Eksplorasi Aktivitas Trekking di Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Bogor

Authors

  • Ni Made Sri Puspadewi Roels Universitas Praditha

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v6i2.9172

Keywords:

Ekplorasi, Wisata Alam , Aktivitas Wisata

Abstract

Wisata alam selalu menjadi pilihan destinasi wisata menarik yang dapat dipilih wisatawan. Konsep wisata alam yang biasanya menyuguhkan kelestarian alam dan keindahannya membuat wisata alam mempunyai magnet tersendiri. Salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam sebagai daya tarik utama adalah di Kawasan Curug Leuwi Hejo Bogor. Banyaknya pungutan liar yang terjadi di kawasan wisata alam membuat wisatawan tidak nyaman dan mengurungkan niat untuk berkunjung. Oleh karena itu, bermunculan beberapa agen perjalanan untuk membantu wisatawan menelusuri kawasan air terjun. Salah satu jasa trekking tersebut yaitu Trekking Sentul Mas Anto. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Hasil penelitian ini adalah aktivitas wisata alam yang ditawarkan oleh Trekking Sentul Mas Anto di Kawasan Pesona Wisata Leuwi Hejo terdiri dari aspek keanekaragaman, aspek keindahan dan keunikan serta aspek petualangan lintas alam. Aspek keanekaragaman yaitu lansekap air terjun yang berbeda-beda, sehingga memberikan banyak pilihan kepada wisatawan. Aspek keindahan dan keunikan dapat dilihat dari panorama pemandangan alam sekitar serta warna air yang tetap jernih walaupun masuk musim penghujan. Aspek petualangan lintas alam dapat dirasakan dengan melakukan kegiatan trekking melewati kebun kopi, gowa, persawahan, perkebunan dan ladang milik masyarakat lokal. Penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengelolaan wisata alam. Keberadaan jasa usaha trekking sangat membantu wisatawan untuk melakukan kegiatan menyusuri air terjun dengan aman, nyaman dan efisien tanpa ada pungutan liar dalam perjalanan. Selain itu wisatawan dapat menyesuaikan rute perjalanan sesuai dengan kemampuan dan peserta trekking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, I., & Gema Maulida, R. (2020). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Untuk Pengembangan Kepariwisataan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Kabupaten Bogor. Inovasi Penelitian, 1(4).

Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2022). Analisis Potensi Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Dengan Menggunakan Metode Analisis Ado – Odtwa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).

Arikunto, S. (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka cipta.

Barus, S. indah P., Patana, P., & Afiffudin, Y. (2012). Analisis Potensi Obyek Wisata dan Kesiapan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Danau Linting Kabupaten Deli Serdang. Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(4).

Berutu, F. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Tangga Seribu Delleng Sindeka Sebagai Daya Tarik Wisata Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58331

Dewi, E. P., Suwartane, I. G. A., Trisnawati, N., Komsiah, S., Sovriana, R., Effendi, M. S., Sujatini, S., Suryani, F., & Dinariana, D. (2022). Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Pendampingan Pembuatan Peta Digital Interaktif Wisata Trekking Sentul Bogor Berbasis Alam dan Masayarakat Lokal. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3). https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2266

Dispar. (2019). Jenis-Jenis Tempat Wisata Berdasarkan Motif Wisatawan, Lokasi Tujuan, dan Perjalanan. In Dinas Pariwisata Kabupaten Bone.

Fathima, N. F., Komsiah, S., Dewi, E. P., Trisnawati, N., Effendi, M. S., & Sovitriana, R. (2023). Motivasi dan Sikap Terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Lokal ke Curug Leuwi Hejo Kabupaten Bogor. Jurnal EMT KITA, 7(1). https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.864

Febryan, B., Wipranata, B. I., & Pribadi, I. G. O. S. (2022). Penataan Kawasan Wisata Air Terjun Leuwi Hejo Berbasis Ekowisata. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(2). https://doi.org/10.24912/stupa.v3i2.12930.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1). https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Safitri, H., & Kurniansyah, D. (2021). Analisis Komponen Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Pentingsari. Kinerja, 18(4).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: ekslporatif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Utami, H. S. (2017). Pengelolaan Kawasan Pariwisata (Studi di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 3(1).https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2017.003.01.2.

Downloads

Published

2024-08-16