Kepuasan Wisata Bahari di Indonesia: Determinan dan Dampaknya Pada Intensitas Rekomendasi Wisata dengan Keselamatan Perjalanan Sebagai Pemoderasi

Authors

  • Sri Rakhmawati Universitas Gunadarma
  • Budiasih Budiasih Universitas Gunadarma
  • Lisna Kustantinah Universitas Gunadarma
  • Komsi Koranti Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.562

Keywords:

Kepuasan; Rekomendasi Wisata; Keselamatan Perjalanan.

Abstract

Pariwisata Bahari di Indonesia terus dikembangkan dengan target jumlah kunjungan wisata yang terus meningkat. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan menunjukan bertambahnya kepuasan wisatawan, yang selanjutnya akan merekomendasikan destinasi wisata yang dikunjungi deengan mengutamakan keselamatan perjalanan wisata di laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harapan wisatawan, kualitas layanan, dan motivasi perjalanan   terhadap  intensitas rekomendasi wisata melalui kepuasan wisata bahari di Indonesia, dengan  keselamatan perjalanan sebagai variabel pemoderasi. Data diambil secara purposive sampling dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner.  Ukuran sampel adalah 443 wisatawan yang telah mengunjungi wisata bahari di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel destinasi wisata yang terdiri dari harapan wisatawan, kualitas layanan, dan motivasi perjalanan  perpengaruh langsung terhadap  variabel kepuasan wisata bahari, sedangkan  variabel biaya perjalanan  dan variabel citra destinasi  under identifikasi dalam pembentukan model. Kepuasan berpengaruh terhadap rekomendasi wisata, wisatawan merasa puas maka dampak selanjutnya akan merekomendasikan destinasi wisata yang telah  di kunjunginya. Terdapat pengaruh tidak langsung variabel  destinasi wisata yang terdiri harapan wisatawan, kualitas layanan, dan motivasi perjalanan terhadap  terhadap rekomendasi wisata melalui variabel kepuasan sebagai intervening dengan diperkuat oleh  moderasi  variabel keselamatan perjalanan wisata laut. Motivasi perjalanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan, diikuti oleh variabel kualitas layanan dan harapan wisatawan. Kesimpulan menunjukkan bahwa Keselamatan perjalanan laut memoderasi hubungan kausal antara kepuasan dan intensitas rekomendasi, yaitu interaksi kepuasan dan keselamatan berpengaruh meningkatkan intensitas rekomendasi wisata bahari di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliman Nor Khasimah, Shareena Mohamed Hashim, Siti Dalela Mohd Wahid & Syahmi Harudin. 2014 Tourist Expectations, Perceived Quality and Destination Image: Effects on Perceived Value and Satisfaction of Tourists Visiting Langkawi Island, Malaysia. Asian Journal of Business and Management. vol 2 pp 212-222

Astini R. dan Indah Sulistiyowati, 2015, Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 1 pp. 11–15, Nomor 3, November 2015

BPS. 2017. Berita Resmi BPS: Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Oktober 2017 No. 110/12/Th.XX

Darmaningsih, Popong Nurhayati dan Anna Fatchiya, 2006. Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata SEA WORLD INDONESIA. Buletin EkonomiPeriklanan, Vol. VI. No. 2

Ghozali, I. 2017, Model Persamaan Strutural Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 24.Cetakan ke VII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia.

Kalebos F., 2016, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Program Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan Vol 4 ,No.3. Th. 2016: 489-502

Khan, Abdul Highe, Ahasanul Haque, dan Muhammad Sabbir Rahman. 2013. What Makes Tourists Satisfied ? An Empirical Study On Malaysian Islamic Tourist Destination. Middle-east journal of scientific research.

Kotler, Philip, & Kevin Keller. 2013. Marketing manangement, 14th Ed. England: Pearson Education Limited.

Kozak, M., Rimmington, M. 2001. Tourism satisfaction with Mallorca, Spain, as an off-season holiday destination. Journal of Travel Research, 38(3), 260-269

Kurniawan, Christy Jusuf. 2014. Studi Deskriptif Destination Image Kota Malang Menurut Perspektif Wisatawan Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa UniversitasSurabaya Vol.3 No.2.

Lather, A. S., R. Singh, K. A. Singh. 2012. Comparing the levels of expectation and satisfaction of Indian and foreign adventure tourists visiting India. Applied Studies in Agribusiness and Commerce – Abstract, Agroinform Publishing House, Budapest. vol 6 no 3-4 pp5-14

Lovelock, Christoper, Jochen wirtz, & Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa Manusia,Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga

Meng Feng, Yodmanee Tepanon dan Muzaffer Uysal. 2008.Measuring Tourist Satisfaction By Attribute And Motivation: The Case Of A Nature Based Resort. .Journal of Vacation Marketing. vol 14 no 1 pp 1-56.

Pitana, I.G. dan Diarta, I.K.S. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Sadeh, E., Asgari, F., Mousavi, L.,Sadeh, S. 2012. Factors Affecting Tourist Satisfaction And Its Consequences. Journal of Basic and Applied Scientific Research. vol 2 no 2 pp 1557-2012.

Sekaran, U. 2008. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat

Spillane, J. J. 1987. Pariwisata Indonesia.Yogyakarta: Kanisius.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Yogyakarta: ANDI

Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Buku Kompas. (http://books.google.co.id/diakses 14 November 2017

Zhou, L. 2005. Destination attributes that attract international tourist to Cape Town.. University of Western Cape. South Africa. Retrieved October 20, 2009from.http://etd.uwc.ac.za/usrfiles/modules/etd/docs/etd_init_9726_1173950974.pdf

Published

2019-11-18