Analisis Potensi Glamorous Camping Kema Merbabu Sebagai Objek Daya Tarik Wisata

Authors

  • Muchammad Satrio Wibowo Universitas Semarang
  • Faisal Yusuf Universitas Semarang
  • Urania Heptanti Universitas Semarang

Keywords:

Identifikasi, Potensi, Pengembangan

Abstract

Identifikasi potensi pariwisata merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk pengembangan sebuah objek daya tarik wisata. Provinsi Jawa Tengah juga memiliki satu objek daya tarik wisata glamping yaitu Kema Merbabu yang terletak di Kabupaten Boyolali. Hasil dari identifikasi akan digunakan untuk dasar pengembangan objek daya tarik wisata tersebut. Jenis dari penelitian yaitu desktiptif kualitatif. Pengambilan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Komponen daya tarik wisata terdiri dari 6A, yaitu attractions, amenities, accessibility, activities, available packages, dan ancillary service. Hasil penelitian ini untuk komponen atraksi yaitu yang tersedia hanya pemandangan alam persawahan di kaki Gunung Merbabu. Bentang alam yang masih alami dan memiliki hawa yang sejuk sudah dapat menarik wisatawan untuk menginap. Amenitas yang tersedia internet, model pembayaran QRIS, toilet umum, restaurant, tempat parkir, dan transportasi shuttle bus untuk menjemput tamu. Aksesibilitas menuju Kema hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi dan cukup menantang karena memiliki jalur yang sempit, kondisi jalan cukup curang, dan kurang petunjuk arah. Kemudahan menuju ke sana bisa menggunakan google maps. Potensi aktivitas yang dapat dilakukan di Kema antara lain tracking kaki gunung, jeep tour ke arah pegunungan telomoyo. Aktivitas di sana masih sangat terbatas dan masih perlu pengembangan, sehingga bisa menambah lama tinggal wisatawan. Available packages sudah tersedia untuk menginap di Kema Merbabu yaitu harga yang dibayarkan untuk menginap itu sudah termasuk sarapan dan makan malam untuk 2 orang. Ancillary service yang tersedia antara lain keamanan terhadap tamu dan barang. Layanan kesehatan tersedia yaitu klinik swasta dan puskemas yang terdekat dengan Kema Merbabu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, A.Y., Bachri, T.B., dan Detmuliati, A. 2020. Analisis Potensi WIsata Desa Dengan Kerangka 6A Studi Kasus Desa Ngajum, Malang. Jurnal Media Wisata, 18(2): 231-250.

Devy, H. A., & Soemanto, R. B. 2017. Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Vol. 32, No.1. Jurnal Sosiologi DILEMA. Halaman: 34–44.

Hayati, R., Achamdi, N.S., Adelia, S. 2021. Implementasi Konsep 6A di Wisata Alama Rammang-rammang Kabupaten Maros. Vol. 3, No.2. Hospitality and Gastronomi Journal. Halaman: 153 – 170.

Hermawati, P.R. 2020. Komponen Kepariwisataan dan Pengembangan Community Based Tourism di Desa Wisata Nglanggeran. Vol. 7, No. 1. Jurnal Pariwisata. Halaman: 31 – 43.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers: Depok.

https://dataindonesia.id/pariwisata/detail/pendapatan-devisa-pariwisata-indonesia-melejit-pada-2022.

Indrawan, R. dan Yaniawati, R. P. 2016. Metodolgi Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Refika Aditama: Bandung

Ismayanti. 2020. Dasar-dasar Pariwisata: Sebuah Pengantar. Universitas Sahid Jakarta: Jakarta.

Juniarta, P.P., Wardana, M.A., dan Saputra, K.W.A. 2022. Persepsi Wisatawan Milenial Terhadap Akomodasi Glamping di Kawasan Kintamani. Vol. 22, No.2. Jurnal Ilmiah. Halaman: 145 - 152.

Milleni. J., Sulivino, S., Rahmanita, M., dan Osman, I.E. 2021. Strategi Pengembangan Wisata Mangrove Desa Sedari Berbasis Analisis 4A (attraction, accessibility, amenities, ancillary service). Vol. 26, No. 3. Jurnal Ilmiah Pariwisata. Halaman: 284 -293.

Mustofa, M. 2022. Kawasan Wisata Glamping di Lereng Gunung Bismo dengan Pendekatan Eco-Architesture. Vol. 4, No. 1. Journal of Economic, Business and Enginering (JEBE). Halaman: 27-33.

Ningtyas, E.A., Alvianna, S., Syarif, H., Dewi, H.S., dan Abdul, W. 2021. Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Melalui Loyalitas Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi. Vol. 19, No.1. Jurnal Media Wisata. Halaman: 83-96.

Nugroho, W., dan Sugiarti, R. 2018. Analisis Potensi Wisata Kampung Sayur Organik Ngempak Sutan Mojosongo Berdasarkan Komponen Pariwisata 6A. Vol. 19, No.2. Cakra Wisata, Jurnal Pariwisata dan Budaya. Halaman: 35-40.

Palupiningtyas, D., dan Yulianto, H. 2018. Kepuasan Wisatawan: Tinjauan Terhadap Atraksi, Aktivitas, Amenitas, dan Aksesibilitas di Taman Nusa Bali. Vol. 11, No. 2. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Halaman: 56 – 64.

Porto, N., Rucci, A.C., dan Ciaschi, M. 2018. Tourism Accessibility Competitiveness. A Regional Approach For Latin American Countries. Vol. 42, No. 3. Investigaciones Regionales – Journal of Regional Research. Halaman 75 – 91.

Rahmiati, F., dan Dani, A.N. 2020. Pengaruh Atribut Tujuan Terhadap Kepuasan Wisatawan: Studi Pada Walking Tourism. Vol. 7, No.2. Jurnal Pariwisata. Halaman: 155 – 165.

Rematwa, M., dan Estikowati. 2022. Analisis Kelayakan Daya Tarik Wisata Alam Pantai Metro Kecamatan Kei Kecil Barat Maluku Tenggara. Vol. 1, No.2. Jurnal Tesla: Perhotelan, Destinasi Wisata, dan Perjalanan Wisata. Halaman: 45 -61.

Rudiyanto, R., dan Hutagalung, S. 2022. Analisis Potensi Wisata Alam dengan ADO-ODTWA: Studi Kasus Desa Kempo. Vol. 21, No. 2. Jurnal Kepariwisataan. Halaman: 130-143

Safitri, H., dan Kurniansyah, D. 2021. Analisis Komponen Daya Tarik Desa Wisata. Vol. 18, No.4. Jurnal Kinerja. Halaman: 497-501.

Sinaga, N., dan Fitri, I. 2022. Glamping Eco Resort Sebagai Alternatif Konsep Akomodasi Wisata Pasca Pandemi di Kawasan Wisata Danau Toba. Vol 5, No.1. Talenta Conference Series. Halaman: 231-236.

Tomej, K., & Liburd, J. J. 2020. Sustainable accessibility in rural destinations: a public transport network approach. Vol. 28, No. 2. Journal of Sustainable Tourism. Halaman: 222–239.

Utami, NKY. 2020. Glamping Sebagai Sebuah Perspektif Baru dalam Akomodai Berkemah. Vol. 3, No.3. Jurnal Arsitektur Zonasi. Halaman: 285-294.

Widodo, P.A.K.A., Sutanto, D.H., Yulianto, I., dan Sani, F.E.A. 2022. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Coban Putri Kota Batu, Malang. Vol.2, No.2. Jurnal Tesla. Halaman: 44 – 52.

Downloads

Published

2024-02-27