Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559Keywords:
Teknologi Informasi; Pariwisata; E-Tourism; Digital Marketing.Abstract
Industri perjalanan dan pariwisata dapat berkembang pesat karena peran dari informasi teknologi dan karena dapat memfasilitasi wisatawan yg ingin mengakses informasi mengenai produk pariwisata kapanpun dan dimanapun. E-Tourism secara mendasar memerlukan integrasi teknologi informasi sebagai strategi digital marketing untuk meningkatkan kedatangan wisatawan. Biro perjalanan dapat meraih wisatawan dari seluruh dunia dengan menggunakan teknologi terutama menggunakan aplikasi mobile dan teknologi web. Kajian ini menjelaskan peranan teknologi informasi dalam hal e-Tourism yang digunakan sebagai sarana digital marketing untuk meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan dan mempunyai tujuan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dengan pariwisata yang akan memungkinkan lebih banyak penyediaan layanan aksesibilitas, visibilitas informasi dan ketersediaan berbagai produk sehingga tercapai kepuasan wisatawan.
Downloads
References
Barwise, P. E. (2006). Marketing and the Internet. In B. Weitz & R. Wensley (Eds.). Handbook of Marketing. Thousand Oaks, CA: Sage Publications Inc.
Buhalis, D. (2003). eTourism: Information Technology for Strategic Tourism Management. London, UK.: Pearson (Financial Times/Prentice Hall).
Buhalis, D. a. (2004). eTourism developments in Greece. International Journal of Tourism and Hospitality Research, 5(2), 103-130.
Buhalis, D. a. (2006). Tourism Management Dynamics. Elsevier.
Buhalis, D. a. (2008). Progress in information technology and tourism management: 20 years on and 10 years after the Internet– The state of eTourism research. Tourism Management, 29(4), 609-623.
De Cuypere, E. d. (2016). Opinion spreading of a tourism-related topic in an online travel forum Travel and Tourism Research Association . TTRA 2014 International Conference: Tourism and the New Global Economy (hal. 7). Advancing Tourism Research Globally.
Efraim Turban, J. O.-P. (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective. Cham, Switzerland: Springer International Publishing.
Hoffman, D. (2000). The revolution will not be televised: Introduction to the special issue on Marketing (Vol. 19). Marketing Sciences.
Irawan, B. (2005). Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Laudon, K. a. (2007). Management Information Systems (10th ed). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Law R, L. R. (2009). Information Technology Applications in Hospitality and Tourism: A Review of Publications from 2005 to 2007. Journal of Travel & Tourism Marketing, 26(5-6), 559-623.
Nasution, M. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Pan, B. (2015). E-Tourism. Encyclopedia of Tourism. New York: Springer.
Rajaraman, V. (2018). Introduction To Information Technology . Delhi: PHI Learning Pvt. Ltd.
Sangaji, E. M. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Turban, E. K. (2008). Electronic Commerce 2008: A Managerial Perspective. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Yeong-Hyeon Hwang, D. J. (2013). Analyzing international tourists' functional information needs: A comparative analysis of inquiries in an on-line travel forum. Journal of Business Research, 700-705.
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).