Analisis Pola Pergerakan Wisatawan Gen Z Di Yogyakarta yang Berkunjung Ke Candi Prambanan

Main Article Content

Safira Wahida Fajri Ikhwan
Dinarsiah Chendraningrum
Hennidah Karnawati

Abstract

Banyaknya wisatawan Gen Z yang datang berkunjung ke Candi Prambanan dari berbagai daerah dan latar belakang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pergerakan wisatawan Gen Z yang ada di Yogyakarta dengan indikator jenis wisata, akomodasi, dan transportasi. Manfaat penelitian ini sebagai media informasi yang dapat dijadikan sebuah referensi bagi para pelaku usaha pariwisata mengenai pergerakan wisatawan Gen Z. Saat berwisata, tentunya wisatawan Gen Z akan membentuk sebuah pola pergerakan. Pola pergerakan merupakan sebuah perpindahan oleh wisatawan dari satu atraksi ke atraksi wisata lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur kepada beberapa informan. Hasil dari penelitian ini adalah wisatawan Gen Z lebih menyukai atraksi wisata alam baik itu pegunungan maupun pantai. Kenyamanan dan kebersihan merupakan hal penting dalam pemilihan akomodasi yang sesuai selera wisatawan Gen Z. Mobil merupakan jenis akomodasi yang paling banyak dipilih sebagai moda transportasi saat berwisata, dan pola pergerakan wisatawan Gen Z ada tiga yaitu single point, base site, dan destination region loop.




TRANSLATE with x

English






Arabic
Hebrew
Polish


Bulgarian
Hindi
Portuguese


Catalan
Hmong Daw
Romanian


Chinese Simplified
Hungarian
Russian


Chinese Traditional
Indonesian
Slovak


Czech
Italian
Slovenian


Danish
Japanese
Spanish


Dutch
Klingon
Swedish


English
Korean
Thai


Estonian
Latvian
Turkish


Finnish
Lithuanian
Ukrainian


French
Malay
Urdu


German
Maltese
Vietnamese


Greek
Norwegian
Welsh


Haitian Creole
Persian
 










 

TRANSLATE with

COPY THE URL BELOW

Back


EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE

Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal
Back


Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alvin, S. (2022). Pariwisata Metaverse Indonesia Dalam Kacamata Gen-Z. In Ruang Pariwisata (1st ed., Issue February 2023). Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). https://www.researchgate.net/profile/Teguh-Rachmad/publication/368172102_Ruang_Pariwisata/links/63dc9003c465a873a27ff2ad/Ruang-Pariwisata.pdf#page=99

Amerta, I. M. S. (2019). Pengembangan Pariwisata Alternatif. Scopindo Media Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_PARIWISATA_ALTERNATIF/kBy_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=amerta+aksesibilitas&pg=PA121&printsec=frontcover

Andriani S, N. N., & Hadi, A. P. (2018). Pola Perjalanan Wisatawan Timur Tengah Berdasarkan Profil Wisatawan dan Motivasi Pola Pergerakan di Bandung. September.

Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. (2021). Buku Statistik Kepariwisataan 2020. Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, 1–98.

Fitriani, E. (2020, November 11). Survei Nielsen: Generasi Z Habiskan Uang untuk Liburan. BeritaSatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/697547/survei-nielsen-generasi-z-habiskan-uang-untuk-liburan

Haddouche, H., & Salomone, C. (2018). Generation Z and the tourist experience: tourist stories and use of social networks. Journal of Tourism Futures, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.1108/JTF-12-2017-0059

Hakim, L., & Susanto, D. (2022). Travel Pattern Wisata Religi Di Jepara. Jurnal Sains Terapan, 8(2).

Lew, A., & McKercher, B. (2006). Modeling tourist movements: A local destination analysis. Annals of Tourism Research, 33(2), 403–423. https://doi.org/10.1016/j.annals.2005.12.002

Mayasari, C. U., Putri, E. D. H., & Hakim, M. F. N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI Z DALAM MENENTUKAN TEMPAT MAKAN DI YOGYAKARTA. 13(2), 20–20. https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss02/969

Mulyani, A. T., Norman, L. C. A., & Damanik, I. I. (2022). Analisis kenyamanan dan efektifitas teras Malioboro bagi pengguna ruang publik komersial. 6(1), 181–195. https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/202

Octaviany, V. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan the Effect of Tourism Quality Product Towards Decision To Visit Bale Seni Barli-Kota. Tourism Scientific Journal, 1, 184–195.

Pradana, G. Y. K. (2019). Sosiologi Pariwisata. In D. Lestari (Ed.), STPBI Press (Issue 1). STPBI Press.

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20993

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=g646EAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false

Sladek, S., & Grabinger, A. (2018). Gen Z: The first generation of the 21st century has arrived! https://www.xyzuniversity.com/wp-content/uploads/2018/08/GenZ_Final-dl1.pdf

Sofi, C., & Dewi Susilowati, M. H. (2017). Faktor Pengaruh Pola Pergerakan Wisatawan di Kota dan Kabupaten Tegal. Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung, 26–27, 155–164.

Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579

Syahrul, Kamal, M., & Hutahaean, T. (2022). Pengantar Bisnis Hospitaliti (1st ed.). Widina.

Tegor, Susanto, A., Togatorop, V., Sulivyo, L., & Siswanto, D. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Penerbit Lakeisha.

Wirawan, P. E., Octaviany, V., & Nuruddin. (2022). Pengantar Pariwisata (1st ed.). Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=KfqZEAAAQBAJ&source=gbs_navlinks_s

Wisnawa, I. M. B., Katimin, I. W., & Hartini, N. M. (2022). Brand Dan E-Marketing Pariwisata. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Brand_Dan_E_Marketing_Pariwisata/NRF2EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=perilaku+wisatawan&pg=PA41&printsec=frontcover

Wisnawa, I. M. B., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. (2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata Di Kawasan Pedesaan. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Pariwisata_Model_Bra/5QTQDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=wisnawa+atraksi+adalah&pg=PA26&printsec=frontcover