Pengaruh Pemasaran Eksperiental dan Pemasaran Kerelasian Pelanggan Terhadap Nilai dan Kepercayaan Pelanggan UMKM di Lingkungan Pariwisata Jawa Barat

Main Article Content

Henny Utarsih Yuyus Suryana Sucherly Sucherly Diana Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen tentangĀ  pelaksanaan pemasaran eksperiental, pemasaran kerelasian pelanggan, dan nilai pelanggan, serta pengaruhnya terhadap kepercayaan pelanggan UMKM di lingkungan pariwisata Jawa Barat. Sampel penelitian sebanyak 210 responden yang adalah para pelanggan yang pernah atau sedang menggunakan produk UMKM di lingkungan pariwisata Jawa Barat. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif dan verifikatif. Penerapan konsep pemasaran eksperiental produk UMKM di Jawa Barat termasuk dalam kategori cukup baik menuju baik. Penerapan konsep pemasaran kerelasian pelanggan sudah termasuk dalam kategori baik. Nilai pelanggan dinilai sudah menguntungkan bagi pelanggan, karena selisih manfaat yang didapat jauh lebih besar bila dibandingkan dengan pengorbanan yang dikeluarkan oleh pelanggan. Kepercayaan pelanggan baru termasuk dalam kategori cukup percaya menuju percaya. Pemasaran eksperiental dan pemasaran kerelasian pelanggan berpengaruh sebesar 78,8 persen terhadap nilai pelanggan dan nilai pelanggan berpengaruh sebesar 86,8 persen terhadap kepercayaan pelanggan UMKM di Jawa Barat.

Article Details

How to Cite
UTARSIH, Henny et al. Pengaruh Pemasaran Eksperiental dan Pemasaran Kerelasian Pelanggan Terhadap Nilai dan Kepercayaan Pelanggan UMKM di Lingkungan Pariwisata Jawa Barat. Jurnal Pariwisata Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, nov. 2019. ISSN 2655-965X. Available at: <http://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/566>. Date accessed: 20 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i2.566.
Section
Articles