Experiential Marketing dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata

Authors

  • Riris Roisah Universitas BSI
  • Nela Lingga Al Islami Maulana Universitas BSI
  • Isah Aisyah Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.557

Keywords:

Experiential marketing; Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Kota Bandung mulai menjadi pusat perhatian bagi wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara sebagai salah satu tujuan wisata. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi di Kota Bandung adalah Saung Angklung Udjo. Dalam membangun loyalitas pelanggan Saung Angklung Udjo telah melakukan experiential marketing sebagai pendekatan yang unik dalam mengemas produknya sehingga mampu menawarkan pengalaman emosi yang diharapka bisa menyentuh hati dann persaan konsumen.Tujuan penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh experiential marketing dan loyalitas pelanggan di Saung Angklung Udjo. Metode penelitian menggunakan survei dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling rumus Slovin terdiri dari 100 pengumpula data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan analisis regrei sederhana. Nilai koefisien determinasi (r2) yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,416 atau 41,6%. Berdasarkan uji t dapat dinyatakan bahwa experiental marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan pada Saung Angklung Udjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambari, D. T. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Death By Chocolate & Spageti, Bogor.

Alma. Bukhori H. P.D (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (10th Ed.). Bandung: Alfabeta.

Bisnarti, A. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2), 1–6.

Dewi(2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 1–6.

Dharmawansyah Inggil. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi. 2(2), 1–10. Retrieved From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Maj%0

Elvina, L. (2011). Faktor-Faktor Pembentuk Experiential Marketing (Pemasaran Pengalaman) dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas.

Gewati, M. (2019). Bi: Industri Pariwisata Jadi Sektor Paling Hasilkan Devisa Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul “Bi: Industri Pariwisata Jadi Sektor Paling Hasilkan Devisa”, Https://Travel.Kompas.Com/Read/2019/03/23/084500627/Bi--Industri-Pariwisata-Jadi-S. 23 Maret 019. Retrieved From Https://Travel.Kompas.Com/Read/2019/03/23/084500627/Bi--Industri-Pariwisata-Jadi-Sektor-Paling-Hasilkan-Devisa

Griffin. (2005). costumer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Huda. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Hotelier Journal, 3.

Kuo Ming Lin, C. M. (2000). Application of experiential marketing Strategi to identify factor affecting guest leisure behaviour in Taiwan Hot- Spring Hotel. WSEAS Transactions On Bisiness And Economic , Issue 5 Volume 6, May Pages 229-240.

Mardiyono, A. (N.D.). Marketing Dan Kepercayaan Pelanggan ( Studi Empiris Pada : Penjual Makanan Sate Kambing Di Semarang ) Latar Belakang Penelitian Perumusan Masalah. 124–135.

Mutaqin, Y. (2019). Kerangka Pemikiran. Retrieved May 5, 2019, From Https://Www.Scribd.Com/Document/332953509/Kerangka-Pemikiran-Adalah

Sarjita. (2018). Pengaruh Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Go-Jek Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jbma, V(1), 76–92.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (23rd Ed.). Bandung: Alfabeta.

Published

2019-11-18