Upaya Pengembangan Daerah Wisata: Strategi Pengembangan UKM Indonesia Melalui Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah

Main Article Content

Jajat Sudrajat
Abdul Haris Rangkuti
Adrianto Wibowo Tjokrowerdojo
Doni Morika
Natalia Marijani Wijanto

Abstract

Menindaklanjuti dan mendukung Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 (Perpres 2/2022) tentang Pembinaan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021 – 2024. Permasalahannya Perpres ini berlaku sampai tahun 2024, sehingga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) Republik Indonesia mengundang perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam Aliansi Program Studi Kewirausahaan Indonesia (APSKI) untuk mengadakan Workshop Kewirausahaan Pusat Kewirausahaan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam membuat Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Nasional dalam Rencana Pembangunan Pemerintah melalui KEMENKOPUKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) melalui Focus Group Discussion dengan 59 perguruan tinggi yang tergabung dalam APSKI. Hasil dari penelitian ini adalah APSKI mendorong Program Studi Kewirausahaan untuk melakukan branding kewirausahaan dan menjadikan pertumbuhan kewirausahaan sebagai salah satu Indikator Kegiatan Utama. Sebagai studi kasus dalam penelitian ini, Prodi Kewirausahaan Binus Bandung bekerjasama dengan Kelurahan Batununggal Kota Bandung untuk menata dan melengkapi Taman Kota Kelurahan Batununggal sebagai salahsatu solusi membranding UKM di sekitar Taman Kota dan mendukung pengembangkan infrastruktur wisata kuliner Kota Bandung, sebagai model pengembangan ekosistem kewirausahaan dan pengembangan Pariwisata Kota Bandung. Hasil penelitian di  taman Kelurahan Batununggal Kota Bandung, banyak infastruktur yang harus ditingkatkan pemeliharaannya, sehingga pengunjung akan lebih nyaman dan UKM yang tertata di sekitar taman kota akan meningkatkan  kunjungan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Budisatria, T., Hasibuan, B. H., Ghassani, S., & Nazareth, R. (2021). Peran pembangunan infrastruktur pariwisata dalam pembentukan branding pariwisata Lombok pasca pandemi. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(1), 58–74.

Deanova, S., Yunita, T., Moses, H., & Ramadan, R. (2023). Strategi Pengembangan Usaha (Ukm) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Di Wisata Kuliner Dan Tempat Pariwisata. Cross-Border, 6(1), 664–678.

Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.

Gani, R. (2017). Taman kota sebagai modal sosial dan interaksi masyarakat kota bandung. Journal Signal, 5(1).

Moerwanto, A. S., & Junoasmono, T. (2017). Strategi pembangunan infrastruktur wisata terintegrasi. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), 3(2).

Mutmainah, N., Ahyani, H., & Putra, H. M. (2022). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Pengembangan Kawasan Industri Pariwisata Halal Di Jawa Barat. Al-Mawarid: JSYH, 4(1), 15–42.

Purba, H., & Irwansyah, I. (2022). User Generated Content dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Pariwisata: Literature Review. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 229–238.

Saputra, Z. I., & others. (2017). Lembar Persetujuan Usulan Penelitian Kompetensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)(Studi: Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Kecamatan (PMKS) Kecamatan Batu Nunggal Kota Bandung). PERPUSTAKAAN.

Sugita, I. W., & Wisnawa, I. M. B. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Bali Menghadapi Pandemi Covid-19 melalui Peran Asosiasi Profesi Pariwisata. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 5(1), 30–50.

Sukriah, E. (2014). Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 11(1), 65–74.

Sunaryo, N. A. (2019). Potensi Wisata Kuliner Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 235–242.