Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat

Authors

  • Rayhand Putra Ardinata Universitas Negeri Padang
  • Retnaningtiyas Susanti Universitas Negeri Padang
  • Hayatul Khairul Rahmat Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v5i1.6796

Keywords:

Media Sosial, Minat Berkunjung, Wisatawan

Abstract

Belakangan ini, Kawasan Wisata Bukik Chinangkiek Dreampark menjadi objek wisata baru yang buming di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Namun, dilihat dari akun Instagram milik Kawasan Wisata Bukik Chinangkiek Dreampark kurang terkelola dengan baik dan belum memiliki followers yang banyak. Hal ini melatar belakangi penelitian ini yang bertujuan untuk menggali pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke Kawasan Wisata Bukik Chinangkiak Dreampark. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 10.250 orang wisatawan dan dengan menggunakan derajat signifikansi 90%, maka sampel dalam penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik penentuan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu dengan menggunakan teknik sampling accidental. Adapun teknik pengumpulan data yang menggunakan angket dengan skala Likert. Temuan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke Kawasan Wisata Bukik Chinangkiek Dreampark. Adapun besar pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan yaitu sebesar 0.063 atau 6,3%. Hal ini menunjukkan media sosial mempengaruhi sebesar 6,3% minat berkunjung wisatawan ke Kawasan Wisata Bukik Chinangkiek Dreampark. Temuan penelitian ini akan memberikan manfaat bagi manajemen destinasi wisana, dimana media sosial turut mempengaruhi minat berkunjung wisatawan, di samping faktor-faktor yang lain yang turut mempengaruhi minat berkunjung wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albarq, A. (2014). Measuring the Impacts of Online Word of Mouth on Tourists’ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Bussiness Research, 7(1), 14-22. https://doi.org/ 10.5539/ibr.v7n1p14

Amiarno, Y. (2022). Bauran Pemasaran, Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Radioterapi: Marketing Mix, Word of Mouth and Brand Image on Returning Interest in Radiotherapy. Journal of Public Health Education, 1(3), 117-129. Retrieved from https://journals.prosciences.net/index.php/JPHE/article/view/20

Ardinata, R. P., Rahmat, H. K., Andres, F. S., & Waryono, W. (2022). Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur [Transformational leadership as a solution for the development of the smart city concept in the society era: a literature review]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1), 33-44. https://doi.org/10.15575/alihtiram.v1i1.206

Assael, A. (2012). Marketing Celebrities. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Badan Pusat Statistik. (2019). Tourism Satellite Account Indonesia 2016-2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126-133. http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.3082

Christabel, J., Kevin, K., & Suryo, A. C. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta (Bachelor Thesis, Universitas Pelita Harapan). http://repository.uph.edu/8106/

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok. (2019). Jumlah Pengunjung Kawasan Wisata Bukit Chinangkiek Dreampark Solok Solok. Solok: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok.

Faradiba, F. & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 59-69. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3206

Liubana, I. W., & Setyanto, Y. (2022). Analisis Peranan dan Penggunaan Media Sosial dalam Mengomunikasikan Informasi di Komunitas 234SC Jakarta Utara. Prologia, 6(1), 199-204. http://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10391

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

Mahendra, D. P., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Brand Awareness Hearo Di Instagram. eProceedings of Management, 8(3), 1-9. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15006

Muslim, A. W. (2018). Pengaruh media sosial, E-service quality dan Harga terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Gaya Hidup. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 145-162. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/19697

Nifita, A. T., & Arisondha, E. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Taman Geopark Kabupaten Merangin. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 7(2), 169-180. https://doi.org/10.22437/jmk.v7i2.5490

Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(3), 195-212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New normal bagi pariwisata bali di masa pandemi covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 57-65. Retrieved from http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud/article/view/108

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Islamic Art Therapy [Strategy to Develop Individual Resilience in The Middle of The COVID-19 Pandemic using Islamic Art Therapy]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), 39-52. https://doi.org/10.15575/jcic.v1i1.60

Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Putra, R. M., Mulkiyan, M., Wahyuni, S. W., & Casmini, C. (2022). The Influenced Factors of Spiritual Well-Being: a Systematic Review. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 43-58. https://doi.org/10.35719/sjigc.v2i1.23

Raznilawati, Z. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Online Shop Skincare pada @preloved.byluls. Humano: Jurnal Penelitian, 12(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v12i2.3473

Retnoningsih, E. (2013). Dampak Pengelolaan Wisata Agro Terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus: Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari Kab Brebes Jawa Tengah). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(1), 11-20. https://doi.org/10.31294/khi.v4i1.466

Saroh, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Diskon Terhadap Minat Beli Di Restoran Saboten Shokudo Kecamatan Klojen Kota Malang. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(1), 28-34. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6121

Simanjuntak, T. R. (2019). Efektivitas Nation Branding “Wonderful Indonesia” Sebagai Sebuah Strategi Dalam Hubungan Diplomasi Pemerintah Indonesia Tahun 2011-2018. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 8(1), 29-59. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4166

Solihat, A., Rahmayani, R., Syifa, M. N., Iskandar, I., & Handayani, R. D. (2019). Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Museum Foto 3D Amazing Art World. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(1), 20-28. http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i1.542

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Umami, Z. (2015). Social strategy pada media sosial untuk promosi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195-201. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.195-201

Umar, H. (2013). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Utami, B. A., & Kafabih, A. (2021). Sektor pariwisata Indonesia di tengah pandemi COVID 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 4(1), 383-389. https://doi.org/10.33005/jdep.v4i1.198

Willem, A., Tumbel, A. L., & Samadi, R. L. (2020). Analisis Efektivitas Marketing Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pelanggan D’brothers Laundry. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 165-165. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27496

Willy, W., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh kemasan produk dan rasa terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian pelanggan minuman energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 65-74. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1820

Yuliarta, I. W., & Rahmat, H. K. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Teknologi Sebagai Upaya Memperkuat Keamanan Maritim di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 180-189. http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.3228

Zakiyah, A., Rahmat, H. K., & Sa'adah, N. (2022). Peran konselor lintas agama dan budaya sebagai problem solving masyarakat multibudaya [The role of cross-religious and cultural counselors as a multi-cultural community solving problem]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1), 45-60.

Published

2023-02-05