A Improving Students’ Reading Comprehension of Narrative Text by Using Semantic Mapping Strategy (A Classroom Action Research at Eight Grade of SMP Negeri 10 Takengon)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA TERHADAP TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMETAAN SEMANTIK (RISET TINDAKAN KELAS DI KELAS DELAPAN SMP NEGERI 10 TAKENGON)

Authors

  • Herlinda Linda Sabila IAIN Takengon, Aceh Tengah
  • Alfi Rahmah IAIN Takengon, Aceh Tengah
  • Fatwana Fatwana IAIN Takengon, Aceh Tengah
  • Intan Putri IAIN Takengon, Aceh Tengah
  • Yunie Amalia Rakhmyta IAIN Takengon, Aceh Tengah
  • Sudi Astuti IAIN Takengon, Aceh Tengah

DOI:

https://doi.org/10.37253/iallteach.v5i2.8694

Keywords:

Narrative Text, School

Abstract

Salah satu aspek penting dalam Bhasa Inggris adalah Reading.  Dalam memahami sebuah teks pembaca harus mampu memahami setiap bagian dalam teks, oleh sebab itu untuk memahami sebuah bacaan bukanlah hal yang mudah untk dilakukan. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika menjadi guru pengganti pada SMP Negeri 10 Takengon, ada banyak kesulitan yang di temukan oleh para peneliti pada siswa tentang  reading comprehension. Oleh sebab itu dengan menggunakan strategy yang tepat dapat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam reading comprehension. Dengan alasan ini, dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan reading comprehension siswa peneliti menerapkan Semantic Mapping Strategy. Dengan menggunakan strategy ini diharapkan akan membantu siswa dalam reading comprehension.

Salah satu dari tujuan penelitian ini adalah  Semantic Mapping strategy untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam reading comprehension dalam teks narrative pada kelas delapan SMP Negeri 10 Takengon.

Penelitian ini menggunakan Classroom Action Research (CAR).  Objek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 10 Takengon. Objek  penelitian ini yaitu siswa kelas VIII1 dengan jumlah 23 siswa. Data peneltian ini diperoleh menggunakan model penelitian Mc Taggart and Kemmis meliputi planning, acting, observing and reflecting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ACT, Target for Instruction, Reading for Information, Lowa: ACT, Inc. All Rights Reserved, 2004.

Antonnaci, et al., 40 Strategies for Middle and Secondary Classrooms Developing Conten Area Literac, Sandiego: Sage, 2011.

Asrori, M. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima, 2009.

Azwar, S. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Brown, H. D. Language Assessment: Principles and Classroom Practices, San Francisco States University: Pearson Education Inc, 2004.

¬____________ Teaching by principle An Interactive Approach, San Prancisco: Longman, 1994.

Eppler, A Comparison Between Mapping Methods. Journal Imformation Visualization, 5, 202-210. doi:10.1057/palgrave.ivs. 95000131, 2006.

Fhonna, R Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Video Klip: Fokus Pada Pengaturan Ide (Sebuah Penelitian Pada Stkip Bina Bangsa Getsempena), Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Bina Bangsa Getsempena, Journal, Accessed date 28 Agustus 2017.

Gerot, L. & Wignell, P, Making Sense of Functional Grammar, Sydney: Gerd Stabler, 1994.

Heimlich, J. E. and Pittelman, S.D, Semantic Mapping: Classroom Applications, Newark, Delaware: International Reading Association, 1986.

Iranma, Z. Narrative Prose and Its Different Types, Journal of Languages and Culture, Vol. 4(8), pp. 125-131, accesed on Monday June 5th 2017 on 10.45 from http://www.academicjournals.org/journal/JLC/article-full-text-pdf/237E31A10065 , 2017.

Janette K. Klingner et all, Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties, New York: The Guilford Press, 2007.

Johnson, D, Pearson, P.D., Teaching Reading Vocabulary. New York: Holt Rinehart and Winston, 1984.

Kemmis S.Q & Robin Mc. Taggart, the Action Research Planner, Victoria: Deakin University, 1988.

Krisnawati, N., Using Semantic Mapping to Improve 7th Grade Students’ Reading Comprehension, Yogyakarta: UNY. 2014.

Mark, A. Text Tipe In English, Australia: Mackillan, 2003.

Macizo, P. and Bajo, M. T. Schema Activation in Translation and Reading a Paradoxical Effect, Spain: University of Granada, 2009.

Romli, M. Improving the Students' Reading Comprehension of'Narrative Text Through Story Mapping, Jakarta: State Islamic University of ‘Syarif Hidayatullah, 2014.

Sebastian, L. Understanding Semantics, Arnold: London: Blackwell, 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabete Bandung , 2010.

Ur. Penny. A Course and Languange Teaching: Practice and theory, New York: Cambrigde University Press, 2009.

Weaver, C. Reading process Brief Edition of Reading Process and Practice, Miami University Oxford, Ohio: Heinemann, 2009.

Downloads

Published

2023-12-14