Preferensi Periklanan Digital Dukungannya Pada Minat Berkunjung Turis

Authors

  • Indriana Indriana Bina Nusantara University
  • Dimas Yudistira Nugraha Bina Nusantara University
  • Rudy Aryanto Bina Nusantara University
  • Doni Purnama Alamsyah Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v4i2.6846

Keywords:

Preferensi, Periklanan Digital, Minat Berkunjung, Turis

Abstract

Dalam menarik perhatian turis untuk berkunjung ke destinasi wisata, banyak yang dilakukan oleh manajemen destinasi wisata, diantaranya melaksanakan pemasaran dengan iklan melalui digital platform. Periklanan digital diyakini memberikan dampak besar pada minat turis untuk berkunjung, mengingat perkembangan teknologi semakin meningkat dan pengguna teknologi semakin menyebar. Periklanan digital yang dilakukan oleh manajemen destinasi wisata dapat diakses dengan mudah melalu digital platform terlebih pengguna social media. Dimana social media melekat pada smartphone yang saat ini sudah digunakan dan menjadi bagian pending dari aktifitas pada turis sebelum memilih destinasi wisata. Menelaah dari pentingnya iklan sebagai media pemasaran digital, maka tujuan penelitian ini mengevalusai hubungan dari preferensi turis pada periklnana digital dalam mendukung minat berkunjung turis pada destinasi wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dimana survey dilakukan pada pengguna smartphone yang familiar dengan periklanan digital. Pengguna yang dipilih adalah pengguna yang telah mengetahui adanya distinasi wisata yang akan dikunjungi. Dilakukan penyebaran kuesioner dengan kuantitatif, guna mengumpulkan data dari pengguna dan dianalisis lebih lanjut. Proses pengolahan data menggunakan SPSS untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dalam analisisnya dilakukan moderasi dari jenis kelamin pengguna atau turis yaitu pria dan wanina. Hal ini diguanakan untuk mengetahui perilaku turis lebih mendalam. Hasil penelitian dikatahui bahwa preferensi periklanan digital dari turis memberikan dampak pada minat berkunjung turis. Hal ini diketahui dari hubungan positif diantara keduanya yang cukup erat dan dipertegas dengan hasil uji signifikansi melalui uji hipotesis. Temuan lain diketahui bahwa turis yang memiliki jenis kelamin pria lebih dominan beradaptasi dengan periklanan digital, diketahui dari perbandingan hubungan periklanan digital pada minat berkunjung tulis lebih tinggi dibandingkan dengan turis wanita. Temuan dari penelian ini memiliki manfaat untuk dikaji oleh manajemen destinasi wisata, dimana karakteristik dari pengguna digital platform mampu mempengaruhi minat dari turis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, D. P., Indriana, Ratnapuri, C. I., Aryanto, R., & Othman, N. A. (2021). Digital Marketing: Implementation of Digital Advertising Preference to Support Brand Awareness. Academy of Strategic Management Journal, 20(2S), 1–11.
Altin Gumussoy, C., Kaya, A., & Ozlu, E. (2018). Determinants of Mobile Banking Use: An Extended TAM with Perceived Risk, Mobility Access, Compatibility, Perceived Self-efficacy and Subjective Norms. (Eds) Industrial Engineering in the Industry 4.0 Era. Lecture Notes in Management and Industrial Engineering, 225–238. https://doi.org/10.1007/978-3-319-71225-3_20
Chen, Y. C., Wu, J. H., Peng, L., & Yeh, R. C. (2015). Consumer benefit creation in online group buying: The social capital and platform synergy effect and the mediating role of participation. Electronic Commerce Research and Applications, 14(6), 499–513. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2015.07.003
Chen, Z., & Huang, Y. (2016). Cause-related marketing is not always less favorable than corporate philanthropy: The moderating role of self-construal. International Journal of Research in Marketing, 33(4), 868–880. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.03.003
De Grosbois, D. (2012). Corporate social responsibility reporting by the global hotel industry: Commitment, initiatives and performance. International Journal of Hospitality Management, 31(3), 896–905. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.10.008
Fachinelli, A. C., Carrillo, F. J., & D’Arisbo, A. (2014). Capital system, creative economy and knowledge city transformation: Insights from Bento Gonçalves, Brazil. Expert Systems with Applications, 41(12), 5614–5624. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2014.02.012
Frey, N., & George, R. (2010). Responsible tourism management: The missing link between business owners’ attitudes and behaviour in the Cape Town tourism industry. Tourism Management, 31(5), 621–628. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.06.017
Gao, Y. L., Mattila, A. S., & Lee, S. (2016). A meta-analysis of behavioral intentions for environment-friendly initiatives in hospitality research. International Journal of Hospitality Management, 54, 107–115. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.01.010
Hariyanto, O. I. B. (2016). Destinasi Wisata Budaya dan Religi di Cirebon. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 214–222. https://doi.org/10.31311/jeco.v4i2.830
Jayaram, D., Manrai, A. K., & Manrai, L. A. (2015). Effective use of marketing technology in Eastern Europe: Web analytics, social media, customer analytics, digital campaigns and mobile applications. Journal of Economics, Finance and Administrative Science, 20(39), 118–132. https://doi.org/10.1016/j.jefas.2015.07.001
Kar, A. K. (2021). What Affects Usage Satisfaction in Mobile Payments? Modelling User Generated Content to Develop the “Digital Service Usage Satisfaction Model.” Information Systems Frontiers, 23(5), 1341–1361. https://doi.org/10.1007/s10796-020-10045-0
Kim, C., Mirusmonov, M., & Lee, I. (2010). An empirical examination of factors influencing the intention to use mobile payment. Computers in Human Behavior, 26(3), 310–322. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.10.013
Kim, J., & Lennon, S. J. (2013). Effects of reputation and website quality on online consumers’ emotion, perceived risk and purchase intention: Based on the stimulus-organism-response model. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(1), 33–56. https://doi.org/10.1108/17505931311316734
Kim, M. J., Lee, C. K., & Bonn, M. (2016). The effect of social capital and altruism on seniors’ revisit intention to social network sites for tourism-related purposes. Tourism Management, 53, 96–107. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.09.007
Kim, Y., Lee, W. N., & Jung, J. H. (2013). Changing the stakes: A content analysis of Internet gambling advertising in TV poker programs between 2006 and 2010. Journal of Business Research, 66(9), 1644–1650. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.12.010
Lin, L. Y., & Ching Yuh, C. Y. (2010). The influence of corporate image, relationship marketing, and trust on purchase intention: the moderating effects of word-of-mouth. Tourism Review, 65(3), 16–34. https://doi.org/10.1108/16605371011083503
Oetarjo, M., & Sidoarjo, U. M. (2019). City Branding Sidoarjo Melalui Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Sidoarjo. Seminar Nasional Ekonomi & Bisnis Dewantara, 131–136.
Othman, N. A., Alamsyah, D. P., Indriana, Rustine, M., Aryanto, R., & Setyawati, I. (2021). ICT and Consumer Behavior: A Study of Students’ Self-Perceived Digital. 2021 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA), 238–242. https://doi.org/10.1109/ISITIA52817.2021.9502265
Prakoso, D. H., & Andriani, M. (2019). Faktor Pembentuk Behavioral Intention to Visit atas Informasi yang Diperoleh Dari Travel Blogs Kidalnarsis . com ( Studi : Komparasi Antara Generasi X dan Generasi Y dalam Mengunjungi Destinasi Wisata Padang Heritage ). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 5(1), 1–11.
Prud’homme, B., & Raymond, L. (2013). Sustainable development practices in the hospitality industry: An empirical study of their impact on customer satisfaction and intentions. International Journal of Hospitality Management, 34(1), 116–126. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.03.003
Rambe, P., & Jafeta, R. J. (2017). Impact of social media advertising on high energy drink preferences and consumption. Journal of Applied Business Research, 33(4), 653–668. https://doi.org/10.19030/jabr.v33i4.9977
Sab, J. (2011). A Study to Investigate Online Advertising Tools, the Degree of Usage and Customer Preferences. Tourism and Management Studies, 101–107.
Smith, K. T. (2019). Mobile advertising to Digital Natives: preferences on content, style, personalization, and functionality. Journal of Strategic Marketing, 27(1), 67–80. https://doi.org/10.1080/0965254X.2017.1384043
Tay, K. X., Chan, J. K. L., Vogt, C. A., & Mohamed, B. (2016). Comprehending the responsible tourism practices through principles of sustainability: A case of Kinabalu Park. Tourism Management Perspectives, 18, 34–41. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.018
Yacob, S., Johannes, J., & Qomariyah, N. (2019). Visiting Intention: A Perspective of Destination Attractiveness and Image in Indonesia Rural Tourism. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 3(2), 122.
Yang, S., Lin, S., Carlson, J. R., & Ross, W. T. (2016). Brand engagement on social media: will firms’ social media efforts influence search engine advertising effectiveness? Journal of Marketing Management, 32(5–6), 526–557. https://doi.org/10.1080/0267257X.2016.1143863
Yang, Y., Li, X., Zeng, D., & Jansen, B. J. (2018). Aggregate effects of advertising decisions: A complex systems look at search engine advertising via an experimental study. Internet Research, 28(4), 1079–1102. https://doi.org/10.1108/IntR-10-2017-0377

Published

2022-08-12