus dituliskan dengan jarak margin 3 cm dari tepi kertas,  rata tengah dan dalam huruf kapital  Times  18-point,  tebal

  • Naskah dibuat dalam bentuk 2 kolom (standar), kecuali judul utama, nama penulis dan abstraksi

  • Semua jenis rumus ditulis menggunakan Mathematical Equation (bagi pengguna MS Word ada di bagian Insert => Equation), termasuk pembagian/fraksi, Zigma, Akar, Matriks, Integral, Limit/Log, Pangkat, dsb

  • Judul tabel dan gambar ditulis di tengah, title case, dengan jarak 1 spasi dari tabel atau gambarnya. Tulisan “Tabel” atau “Gambar” dengan nomornya diletakkan satu baris sendiri. Judul tabel diletakkan di atas tabel (sebelum tabel) dan judul gambar diletakkan di bawah gambar (setelah gambar). Penulisan sumber tabel atau gambar diletakkan di bawah tabel dan gambar (center pada gambar dan sejajar tabel pada tabel dengan huruf 11 pt). Pada gambar, penulisan sumber diletakkan setelah judul gambar dengan jarak 1 spasi.



  • Isi tulisan bukan merupakan tanggung jawab redaksi. Redaksi berhak mengedit redaksional tanpa mengubah arti.

  • Redaksi berhak menolak naskah yang tidak memenuhi syarat dan akan dikembalikan.

  • Pengiriman gunakan word

  • Dikirim ke Alamat email jurnal.altasia@uib.ac.id