Efektivitas Komunikasi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia Sebagai Wisata Sejarah Terhadap Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v7i1.9861Keywords:
Efektivitas, Gen Z, Komunikasi, MuseumAbstract
Museum Munasain adalah salah satu museum yang ada di Kota Bogor yang memamerkan tentang sejarah alam dan hasil-hasil hayati serta pemanfaatan tumbuh-tumbuhan oleh etnis di Indonesia. Salah satu permasalahan dalam wisata sejarah ini adalah museum dianggap kurang menarik minat Gen Z. Eratnya hubungan Gen Z dengan media sosial juga mempengaruhi antusiasme Gen Z untuk berkunjung ke museum. Hal ini menjadikan cara komunikasi menjadi salah satu indikator bagi Gen Z untuk berkunjung ke museum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi Museum Munasain sebagai Wisata Sejarah terhadap Gen Z. Penelitian ini dilakukan di Museum Munasain, Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menampilkan data, dan kesimpulan. Efektivitas komunikasi dinilai berdasarkan tujuh indikator yaitu, credibility, context, content, clarity, continuity and consistency, channel dan capacity of audience. Alat olah data yang dipakai adalah Nvivo 12 Plus. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, semua indikator efektivitas komunikasi berpengaruh pada ketertarikan Gen Z untuk mengunjungi museum. Meskipun demikian, efektivitas komunikasi pada Museum Munasain harus ditingkatkan lagi.
References
Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta Ii. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111.
Akbar, M. R. (2024). Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Contohnya.
Anam, S., Abdilah, F., & Mahendra, S. (2022). Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi dan Kemampuan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. JOVEAT : Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 1–8.
Angelica, G., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Revisit Intentiondi Museum Wayang Kawasan Kota Tua Jakarta. Altasia, 5(2), 125–133.
Batubara, R. P., Setiawan, A. S., Kasmayanti, N. L., Susilo, H. Y., & Susilawati, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Featured Based Component di Resor Kabupaten Bogor. Altasia, 5(2), 41–50.
Eddyono, F. (2021). Pengelolaan Destinasi Pariwisata (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Fallantra, R. I. (2020). Efektivitas Komunikasi Advertorial Pemerintah Kabupaten Kampar pada Koran Riau Pos di Khalayak Pembaca Kecamatan Bangkinang. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 07(01), 1–14.
Finna, A., Gunawan, I. V., & Santoso, M. E. (2019). Faktor Daya Tarik Display Interaktif Terhadap Pengunjung Di Museum Ocean World Trans Studio Bandung. Aksen, 3(2), 70–78.
Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 43–55.
Hasmawati, F. (2019). Manajemen dalam komunikasi. Al-Idarah, VII(2), 1–11.
Istina, D. (2022). Keberadaan dan Fungsi Museum Bagi Gen Z. Jurnal Tata Kelola Seni, 8(2), 95–104.
Jauhary, H. (2019). Membangun Motivasi (Mahmud (ed.)). Loka Aksara.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” Dan Strategi Melayaninya. Ambassador: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 2.
Navid, J. S. (2021). Sensasi dan Persepsi: Konsepsi Aplikasi Psikologi (Rizal (ed.); 3rd ed.). Nusamedia.
Patricia, V., & Soeprapto, V. S. (2023). Studi Kasus Minat Berkunjung Gen Z ke Museum Wayang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9304–9309.
Pemerintah Daerah Kota Bogor. (2021). PROFIL INVESTASI BIDANG PARIWISATA KOTA BOGOR.
Permadi, L. A., Septiani, E., & Darwini, S. (2021). Potensi Pengembangan Wisata Di Kota Mataram Berdasarkan Persepsi Dan Preferensi Wisatawan. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 3(2), 207–220.
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis-Jenis Komunikasi. Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 29–37.
Putri, A. Y. E. (2023). Efektivitas adalah: Pengertian, Pendekatan, dan Kriteria Pengukuran.
Putri, V. K. M. (2023). Komunikasi Langsung: Pengertian dan Contohnya.
Rachmawati, D. (2019). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV e-Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV, 21–24.
Septiana, R. (2021). Generasi Z, Muda-mudi Penerus Bangsa yang berkualitas.
Setiawan, A. S., & Laksmi, G. W. (2023). Efektivitas Komunikasi Museum Perjuangan sebagai Wisata Sejarah Terhadap Zilenial. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 7(36–45).
Setiawan, A. S., & Rima Pratiwi Batubara. (2023). Persepsi Wisatawan Zilenial Terhadap Daya Tarik Wisata Jsky Ferris Wheel Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 6(1), 1–6.
Simanungkalit, R. E. (2022). Peran Gen Z dalam Pengembangan Wisata Berbasis Sejarah. Seminar Nasional 2022-NBM Arts, 1–7.
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. 2, 69–75.
Subagyo, A. (2020). APLIKASI METODE RISET: PRAKTIK PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF & MIX METHODS.
Tuti, R. W. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Work From Home Kesejahteraan Pengemudi Transportasi Online di Indonesia pada. 3(1), 73–85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).