Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0 Dengan Aspek Estetika Destinasi Instagramable

Authors

  • Tri Riki Meinal Universitas Matana
  • Wahyudi Pratama Universitas Matana

Keywords:

Pariwisata Digital, Destinasi Wisata Digital, Destinasi Swafoto, Instagram.

Abstract

Masyarakat Indonesia seharusnya mampu memaksimalkan bahwa Indonesia memiliki destinasi wisata alam dan buatan yang dikenal Instagramable. Kebiasaan masyarakata Indonesia yang gemar melakukan swafoto adalah bukti betapa banyak hit atau like dalam applikasi Instagram bukti bahwa era digital tourism sudah marak dan memasyarakat. Kehidupan wisatawan baik local dan mancanegara pun sudah terfasilitasi dengan baik di Indonesia dalam menyongsong Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0 yang kental dengan aktifnya media sosial sebagai media sebaran informasi berwisatanya.

Riset yang kami lakukan masih merupakan awal dari sebuah purwarupa , berangkat dari pertanyaan kritis tentang mengenai bagaimana di era Digital Tourism 4.0 ini muncul sebuah konsep Instagramable yang secara kamus Bahasa Inggris baku baru perpaduan kata Instagram dan able belum memiliki arti dalam gramatikalnya. Karena Indonesia itu indah, wonderful, mempesona maka melalui pendekatan kajian komunikasi visual, riset ini menitikberatkan pada kajian estetika komunikasi visual buatan. Kajian estetika visual buatan dipilih karena spot Instagramable buatan memiliki landasan filosofi estetik yang jelas seperti dalam buku Philosophy of The Art (Graham, 2000) dan karya seni buatan yang umumnya menjadi spot destinasi Instagramable yang banyak digunakan oleh wisatawan.

Metode Penelitian yang digunakan adalah melakukan perhitungan indeks estetika komunikasi visual yang ditanyakan kepada 53 orang responden tentang 5 komponen dasar estetika komunikasi visual indera penglihatan terhadap foto Instagram yaitu : warna , tema ,bentuk, ukuran, dan tipografi. Penelitian ini menghasilkan bahwa Indeks Estetik Visual (IEV) sebesar 0,34. Dengan demikian maka satu purwarupa dari pengukuran Instagramable dapat dijadikan patokan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djelantik, A.A.M (2004), Estetika : Sebuah Pengantar, MSPI dan Arti, Bandung

Dorsch, Isabelle ,Wolfgang G. Stock and Franziska Zimmer (2017), Image Indexing Through Hashtags in Instagram, a proceeding at 80thAnnual Meeting of the Association for Information Science & Technology, Washington, DC

Graham, Gordon (2005), Philosophy of the Arts: An Introduction to Aesthetics,3rd ed , Routledge

William, Rick and Newton, Julliane, (2007), Visual Communication: Integrating Media, Art, and Science, Routledge; 1st ed (July 6, 2007)

Bergstorm, Bo (2009), Essentials of Visual Communication, Laurence King Publishers; 14711th edition

Kawasaki, Guy (2014), The Art of Social Media: Power Tips for Power Users, Portfolio; First Edition edition (December 4, 2014)

Kroeger, Michael (2008), Paul Rand :Conversations with Students, Princeton Architectural Press, New York

Hillary, Scholl (2016), Instant Profits Guide to Instagram Success, e-book, Milano

Pujiyanto (2008), Teknik Grafis Komunikasi Jilid 1

Sihombing MFA, Danton, (2015), Tipografi Dalam Desain Grafis, edisi diperbaharui, Gramedia, Jakarta.

Wendt, Brooke (2014),The Allure of The Selfie,Network Botebook Series 08, Amsterdam

Published

2019-12-09