Memahami Persepsi dan Perilaku Pengguna Aplikasi E-Commerce Pariwisata Dikalangan Generasi Milenial

Authors

  • Ikhsan Fuady Universitas Padjadjaran
  • Hadi Suprapto Arifin Universitas Padjadjaran
  • Dwi Masrina Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i3.847

Keywords:

sikap, perilaku, aplikasi, pariwisata

Abstract

Kontribusi Pendapatan Daerah dari  indutri pariwisata sangat besar. Perkembangan teknologi dalam platform aplikasi industri pariwisata diharapkan mampu membangkitkan indutri pariwisata kedepan. Mahasiswa merupakan segmentasi konsumen yang potensial dalam industry pariwisata. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana persepsi dan perilaku mahasiswa terhadap aplikasi ecommerce pariwisata di Indonesia. Penelitian ini didesain sebagai penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan pada Maret 2020 - Mei 2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Aktif Unpad  dengan jumal sampel 61 responden. Teknik sampling dengan menggunakan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukan Secara umum persepsi mahasiswa terhadap aplikasi ecommerce pariwisata terkategori sangat tinggi. Sebanyak 80,4 responden beranggapan bahwa aplikasi sangat membantu dan mempermudah dalam pencarian hotel, penerbangan juga pilihan wisata yang dituju. Sebanyak 85,2 persen responden memiliki persepsi aplikasi ecommerce relatif mudah dan sederhana dalam penggunaanya.Perilaku penggunaan aplikasi dalam melakukan kunjungan wisata, sebanyak 32 persen responden mengunakan lebih dari tiga setahun, 21,3 persen menggunakan 2 sampai tiga kali setahun. Untuk aplikasi yang digunakan, sebagian besar menggunakan aplikasi traveloka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D., Jayaraman, K., & Kamal, S. B. M. (2016). A Conceptual Model of Interactive Hotel Website: The Role of Perceived Website Interactivity and Customer Perceived Value Toward Website Revisit Intention. Procedia Economics and Finance, 37(16), 170–175. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30109-5
Ajzen, I. (2015). Consumer attitudes and behavior : the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. 121–138. https://doi.org/10.13128/REA-18003
Bhatiasevi, V., & Yoopetch, C. (2015). The determinants of intention to use electronic booking among young users in Thailand. Journal of Hospitality and Tourism Management, 23, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2014.12.004
Buleleng, B. (2018). GENERASI MILENIAL DALAM PARIWISATA. https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/generasi-milenial-dalam-pariwisata-66
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
El-Gohary, H. (2012). Faktors affecting E-Marketing adoption and implementation in tourism firms: An empirical investigation of Egyptian small tourism organisations. Tourism Management, 33(5), 1256–1269. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2011.10.013
Kim, T. G., Lee, J. H., & Law, R. (2008). An empirical examination of the acceptance behaviour of hotel front office systems: An extended technology acceptance model. Tourism Management, 29(3), 500–513. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.016
Lai, I. K. W. (2015). Traveler Acceptance of an App-Based Mobile Tour Guide. Journal of Hospitality and Tourism Research, 39(3), 401–432. https://doi.org/10.1177/1096348013491596
ÖZBEK, A. P. V., GÜNALAN, L. M., KOÇ, A. P. F., ŞAHİN, N. K., & KAŞ, E. (2015). The Effects of Perceived Risk and Cost on Technology Acceptance: A Study on Tourists’ Use of Online Booking. Celal Bayar Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 13(2). https://doi.org/10.18026/cbusos.49782
Smith, O. (2017). the-surprising-places-where-tourism-is-growing-fastest. The Telegraph. https://www.telegraph.co.uk/travel/lists/the-surprising-places-where-tourism-is-growing-fastest/
Sugiono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thaib, H. S. (2018). Strategi pengembangan kepariwisataan indonesia.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Published

2020-08-26