Pengaruh Pemasaran Eksperiental dan Pemasaran Kerelasian Pelanggan Terhadap Nilai dan Kepercayaan Pelanggan UMKM di Lingkungan Pariwisata Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.566Keywords:
Pemasaran Eksperiental; Pemasaran Kerelasian Pelanggan; Nilai Pelanggan; Kepercayaan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen tentang pelaksanaan pemasaran eksperiental, pemasaran kerelasian pelanggan, dan nilai pelanggan, serta pengaruhnya terhadap kepercayaan pelanggan UMKM di lingkungan pariwisata Jawa Barat. Sampel penelitian sebanyak 210 responden yang adalah para pelanggan yang pernah atau sedang menggunakan produk UMKM di lingkungan pariwisata Jawa Barat. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif dan verifikatif. Penerapan konsep pemasaran eksperiental produk UMKM di Jawa Barat termasuk dalam kategori cukup baik menuju baik. Penerapan konsep pemasaran kerelasian pelanggan sudah termasuk dalam kategori baik. Nilai pelanggan dinilai sudah menguntungkan bagi pelanggan, karena selisih manfaat yang didapat jauh lebih besar bila dibandingkan dengan pengorbanan yang dikeluarkan oleh pelanggan. Kepercayaan pelanggan baru termasuk dalam kategori cukup percaya menuju percaya. Pemasaran eksperiental dan pemasaran kerelasian pelanggan berpengaruh sebesar 78,8 persen terhadap nilai pelanggan dan nilai pelanggan berpengaruh sebesar 86,8 persen terhadap kepercayaan pelanggan UMKM di Jawa Barat.
Downloads
References
Andriani, Kusumawati. 2012, Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square (MATOS) Vol. 3 No.1, ISSN 2085-0972
BPS Provinsi Jawa Barat (2013), Daerah Tujuan Wisata Dunia Di Indonesia.
Chanthika, P. (2005). “The Effect of Cultural Adaptation on Perceived Trustworthiness: American Adapting to Chines Indonesiansâ€. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics 17(1):70
Cooper, Donald R., and Schindler P.S. 2009, Business Research Methods. 11ed, New York: McGraw Hill. p.236.
Fadmawati. 2011, Reformulasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Occupancy Room Rate Di Hotel Four Seasons Resort Jimbaran Bali, Universitas Udayana, Denpasar.
Flavian, C., M.Guinaliu (2006). “The Role played by perceived usability, Satisfaction and Consumer Trust on website loyaltyâ€. Information & Magement, 43(1): 1-14
Griffin, Jill. 2009. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih bahasa : Dwi Kartini Yahya dan kawan kawan. Erlangga, Jakarta.
Hamel, Gary dan Prahalad. 1995, Kompetisi Masa Depan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Harniza Harun. 2011, Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Customer Value Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Cabang Jambi, Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 3 No.1 Januari - Juni 2011.
http://disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=news&act=showdetail&id=1867 (diakses tanggal 17 September 2014).
http://www.parekraf.go.id/asp/detil.asp?id=2555 (diakses tanggal 24 September 2014).
http://phri-jabar.or.id/kemeriahan-grand-opening-park-hotel-bandung/, (diakses pada 15-10-2014).
Isnadi, 2010. Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Nilai Pelanggan dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.
Javed, Farheen and Cheema, Sadia. 2017, Customer Satisfaction and perceived Value and Its Impact on Customer Loyalty, The Mediational role of Customer Relationship Management, Journal of Internet Banking and Commerce, Ottawa 22.(May 2017): 1-14
Kotler & Armstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta, PT Indeks.
Kumbokarno. 2011, Pengaruh Implementasi Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Tamu Menginap Di Premier Basko Hotel Padang, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 1, Nomor 3, September 2013 : 126-133
Kusmayadi, Tatang. 2010, Pengaruh Relationship Quality terhadap loyalitas nasabah Bank BNI. STIE STAN Indonesia Mandiri, hal.1-19, pada http://www.Stan-Im.ac.id/Jsma/Pdf/Vol1/Pengaruh%20relationship%20quality%20terhadap%20loyalitas%20nasabah%20tabungan.Pdf. (diakses tanggal 10 September 2014).
Limakrisna, Nandan dan Wilhelmus Hary Susilo. 2008, Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (1994). “The Commitment – Trust Theory of Relationship Marketing†Journal of Marketing. Vol. 57, 20-38
Parasuraman. 2010, Delivering Quality Service: Balancing Custumer Perception and Expection, New York
Putri, Anggia Yuwandha dan Astuti, Tri Sri Rahayu. 2010, Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel “X†Semarang, Aset,Februari 2010, hal. 191-195 Vol. 12 No. 2.
Rini, Sulistya Endang. 2009, Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential Marketing, Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Januari 2009: 15 – 20.
Ries and Ries. 2003, Rehabilitation in chronic obstructive pulmonary disease and other respiratory disorder. In: Fishman AP, Elias JA, Fishman JA, Grippi MA, Kaiser RM, Senior RM, eds. Fishman’s Pulmonary disease and disorder, 3rd ed . New York: McGraw-Hill 1998.709-719
Sembiring, M Noor. 2009, Pengaruh Dimensi-Dimensi Percieved Value terhadap Customer Satisfaction Program Pascasarjana Universitas Tama Jagakarsa, Widya, Ekonomi, Tahun 26 No. 285 Juni 2009.
Siahaan, Hotlan. 2008, Costumer Relationship Management (CRM) sebagai Sarana Meraih Image Positif, Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2008, Hal. 82.
Singarimbun dan Sofyan Effendy. 2011, Metode Penelitian Survei, Jakarta: Pustaka LP3ES.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sujai, A. 2011, Hubungan Ketahanan Pangan Rumah Tanggga Dan Status Gizi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa SD di Kota Yogyakarta. Yogyakarta : Program Pascasarjana Kedokteran, Universitas Gajah Mada.
Sutrisno, Arman Hakim Nasution dan Lantip Trisunarno. 2016, Analisa Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Nilai-Nilai Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pasta Gigi Pepsodent, Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Zena, Ara Puti dan Hadisumarto, Dewanto Aswin. 2012, The Study of Relationship among Experiential Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty, Asean Marketing Journal, June 2012 - Vol. IV - No. 1.
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).