Telaah Hubungan Motivasi Diri dan Kinerja Pembelajaran Pada Guru SMK Pariwisata

Main Article Content

Erna Kusumawati

Abstract

Ukuran kinerja guru terlihat dari rasa tanggungjawab menjalankan amanah, profesi yang diemban, rasa tanggungjawab moral di pundaknya. Semua itu akan terlihat Motivasi Guru di dalam menjalankan tugas keguruan di dalam kelas dan tugas kependidikan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja Guru SMK Pariwisata di Kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 100 Guru SMK Pariwisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien korelasi yang menunjukan motivasi memiliki hubungan yang searah dan positif terhadap kinerja Guru. Uji koefisien determinasi diperoleh bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja Guru, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Article Details

How to Cite
KUSUMAWATI, Erna. Telaah Hubungan Motivasi Diri dan Kinerja Pembelajaran Pada Guru SMK Pariwisata. Jurnal Pariwisata Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 299-304, jan. 2020. ISSN 2655-965X. Available at: <http://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/678>. Date accessed: 20 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i2.678.
Section
Articles