Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Feature Based Component di Resor Kabupaten Bogor

Main Article Content

Rima Pratiwi Batubara
Aditya Sugih Setiawan
Ni Luh Vera Kasmayanti
Hendro Yudi Susilo
Devi Susilawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen fitur dasar yang paling berpengaruh dalam kepuasan pengguna resor khususnya di Kabupaten Bogor. Penelitian bersifat kualitatif dengan pengambilan responden yaitu pengguna resor. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Data diambil berdasarkan indikator dalam komponen dasar resor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memilih resor dengan suasana yang memiliki ketenangan, perubahan gaya hidup, dan kesempatan untuk relaksasi. Informasi yang didapatkan tergolong baik. Kondisi properti memanfaatkan sumber daya alam dan kekhasan suatu tempat. Fasilitas properti tidak ada teknologi canggih yang signifikan yang disediakan oleh resor. Lokasi geografi lebih disukai pada lokasi pegunungan. Reputasi resor lebih dilihat berdasarkan dari image fisik bangunan. Pelayanan pelanggan tergolong baik. Pada kondisi sekitar resor didominasi pada menunjukkan hal unik dari lokasi dan lingkungan sekitar. Nilai resor lebih diminati pada nilai rekreasi. Pelayanan makan dan minum paling banyak pada buffet service. Tulisan ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi pengelola wisata dalam merencanakan dan mengembangkan suatu anggaran wisata dengan berbagai produk dan pelayanan yang ada di dalamnya, sehingga diharapkan perencanaan dan pengembangan yang dilakukan terkait dengan akomodasi wisata dapat sesuai dengan karakter, kebutuhan dan keinginan calon pengunjung serta sesuai dengan kemampuan dari resor itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amperawati, E. D. (2021). Optimalisasi Reputasi Perusahaan Melalui Kinerja Layanan Hotel di Industri Hospitalitas (1st ed.). Selaras. https://penerbitselarasmediakreasindo.com/wp-content/uploads/2021/06/UNMER-Bu-Endang-optimalisasi-siap-cetak.pdf

Brey, E., Klenosky, D. B., Lehto, X. Y., & Morrison, A. M. (2008). Standard Hospitality Elements at Resorts : An Empirical Assessment. Journal of Travel Research, 47(2), 247–258.

Brey, E. T., Morrison, A. M., & Mills, J. E. (2007). An examination of destination resort research. Current Issues in Tourism, 10(5), 415–442. https://doi.org/10.2167/CIT315.0

Faridho, V. (2020). Perancangan Resort And Sport Area di Gunung Banyak Kota Batu Dengan Pendekatan Arsitektur Tropis [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/28963/1/17660116.pdf

Murdhanti, A. D. (2011). Hotel Resort di Pantai Siung Gunung Kidul.

Murphy, P. (2008). The Bussiness of Resort Management (1st ed.). Elsevier.

Puspita, R., & Wahyudie, P. (2017). Penerapan Konsep Modern Natural dengan Sentuhan Etnik Tengger pada Desain Interior Hotel Bromo Permai I. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 46–50. https://media.neliti.com/media/publications/140339-ID-penerapan-konsep-modern-natural-dengan-s.pdf

Putra, Y. P., & Budi, N. (2019). Pengaruh Pola Orientasi Terhadap Desain Resor (Kasus Studi : Samosir Villa Resor Kawasan Tuk-Tuk). Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 4(2), 77–88.

Ridho, I. K., & Saputra, A. (2022). Resort Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Mengurangi Stress Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus : Sukuh Cottage Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Seminar Ilmiah Arsitektur III, 274–280.

Rosiyanti, A. W., & Susilowati, M. (2017). Perkembangan Objek Wisata di Kabupaten Bogor. Industrial Research Workshop and National Seminar, 462–469.

Rulloh, N. (2017). Pengaruh Kunjungan Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam.

Soeswoyo, D. M., Jeneetica, M., Dewi, L., Dewantara, M. H., & Asparini, P. S. (2021). Tourism Potential and Strategy to Develop Competitive Rural Tourism in Indonesia. International Journal of Applied Sciences in Tourism and
Events, 5(2), 131–141. https://doi.org/10.31940/ijaste.v5i2.131-141

Wardani, Y. (2013). Hubungan Website sebagai Media Informasi Hotel dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Menginap Di Fave Hotel Premier Cihampelas. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wijaya, R., Manurung, T. M., Srihadi, C. V, & Utari, W. D. (2019). Pengaruh Atmosphere, Fasilitas dan Word of Mouth Terhadap Minat Menginap Di Hotel. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 325–330.

Yohana, G. P., & Andjarwati, A. L. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3).