Faktor Motivasi Kunjungan Wisatawan Labuan Bajo Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v5i1.6819Keywords:
Motivasi Turis, Labuan Bajo, Covid-19Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui motivasi wisatawan dalam memutuskan untuk berkunjung ke objek wisata Labuan Bajo selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis faktor, dengan menganalisis faktor penarik (pull factor) dan faktor pendorong (push factor). Penelitian dilakukan pada 135 responden yang pernah berkunjung ke Labuan Bajo selama masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tuju faktor motivasi wisatawan dalam berkunjung ke Labuan Bajo pada masa pandemi Covid-19, yaitu financial security (cuaca iklim destinasi, transportasi, amenities, kelembagaan, kawasan wisata, yang alami dan buatan), relaxation, escape, play, attraction, prestige dan strengthening, leisure time, self-fulfillment, wish fulfillment, dan social interaction. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu memberikan saran bagi para stakeholder dan pelaku usaha pariwisata untuk dapat meningkatka jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo.
Downloads
References
Akhrani, L. A., & Azhar, M. (2021). Wisata Super Premium Labuan Bajo: Mengkaji peran langsung dan tidak langsung terhadap Visiting intention ditinjau dari Destination Image dan Tourist expectation. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(1), 1-20.
Ana MarÃa Munar, & Jens Kr. Steen Jacobsen. (2014). Motivations for sharing tourism experiences through social media - ScienceDirect. Tourism Management, 46–54. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0261517714000132
Deneski, E. M., Asyik, B., & Zulkarnain. (2019). Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Mutun. Jurnal Penelitian Geografi, 7(5), 1–10.
Giyatmi, G., Widiati, E,. Levyda, L. (2022). Optimasi E-Commerce dan Kualitas Kuliner Untuk Mendukung Wisata Kuliner di Provinsi Bangka Belitung. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 5(1), 83-90.
Levyda, L., Ratnasari, K., & Giyatmi, G. (2021). Local Food as a Tourism Brand for the Regional Area : The Case in Bangka Belitung Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 10(2), 66–74.
Putri, D. A. M., & Nurhidayati, H. (2018). Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Terhadap Jazz Gunung Bromo Sebagai Atraksi Music Tourism Di Jawa Timur. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(1), 26–38. https://doi.org/10.35814/tourism.v6i1.761
Rudiyanto, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan. Disampaikan pada Webinar Sustainability Talk: Menjaga Momentum Pencapaian SDGs Pasca-Corona, 8.
Ratnasari, K., Levyda, L., & Giyatmi, G. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Penunjang Pariwisata Di Pulau Belitung. Jurnal Pariwisata Pesona, 5(2), 93–106. https://doi.org/10.26905/jpp.v5i1.4788
Riesa, R. M. (2018). Motivasi Dan Persepsi Wisatawan Mancanegara Berkunjung Ke Kota Bukittinggi. Jurnal Nasional Pariwisata, 10(1), 67. https://doi.org/10.22146/jnp.59468
Sari, D., Kusumah, A. H. G., & Marhanah, S. (2018). Analisis Faktor Motivasi Wisatawan Muda Dalam Mengunjungi Destinasi Wisata Minat Khusus. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 11–22. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13762
Sholeh, M., & Juniarti, G. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Pariwisata Wonderful Indonesia “An Exploration Of The Wondrous Labuan Bajoâ€. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 4(2), 131-149.
Utami, A. R., & Wulandari, E. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata Upas Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Hospitour: Journal of Hospitality & Tourism Innovation, 5(1), 8–21. https://ojs.uph.edu/index.php/HOS/article/view/3362
Utami, A.R., & Farida, F. (2020). Analisis Faktor Kunjungan Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu Jakarta. ALTASIA: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(1) 29-35. http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i1.543
Utami, A., & Wulandari, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kunjungan Wisata UPAS Hill.
Widiati, E., Levyda, L., & Ratnasari, K. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram Dalam Aktivitas Bisnis Bagi Umkm Di Bangka Belitung. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2).
Wiryokusumo, M. Y. P., Wiranatha, A. S., & Suryawardani, I. G. A. O. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Brand Image, Trust dan Keputusan Berkunjung ke Kampung Tridi Malang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(1), 332–350. https://doi.org/10.24843/jumpa.2021.v08.i01.p17
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).