Menentukan Identitas Kota Tasikmalaya dengan Pendekatan The City Branding Hexagon

Authors

  • Yusuf Abdullah Universitas Siliwangi
  • Aa Willy Nugraha Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.549

Keywords:

City Branding; City Branding Hexagon; Identitas Kota.

Abstract

Persaingan bisnis tidak hanya terjadi pada perusahaan melainkan terjadi pada kota. Setiap kota melakukan branding sebagai cara untuk membentuk citra dan membentuk identitas kota tersebut. City branding dibentuk berdasarkan pada potensi kota untuk menciptakan nilai jual kota tersebut dalam menarik perhatian dan menciptakan keputusan masyarakat untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identitas Kota Tasikmalaya melalui pendekatan The City Branding Hexagon dari Simon Anholt (2007), yaitu konsep city branding yang bertujuan untuk menentukan identitas suatu kota. The city branding hexagon terdiri dari indikator kehadiran, potensi, tempat, orang, semangat, dan prasyarat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Tasikmalaya membentuk city branding “Tasik Kota Resik, Tasik Kota Kreatif†melalui the city branding hexagon untuk membentuk identitas Kota Tasikmalaya sebagai kota yang resik/ indah dan memiliki atraksi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Soltani, Johannes Pieters, Janette Young & Zhaohong Sun. (2017). Exploring city branding strategies and their impacts on local tourism success, the case study of Kumamoto Prefecture, Japan. Asia Pacific Journal of Tourism Research. ISSN: 1094-1665 (Print) 1741-6507 (Online) Journal homepage: http://www.tandfonline.com/loi/rapt20

Anholt, Simon. (2007). Competitive Identity : The New Brand Management Nations, Cities, and Regions. USA: Palgrave Macmillan

Ashworth, G. (2009). The instruments of place branding: How is it done. European Spatial Research and Policy, Volume 16, No. 1. Pp : 9–22

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. IPM Kota Tasikmalaya Metode Baru serta Komponennya 2012-2018 https://tasikmalayakota.bps.go.id diakses pada 29 September 2019

Braun, E., Kavaratzis, M., & Zenker, S (2010) My City-My Brand: The Role of Residents in Place Branding. Journal of Place Management and Development. Vol 6, No.1. Pp: 1–13

Boy Syahbana, et.al. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta Selatan: Makna Informasi

Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: AlfabetaJordi de San Eugenio Vela. (2013). Place Branding: A Conceptual And Theoretical Framework. ISSN: 0212-9426. Boletín de la Asociación de Geógrafos Españoles No. 62. Pp: 467-471

Fernandez-Cavia, Jose et al. (2013). Destination Brands and Website Evaluation : a Research Methodology. Revista Latina de Comunicacion Social. Vol. 68. Pp: 622-638

Hasil wawancara dengan Nurhayati Manoarfa, DPR RI Fraksi PPP pada 16/10/2018. http://kompas.com diakses pada 23/17/2019

Irwan Nugraha, 2019, Ridwan Kamil Akan Bangun Tugu Koperasi Tasikmalaya Sebagai Kawasan Bisnis Besar, https://regional.kompas.com diakses pada 29 September 2019

Kavaratzis, M. (2004). From city marketing to city branding: Towards a theoretical framework for developing city brands. Place Branding, Vol 1, No. 1. Pp: 58–73

Kavaratzis, M., & Ashworth, G. J. (2005). City branding: An effective assertion of identity or a transitory marketing trick? Tijdschrift Voor Economische En Sociale Geografie. Vol 96, No. 5. Pp: 506–514

Kota Tasikmalaya, http://id.m.wikipedia.org diakses pada 26 Agustus 2019

Kongres Kebudayaan Kota Tasikmalaya, http://kongres.kebudayaan.id diakses pada 26 Agustus 2019

Lestari, R. B. (2016). Membangun Citra Sebuah Kota Dalam Persaingan Global Melalui City Branding, Volume 5, No. 2. Pp:68–79

Roostika, R. (2012). Citra Merek Tujuan Wisata Dan Perilaku Wisatawan: Yogyakarta Sebagai Daerah Tujuan Wisata. Vol 1, No. 21. Pp: 41–54

Paliaga, M., Franjic, Z., & Strunje, Z. (2010). Methodology of valuation of cities’ brands. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 23(2). Pp: 102–111

Pemerintah Kota Tasikmalaya: Portal Resmi http://portal.tasikmalaya.go.id diakses pada 26 Agustus 2019

Pemerintah Kota Tasikmalaya, http://tasikmalayakota.go.id diakses pada 26 Agustus 2019

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Tasikmalaya Tahun 2005 – 2025

Published

2019-11-14