Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Tiruan Brand Mewah oleh Wisatawan Saat Berlibur ke Kota Batam

Authors

  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam
  • Aidnilla Sinambela Fitriana Univeristas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v6i2.9607

Keywords:

Status Consumption, Social Influence, Harga, Sikap, Niat Membeli

Abstract

Penjualan produk tiruan brand mewah telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer bagi wisatawan yang berlibur ke kota Batam. Pembahasan tentang niat membeli produk tiruan brand mewah oleh wisatawan merupakan topik penelitian yang belum banyak diangkat kedalam topik penelitian, sehingga penelitian ini dapat mengisi kesenjangan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara variabel status consumption, social influence, dan harga terhadap sikap serta niat membeli produk tiruan brand mewah oleh wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 170 responden yaitu wisatawan yang membeli produk tiruan brand mewah saat berlibur ke kota Batam. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan diolah dengan aplikasi PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa status consumption, social influence, dan harga merupakan variabel yang mempengaruhi sikap dan niat beli wisatawan terhadap produk tiruan brand mewah saat berlibur ke kota Batam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber data tentang perilaku pembelian tas tiruan brand mewah oleh wisatawan, sehingga data penelitian dapat digunakan oleh pemangku kepentingan seperti pemerintah dan perusahaan pemilik brand mewah untuk mengambil kebijakan ataupun menyusun keputusan bisnis. Responden pada penelitian ini belum dikelompokkan berdasarkan asal daerahnya, sehingga untuk penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan pengelompokkan tersebut agar hasil penelitian berikutnya lebih terperinci.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Q. A., & Yu, J. (2019). Attitudes and Purchase Intention towards Counterfeiting Luxurious Fashion Products among Yemeni Students in China Attitudes and Purchase Intention towards Counterfeiting Luxurious Fashion Products among Yemeni Students in China View project Attitudes and. American Journal of Economics 2019. https://doi.org/10.5923/j.economics.20190902.03

Bhatia, V. (2018). Examining consumers’ attitude towards purchase of counterfeit fashion products. Journal of Indian Business Research, 10(2), 193–207. https://doi.org/10.1108/JIBR-10-2017-0177

BP Batam, 2022. Batam Free Trade Zone dan Keuntungannya Bagi Investor. Diakses melalui https://bpbatam.go.id/batam-free-trade-zone/

Budiman, S. (2021). The Effect of Social and Personality Factor on Attitude Toward Brand and Purchase Intention. Jurnal Dinamika Manajemen, 12(1), 41–52. https://doi.org/10.15294/jdm.v10i1.17359

Fahlevi, R., Giorgyna, G., & Sinambela, F. A. (2024). Analysis of factors influencing purchase intention. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 14(1), 32–53. https://doi.org/10.12928/fokus.v14i1.8974

Fajrah, N., & Zetli, S. (2020). Evaluasi Pentingnya Lokasi Sentra Oleh-Oleh untuk Pariwisata Kota Batam.

Hair, J. F. & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistic , Vol 1 , Issue 3. doi https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., &, & Ringle, C. M. (2019). hen to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review.

Junejo, I., Muhammad, J., Ali, S. H., Qureshi, S., & Shaikh, S. A. (2020). A Study of Consumer Attitude Towards Counterfeit Fashion Luxurious Products: The Mediating role of Purchase Intension. Sukkur IBA Journal of Management and Business – SIJMB |, 7.

Kementrian Sekreatria Negara Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis. l, 1–74. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37595/uu-no-20-tahun-2016

Khan, S. 2023. Signaling norm salience through perceived peer counterfeit consumption. Journal of Product & Brand Management. Vol 32 No. 6. DOI 10.1108/JPBM-02-2022-3859.

Khudair, R., & Örs, M. (2019). Factors Effect on Positive and Negative Counterfeit Purchase Intention with an Empirical Study. Association of Academic Researchers and Faculties (AARF), 7(5). www.aarf.asia,

Mayasari, I., Haryanto, C., Wiadi, I., Wijanarko, A. A., & Abdillah, W. (2022). Counterfeit Purchase Intention of Fashion Brands: The Personal Values and Social Aspect of Consumers as Determinants. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(1), 2022. http://journal.ugm.ac.id/gamaijb

Moon, M. A., Javaid, B., Kiran, M., Awan, H. M., & Farooq, A. (2018). Consumer perceptions of counterfeit clothing and apparel products attributes. Marketing Intelligence and Planning, 36(7), 794–808. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2017-0272

Mutmainah, K., Guspul, A., Machfud, Y., Affandi, A., Khanifa, N. K., & Fatmawati, F. (2024). Determinan Counterfeit Purchase Intention. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(1), 91–104. https://doi.org/10.32500/jematech.v7i1.5895

Novianto, W., Zebua, A. M., & Mursal. (2021). Factors Influencing Decisions to Purchase Counterfeit Fashion Products: Brand Image, Price and Lifestyle (Literature Review Customer Behavior). Journal of Low Politic and Humanities, 1(4).

Permadi, A. A., & Syarifah, D. (2021). Sikap Atas Produk Tiruan Sebagai Mediator Kerentanan Konsumen Terhadap Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 892–902.

Purwo Saputro, E., & Probowati Setyaningrum, D. (2022). Facts about Consumption of Counterfeit Products (Non-Original). The 15th University Research Colloqium.

Shecar, V & Andryawan. (2023). Pemenuhan Hak Konsumen atas Informasi yang Benar (Studi Kasus Tas Branded di Batam). Unes Law Review.

Setyawati, H.A. (2021). Anteseden Niat Membeli Produk Counterfeit. Jurnal Media Komunikasi dan Bisnis, Vol 12 No 1.

Tseng, W. Y., Chiu, W., & Leng, H. K. (2021). A comparative study of consumers’ intention to purchase counterfeit outdoor products in Taiwan and Hong Kong. Journal of Asian Business and Economic Studies, 28(3), 162–176. https://doi.org/10.1108/JABES-02-2020-0011

Utama, S.P. Sari, R.K & Ahmad S.M. (2019). Produk Kosmetik Palsu: Minat Pembelian Berdasarkan Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi, Vol 15, no 2.

Wu, Q., & Zhao, S. (2021). Determinants of consumers’ willingness to buy counterfeit luxury products: An empirical test of linear and inverted u-shaped relationship. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13031194

Yulianti, N. M. D. R., & Saputra, A. A. G. D. W. (2021). Counterfeit? I don’t mind. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.21744/irjmis.v9n1.1997

Zhang, D & Wiriyananda, A. 2019. Personaliti Resepsionis di Kantor Depan Hotel Harris Hotel Batam Center. Jurnal Altasia, Vol 1, No 1.

Downloads

Published

2024-08-30