Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Wisata Kota dan Pantai di Kota Tanjungpinang

Authors

  • Dame Afrina Sihombing Universitas Internasional Batam
  • Safariyani Universitas Internasional Batam
  • Oda I. B. Hariyanto Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v6i1.7451

Keywords:

Niat Kunjungan, Citra Destinasi, Destinasi Wisata, Tanjung Pinang

Abstract

Pariwisata sudah dianggap menjadi kebutuhan hidup bagi manusia, yang mana dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk mendukung berbagai macam kegiatan ekonomi, Niat kunjungan merupakan salah satu dari banyaknya faktor untuk seseorang melakukan perjalanan. Kota Tanjungpinang merupakan salah satu kota di Provinsi Kepulauan Riau yang sedang berkembang pada industri pariwisata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk pengujian. Dalam artikel ini membahas tentang faktor yang mempengaruhi adanya niat kunjungan para wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata kota dan pantai di kota Tanjungpinang. Penulis menemukan beberapa faktornya salah satunya yang paling berpengaruh adalah citra destinasi di Kota Tanjungpinang yang terkenal dengan kuliner yang enak dan murah kemudian pantai yang bersih dan indah pemandangannya sehingga manfaat dari penelitian ini dapat menarik para wisatawan memiliki niat kunjungan ke kota tersebut bahkan sampai memperkenalkan kota tersebut kepada rekan-rekannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, H. H., & Ariesty, F. (2017). Peranan Citra Destinasi dan Keakraban Dalam Meningkatkan Loyalitas Wisatawan Mancanegara di Pulau Batam .pdf. Jurnal Iptek Terapan. ISSN : 1979-9292, 1, 67–74.

Bianchi, C., Milberg, S., & Cúneo, A. (2017). Understanding travelers’ intentions to visit a short versus long-haul emerging vacation destination: The case of Chile. Tourism Management, 59, 312–324. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.08.013

Cahyanti, M. M., & Anjaningrum, W. D. (2018). Meningkatkan Niat Berkunjung Pada Generasi Muda Melalui Citra Destinasi Dan Daya Tarik Kampung Wisata. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 35–41. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.58

Cheung, R., Lam, A. Y. C., & Lau, M. M. (2015). e. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 25(3), 232–245. https://doi.org/10.1080/21639159.2015.1041781

Chi, H. K., Huang, K. C., & Nguyen, H. M. (2020). Elements of destination brand equity and destination familiarity regarding travel intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 52(November), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.12.012

Dan, K., Kota, P., Nengsih, N. S., Mukhlis, S., & Siam, N. U. (2022). Strategi Promosi Objek Wisata Oleh Dinas Tania Yulianto Putri Ilmu Pemerintahan STISIPOL Raja Haji Administrasi Publik. 4(1), 912–925.

Dwi W., H., & Subekti N., B. (2017). Upaya Indonesia Meningkatkan Pariwisata Maritim melalui Diplomasi Kebudayaan di Asia Tenggara. Indonesian Perspective, 2(1), 51. https://doi.org/10.14710/ip.v2i1.15554

Hermawan, H. (2018). Metode Kualitatif untuk Riset Pariwisata. Jurnal Komunikasi, 20.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047.

LATIF, J. M. (2020). Pengembangan Ruang Kawasan Tepi Pantai Untuk Rekreasi Dalam Mendukung Kota Ternate Sebagai Waterfront City. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Perencanaan

Mehyar, H., Saeed, M., Al-Ja’afreh, H. B. A., & Al-Adaileh, R. (2020). The impact of electronic word of mouth on consumers purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(2), 183–193.

Park, S. H., Hsieh, C. M., & Lee, C. K. (2017). Examining Chinese College Students’ Intention to Travel to Japan Using the Extended Theory of Planned Behavior: Testing Destination Image and the Mediating Role of Travel Constraints. Journal of Travel and Tourism Marketing, 34(1), 113–131. https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1141154

Purwanti, N. D., & Dewi, R. M. (2014). Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan terhadap pendapatan asli daerah kabupaten mojokerto tahun 2006-2013. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 1–12.

Purwianti, L., & Claudia, E. (2021). Analısıs Pengaruh E-WOM, Citra Destinasi, Sikap dan Norma Subjektif terhadap Keinginan Melakukan Perjalanan ke Negara-Negara Asia. 1(1), 247–260. https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech

Reza Jalilvand, M., Samiei, N., Dini, B., & Yaghoubi Manzari, P. (2012). Examining the structural relationships of electronic word of mouth, destination image, tourist attitude toward destination and travel intention: An integrated approach. Journal of Destination Marketing and Management, 1(1–2), 134–143. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2012.10.001

Reza Jalilvand, M., Samiei, N., Dini, B., & Yaghoubi Manzari, P. (2012). Examining the structural relationships of electronic word of mouth, destination image, tourist attitude toward destination and travel intention: An integrated approach. Journal of Destination Marketing and Management, 1(1–2), 134–143. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2012.10.001

Sari, R. Y. (2013). Pengaruh harapan pelanggan, kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan kereta api ekonomi rapih dhoho.

Tan, W. K., & Wu, C. E. (2016). An investigation of the relationships among destination familiarity, destination image and future visit intention. Journal of Destination Marketing and Management, 5(3), 214–226. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2015.12.008

Wu, G., & Liang, L. (2021). Examining the effect of potential tourists’ wine product involvement on wine tourism destination image and travel intention. Current Issues in Tourism, 24(16), 2278–2293. https://doi.org/10.1080/13683500.2020.1828310

Downloads

Published

2024-02-12