Analisis Pola Pergerakan Wisatawan Gen Z Di Yogyakarta yang Berkunjung Ke Candi Prambanan
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7850Keywords:
Karakteristik Wisatawan Gen Z, Candi Prambanan, Pola PergerakanAbstract
Banyaknya wisatawan Gen Z yang datang berkunjung ke Candi Prambanan dari berbagai daerah dan latar belakang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pergerakan wisatawan Gen Z yang ada di Yogyakarta dengan indikator jenis wisata, akomodasi, dan transportasi. Manfaat penelitian ini sebagai media informasi yang dapat dijadikan sebuah referensi bagi para pelaku usaha pariwisata mengenai pergerakan wisatawan Gen Z. Saat berwisata, tentunya wisatawan Gen Z akan membentuk sebuah pola pergerakan. Pola pergerakan merupakan sebuah perpindahan oleh wisatawan dari satu atraksi ke atraksi wisata lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur kepada beberapa informan. Hasil dari penelitian ini adalah wisatawan Gen Z lebih menyukai atraksi wisata alam baik itu pegunungan maupun pantai. Kenyamanan dan kebersihan merupakan hal penting dalam pemilihan akomodasi yang sesuai selera wisatawan Gen Z. Mobil merupakan jenis akomodasi yang paling banyak dipilih sebagai moda transportasi saat berwisata, dan pola pergerakan wisatawan Gen Z ada tiga yaitu single point, base site, dan destination region loop.
TRANSLATE with x English Arabic Hebrew Polish Bulgarian Hindi Portuguese Catalan Hmong Daw Romanian Chinese Simplified Hungarian Russian Chinese Traditional Indonesian Slovak Czech Italian Slovenian Danish Japanese Spanish Dutch Klingon Swedish English Korean Thai Estonian Latvian Turkish Finnish Lithuanian Ukrainian French Malay Urdu German Maltese Vietnamese Greek Norwegian Welsh Haitian Creole Persian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster Portal BackDownloads
References
Amerta, I. M. S. (2019). Pengembangan Pariwisata Alternatif. Scopindo Media Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_PARIWISATA_ALTERNATIF/kBy_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=amerta+aksesibilitas&pg=PA121&printsec=frontcover
Andriani S, N. N., & Hadi, A. P. (2018). Pola Perjalanan Wisatawan Timur Tengah Berdasarkan Profil Wisatawan dan Motivasi Pola Pergerakan di Bandung. September.
Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. (2021). Buku Statistik Kepariwisataan 2020. Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, 1–98.
Fitriani, E. (2020, November 11). Survei Nielsen: Generasi Z Habiskan Uang untuk Liburan. BeritaSatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/697547/survei-nielsen-generasi-z-habiskan-uang-untuk-liburan
Haddouche, H., & Salomone, C. (2018). Generation Z and the tourist experience: tourist stories and use of social networks. Journal of Tourism Futures, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.1108/JTF-12-2017-0059
Hakim, L., & Susanto, D. (2022). Travel Pattern Wisata Religi Di Jepara. Jurnal Sains Terapan, 8(2).
Lew, A., & McKercher, B. (2006). Modeling tourist movements: A local destination analysis. Annals of Tourism Research, 33(2), 403–423. https://doi.org/10.1016/j.annals.2005.12.002
Mayasari, C. U., Putri, E. D. H., & Hakim, M. F. N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI Z DALAM MENENTUKAN TEMPAT MAKAN DI YOGYAKARTA. 13(2), 20–20. https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss02/969
Mulyani, A. T., Norman, L. C. A., & Damanik, I. I. (2022). Analisis kenyamanan dan efektifitas teras Malioboro bagi pengguna ruang publik komersial. 6(1), 181–195. https://smartfad.ukdw.ac.id/index.php/smart/article/view/202
Octaviany, V. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan the Effect of Tourism Quality Product Towards Decision To Visit Bale Seni Barli-Kota. Tourism Scientific Journal, 1, 184–195.
Pradana, G. Y. K. (2019). Sosiologi Pariwisata. In D. Lestari (Ed.), STPBI Press (Issue 1). STPBI Press.
Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20993
Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=g646EAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false
Sladek, S., & Grabinger, A. (2018). Gen Z: The first generation of the 21st century has arrived! https://www.xyzuniversity.com/wp-content/uploads/2018/08/GenZ_Final-dl1.pdf
Sofi, C., & Dewi Susilowati, M. H. (2017). Faktor Pengaruh Pola Pergerakan Wisatawan di Kota dan Kabupaten Tegal. Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung, 26–27, 155–164.
Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579
Syahrul, Kamal, M., & Hutahaean, T. (2022). Pengantar Bisnis Hospitaliti (1st ed.). Widina.
Tegor, Susanto, A., Togatorop, V., Sulivyo, L., & Siswanto, D. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Penerbit Lakeisha.
Wirawan, P. E., Octaviany, V., & Nuruddin. (2022). Pengantar Pariwisata (1st ed.). Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=KfqZEAAAQBAJ&source=gbs_navlinks_s
Wisnawa, I. M. B., Katimin, I. W., & Hartini, N. M. (2022). Brand Dan E-Marketing Pariwisata. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Brand_Dan_E_Marketing_Pariwisata/NRF2EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=perilaku+wisatawan&pg=PA41&printsec=frontcover
Wisnawa, I. M. B., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. (2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata Di Kawasan Pedesaan. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Pariwisata_Model_Bra/5QTQDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=wisnawa+atraksi+adalah&pg=PA26&printsec=frontcover
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).