Apakah Innovative Value Berpengaruh Terhadap Kepuasan Wisatawan? Sebuah Peran Halal Destination Image

Main Article Content

Handry Sudiartha Athar Lalu Edy Herman Mulyono Himawan Sutanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Innovative Value terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di kabupaten Lombok Tengah yang dimediasi oleh Halal Destination Image. Nilai-nilai inovasi sangat dibutuhkan dalam destinasi wisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 154 yang respondennya merupakan wisatawan domestik yang berkunjung ke kabupaten Lombok Tengah. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang berisi hasil jawaban responden. Kuesioner yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan atas innovative value terhadap halal destination image. Untuk variabel innovative value memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan wisatawan namun tidak signifikan, sedangkan halal destination image berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan.

Article Details

How to Cite
ATHAR, Handry Sudiartha; MULYONO, Lalu Edy Herman; SUTANTO, Himawan. Apakah Innovative Value Berpengaruh Terhadap Kepuasan Wisatawan? Sebuah Peran Halal Destination Image. Jurnal Pariwisata Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, nov. 2019. ISSN 2655-965X. Available at: <http://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/594>. Date accessed: 20 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i2.594.
Section
Articles