Inovasi Kewirausahaan Sosial Dalam Menangani Produk Agrowisata (Buah Apel dan Strawberi) Melalui Paket Wisata Agro di Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7529Keywords:
Inovasi, Kewirausahaan Sosial, Produk Agrowisata, Paket WisataAbstract
Inovasi, adaptasi dan kolaborasi sangat dibutuhkan pada kondisi saat ini agar sebuah produk barang dan/atau jasa dapat selalu diminati dan mendapatkan manfaat secara maksimal. Inovasi ini sangat dibutuhkan oleh pengelola agrowisata agar tidak terjadi kerugian karena adanya pembuangan produk secara langsung. Penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk menganalisasi inovasi pada kewirausahaan sosial dalam menangani produk agrowisata yang berupa 1) penyelamatan produk agrowisata yang berupa buah (Apel dan Strawberry), dan 2) rangkaian inovasi paket wisata. Metode penelitian untuk menyusun artikel ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara langsung pada pengelola agrowisata dan pengelola organisasi sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa produk agrowisata dapat diselamatkan oleh para organisasi sosial melalui pembelian produk agrowisata dengan nilai jual rata-rata (tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi) dengan tetap menyelenggarakan aktivitas agrowisata dengan menginovasikan rangkaian paket wisata yang sesuai dengan elemen kepariwisataan. Inovasi dalam paket wisata terdapat perubahan unsur yaitu pada unsur something to buy yang pada dasarnya produk yang dibeli oleh volunter selaku wisatawan berubah menjadi Something to give. Karena barang dan/atau jasa yang dibeli oleh volunter atau wisatawan akan disalurkan kepada masyarakat menengah kebawah untuk meningkatkan gizi makanan hariannya.
Downloads
References
Andrea, G. A., & Yudhiasta, S. (2022). Kewirausahaan Sosial Inovasi Kewirausahaan Sosial Dalam Menangani Kesulitan Distribusi Produk Agrowisata Di Kota Batu. Jurnal Pariwisata Indonesia, 18(2), 1-12.
Budiarti, T., & Muflikhati, I. (2013). Pengembangan agrowisata berbasis masyarakat pada usahatani terpadu guna meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlanjutan sistem pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 18(3), 200-207.
Cakranegara, P. A., Rahadi, D. R., & Sinuraya, S. D. (2020). Model Kewirausahaan Sosial Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Mendukung Sektor Pariwisata di Kota Tasikmalaya. J. Manaj. Dan Kewirausahaan, 8(2), 189-205.
Dewi, N. A., & Dewi, L. L. (2016). Paket Wisata Pedesaan “Become Pangsanian" Di Desa Wisata Pangsan, Petang,
Badung. Analisis Pariwisata, 16(1), 35-51.
Fiatiano, E. (2009). Perencanaan Paket Wisata atau Tur. Jurnal Korespondensi, 22(2), 171-178.
Firdaus, N. (2014). Pengentasan kemiskinan melalui pendekatan kewirausahaan sosial. Jurnal ekonomi dan Pembangunan, 22(1), 55-67.
Habib, M. D., Kaur, P., Sharma, V., & Talwar, S. (2023). Analyzing the food waste reduction intentions of UK households. A Value-Attitude-Behavior (VAB) theory perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 75, 103486.
Heridiyah, 2019. Tipologi wisatawan dan motivasi perjalanan wisata. diakses dari https://herindiyah.wordpress.com/2019/09/09/motivasi-perjalanan-wisata/, pada 11 Agustus 2022
Indonesia Studen, 2022. 4 Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan 3 contohnya. Diakses dari https://www.indonesiastudents.com/pengertian-inovasi-dan-contohnya-menurut-para-ahli-lengkap/, pada 11 Agustus 2022.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2021), Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi.diakses dari https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi, pada 27 Juli 2022.
Lubis, K. (2017). Perencanaan Tailor Made Tour untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen oleh Tour Department Pacto Ltd Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Mulyani, A., & Wirakusuma, R. M. (2016). Perencanaan Paket Wisata Berdasarkan Karakteristik dan Motivasi Wisatawan yang Datang ke Kampung Cireundeu Kota Cimahi. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 13(2), 1-14
Revida, Erika dkk. 2021. Inovasi Desa Wisata : Potensi, Strategi, dan Dampak Kunjungan Wisata. Ebook : Yayasan Kita Menulis. E-ISBN: 978-623-342-265-9. Diakses pada 14 Mei 2022 dari https://books.google.co.id/books?id=UB9JEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Rufaidah, Erlina dan Kodri (2020). Buku Referensi : Strategi Inovasi dan Kreativitas Berwirausaha Era Revolusi 4.0 (Kajian Empiris dan Kajian Literatur). Bandung : Alfabeta
Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Sartono, S., & Sutrismi, S. (2020). Kewirausahaan; Kewirausahaan Komersial Dan Sosial. BENEFIT, 7(2), 94-102.
Subowo. 2002. Agrowisata meningkatkan Pendapatan Petani. Di unduh dari http://database.deptan.go.id/agrowisata, pada 30 September 2022
Utomo, H. (2015). Menumbuhkan minat kewirausahaan sosial. Among Makarti, 7(2).
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).