Pengaruh Customer Experiences Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik: Peran Mediasi Halal Destination Image

Authors

  • Handry Sudiartha Athar Pascasarjana Universitas Mataram
  • Lalu Edy Herman Mulyono Pascasarjana Universitas Mataram
  • Himawan Sutanto Pascasarjana Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.552

Keywords:

Customer Experience ; Halal Destination Image; Kepuasan Wisatawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Experiences terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik yang berkunjung ke Kabupaten Lombok Tengah NTB, dengan mediasi Halal Destination Image. Kepuasan wisatawan yang berkunjung merupakan tujuan utama pemberi jasa wisata pada suatu destinasi wisata. Kepuasan wisatawan tentunya tercermin dari pengalaman yang dirasakan oleh wisatawan. Lombok melakukan branding wisatanya dengan halal tourism sehingga destinasi halal menjadi bentuk upaya dalam memberikan wisata yang bersahabat  untuk wisatawan. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 126 responden dari wisatawan domestik yang pernah berkunjung ke Kabupaten Lombok Tengah. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Teknik analisis yang digunakan adalah  Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini adalah Customer Experience tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, sementara customer experience memiliki pengaruh langsung terhadap halal destination image meskipun tidak signifikan. Sedangkan halal destination image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D.G. (2011). “Analisa Hubungan Customer Experience Terhadap Loyalitas Konsumen pada Cape Gosssip”, Insearch, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, ISSN 2085-7993, hal. 1-7.

Coban, Suzan (2012), “ The Efect of The Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia, Eurofan Journal.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat, diakses dalam http//www.disbudpar.ntbprov.go.id (08 desember 2018; 15.45WITA).

Dhewanto, Wawan dkk,. 2014. Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta, Andi.

Dwi Putra Buana Sakti, dkk, 2018, Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, Pengujian Hubungan Struktural Citra Destinasi Wisata, Kepuasan Wisatawan dan Loyalitas Wisataan : Kasus Pulau Lombok, Vol. 6, No. 2 – September 2018 Halaman 15 s.d 24

El-Gohary,H. 2016. “Halal Tourism, Is It Realy Halal, Tourism” Management Perspective, 19.130.

Essiam, Joshua Ofari, 2013, Service Quality and Patiens Satisfaction with Healthcare Delivery: Empirical from Patients of The Out Patient Departement of a Public University Hospital in Ghana. Vol.5, No.28.

Fandi Tjiptono, Servis Managemen Mewujudkan Layanan Prima, Andi, Yogyakarta, 2008, hal. 96.

Herlina, Shafa’at i and Sularsih, Anggarawati (2017). Pengaruh Customer Experience Value Terhadap Costumer Satisfaction(Studi Empiris Di Wahana Surya Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Heny Ristawati, Pengaruh customer experience dan innovation terhadap halal destination image dan kepuasan wisatawan domestic dipulau Lombok, JMM Universitas Mataram, Vol.8, No.3 – September 2018

Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Undip, Cetakan V, Hlm.52.

Imam Ghazali, Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi dengan program AMOS 19,0,Semarang: Undip, 2011, Hlm. 226

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok. Gramedia.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jakarta, PT. Indeks.

Konecnik, M., dan Gartner, W. C. (2007).“Customer-Based Brand Equity for a Destination”. Annals of Tourism Research, 34(2), pp. 400–421.

Kuriniawan, Christy Jusuf. 2014. “Studi Deskriptif Destination Image Kota Malang Menurut Perspektif Wisatawan Surabaya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.2.

Meyer, C., & Schwager, A. (2007), Understanding Customer Experience , Harvard Business Review, 85(2), hal.116-126.

Payne, A, & Frow. (2007). “A Strategic Framework for Customer Relationship Management”, Journal of Marketing, 69, 167-176.

Prayag, G. (2008) “Image, Satisfaction and Loyalty-The Case of Cape Town”, Anatolia: An International Journal of Tourism and Hospitality Research, 19,(2), pp.205-224.

Priyanto,R. (2016) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Saung Angklung Udjo. Jurnal Pariwisata, 3(1) 29-40.

Qu, H., Kim, L.H., and Im, H.H. (2011), “A model of destination branding : integrating the concepts of the branding and destination image”, Tourism Managemenr, Vol. 32 No.3, pp. 456-476

Rahman, RA., Rezei, G., Mohamed, Z., Shamsudin, MN, dan Sharifuddin, J. 2013. Malaysia as Global Halal hub: OIC Food Manufacturers’ Perspective. Journal of International Food and AgribusinessMarketing. 25: 154-166.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2013-2018.

Rencana Induk Pariwisata Berkelanjutan Pulau Lombok 2015-2019.

Rini, E.S. & C. Brand, (2008) Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No.1 hal 15-20, Januari 2009.

Saufi, A, (2017). “Local Partisipation and Halal Tourism Lombok in UNWTO and Grifith Univercity, Managing Growth and Sustainable Tourism, Governance in Asia and Pasific (hal 61-65), UNWTO Publications.

Samori, Zakiah dan Rahman, Fadillah Abd. 2013. Estalishing Shariah Complian Hotels in mAlaysia: Identifying Opportunities, Exploring Challanges” Selangor, Academy of Contemporary Islamic Studies. Vol 2 Number.

Scmitt, Be, H. (1999) “Experiential Marketing”,http://pioner.netserv.Chula.th/-ckievatvi/ Fathom_Exp_ Marketing.html.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta, cet ke-10, 2010,

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan PembangunanDestinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya diIndonesia. Yogyakarta : Gava Media.

Owano,Lucy Atieno, Dr Ondiek Alala dan Dr Doouglas Musiega. 2014.Relationship between Customer Service Innovation And Customer Satisfaction in the Banking Industry: A Case Study of Kenya Commercial Bank. Vol. 16 No 6.

Woo, E., Uysal, M., dan Sirgy, J. Tourism Impact and Stakeholders’ Quality of Life. 2016. Journal of Hospitality & Tourism Research Volume: 42.

Published

2019-11-14