Evaluasi Kesadaran Wisatawatan Lokal Mengenai Wisata Halal Pemandian Air Panas Garut

Authors

  • Wati Susilawati Univeritas Garut
  • Dini Turipanam Alamanda Univeritas Garut
  • Agus Maoludin Univeritas Garut
  • Risma Muhamad Ramdani Univeritas Garut

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.563

Keywords:

Preferensi Wisatawan; Wisata Halal; Wisata Pemandian Air Panas.

Abstract

Garut dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan wisata air panas alami. Seiring dengan berkembangnya konsep wisata halal di berbagai daerah, Garut dengan mayoritas penduduk beragama islam dan aktivitas wisatanya masih didominasi wisatawan halal, tengah mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari pengembangan wisata halal di Indonesia.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat Garut sebagai wisatawan lokal pemandian air panas Cipanas Garut mengenai wisata halal Garut. Dengan metode kuantitatif, pendekatan survey dengan penyebaran kuesioner terhadap 50 wisawatan dilakukan pada periode Januari – Juli 2019. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis konjoin dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan lokal Garut masih menempatkan wisata halal sebagai urutan terakhir dibandingkan dengan daya tarik wisata, fasilitas wisata, persepsi wisata maupun keterjangkauan lokasi wisata untuk wisata pemandian air panas Cipanas Garut. Temuan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi mengenai pentingnya edukasi indikator wisata halal yang selama ini dilakukan oleh kementrian pariwisata Indonesia, bagi pemangku kepentingan wisata halal di Kabupaten Garut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alternay, M., Gucer, E., & Bag, C. (2017). Consumer Behavior In The Process Of Purchasing Tourism Product. Journal of Business Research-Türk, 381-402. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/bf6a/7b4e2e0911703100d7f3d224e556a2477eae.pdf

Cohen, S. A., Prayag, G., & Moital, M. (2014). Consumer behaviour in tourism: Concepts, influences and. Curret Issues in Tourism, 875-909. Retrieved from http://epubs.surrey.ac.uk/806891/15/Cohen%2C%20Prayag%20%26%20Moital%202014%20CIT.pdf

Danudarman, A. B., & Rahmatika, N. D. (2014). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Tamu di Green Forest Resort Kabupaten Badung Barat . Jurnal Barista, 201-205.

Dwiputra, R. 2013. Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 24 (1). http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/4093

Febrina, N. 2015. Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi Universitas Negeri Padang. https://media.neliti.com/media/publications/72552-ID-none.pdf

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konseumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XDKaDwAAQBAJ&pg=PA1&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false

Kementerian Pariwisata RI. 2012. Laporan Akhir Kajian pengembangan wisata Syariah.

Khaerani, R., Panji P, dan Syintia Nur Aeni. 2017. Pengembangan Daya Tarik Wisata Daarus Sunnah Menjadi Wisata Halal. Tourism Scientifie Journal. 3 (1): 92-113. http://www.jurnal.stiepar.ac.id/index.php/tsj/article/view/37

Julianisa, R, D, Safitri, D, Yasin, H. 2016. Analisis Konjoin Full Profile Dalam Pemilihan Bedak Untuk Mahasiswi Departemen Statistika Universitas Diponegoro. Jurnal Gaussian, 5 ( 4): 747-756. https://media.neliti.com/media/publications/137061-ID-analisis-konjoin-full-profile-dalam-pemi.pdf

Kilinç dan Akyol. 2014. Internet and Halal Tourism Marketing. International Periodical For The Languages. Literature and History of Turkish or Turkic Volume 9/8 Ankara-Turkey. 171-186. https://www.academia.edu/9724571/Internet_And_Halal_Tourism_Marketing
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1757/1516.

Kompas. (2017, 11 5). Indonesia Peringkat 2 Destinasi Favorit Turis Muslim Dunia. Retrieved from Kompas.Com:

Tourism Review. (2013, April 01), Tourism-Review: http://www.tourismreview.com/indonesia-launches-sharia-tourism-projects-news3638 ). Diakses 28 Juni 2018

Uniga. 2018. https://uniga.ac.id/2018/04/16/garut-siap-bangun-pusat-kajian-halal-nasional/. Diakses pada tanggal 1 Mei 2018

Wahyulina, S., Sri Darwini, Weni Retnowati dan Sri Oktaryani. 2018. Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Penunjang Wisata Halal Di Kawasan Desa Sembalun Lawang Lombok Timur. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram (JMM). e- issn : 2548-3919, 27-39.http://jmm.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/237

Waskito, D. 2015. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/29163/1/DanangWaskito_11408144028.pdf.

Zanuar, Z.A., I Made, I GPB Sasrawan. 2017. Preferensi Wisatawan Berpasangan Mancanegara Terhadap Produk Wisata Di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jurnal IPTA. 5 (1).https://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir/fcdfc37ebf583dd4c48ef9e65cf2645.pdf

Published

2019-11-18