Pengembangan Pariwisata Dusun Bedono dan Dusun Morosari Kabupaten Demak Melalui Pendekatan Analisis SWOT

Authors

  • Nur Fitriyani Politeknik Negeri Jakarta
  • Sarah Iasya Politeknik Negeri Jakarta
  • Facia Adinda Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v4i2.6790

Keywords:

Tourism, Development, Demak

Abstract

Kabupaten Demak adalah daerah yang mayoritas wilayahnya berupa perairan, terletak di pantai utara Jawa Tengah, yang juga disebut sebagai titik pusat kepemimpinan para wali. Dengan landasan penyebaran Islam yang dapat dibuktikan melalui jejak sejarah di Pulau Jawa, Kabupaten Demak juga memiliki potensi destinasi wisata bahari dan budaya, khususnya di Dusun Bedono dan Dusun Morosari. Meskipun demikian, ketersediaam akses dan infrastruktur pendukung di kedua wilayah ini masih terbatas, sehingga perlu dikembangkan secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur pengembangan Dusun Bedono dan Dusun Morosari Kabupaten Demak. Metode yang diterapkan dalam eksplorasi ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa peluang pengembangan Dusun Bedono dan Dusun Morosari sebagai destinasi pariwisata sangat tinggi, namun belum diupayakan secara ideal dan optimal. Beberapa faktor internal yang menghambat kemajuan pengembangan destinasi pariwisata adalah jaringan pengelola destinasi yang subjektif, kemampuan SDM yang kurang terampil di bidang pelayanan dan belum maksimalnya perhatian terhadap destinasi pariwisata di daerah tersebut. Sedangkan faktor pendukung atau faktor eksternal destinasi pariwisata adalah warisan sosial dan budaya yang masih dipertahankan, dan perluasan pemahaman masyarakat mengenai lingkungan. Usulan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yaitu perlu adanya program unggulan dibidang pariwisata dan meningkatkan kemampuan SDM melalui gagasan pembentukan kelompok sadar wisata. Adanya analisis SWOT pengembangan Dusun Bedono dan Dusun Morosari dapat menjadi dasar pertimbangan arah kerjasama dengan stakeholder dibidang pariwisata dalam membuka jalan bagi pelaku usaha pariwisata untuk mengembangkan sentra umkm dan jasa pelayanan wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Fitriyani, Politeknik Negeri Jakarta

Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Instensif, dan Pameran (Kampus Kab. Demak)

Sarah Iasya, Politeknik Negeri Jakarta

Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Instensif, dan Pameran (Kampus Kab. Demak)

Facia Adinda, Politeknik Negeri Jakarta

Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Instensif, dan Pameran (Kampus Kab. Demak)

References

Bappeda Kabupaten Demak. 2008. Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Demak 2019-2029.
Barreto, Mario dan Ketut Giantari, 2015. Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas Di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali, Vol.4:11.2015.
Dewi. 2011. Pengembangan Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang. Tesis FE UNDIP Semarang Gronross, Christian dalam Raminto dan Atik Septi Winarsih, 2005 Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Jakarta.
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1969 Tentang Tujuan Pengembangan Pariwisata Indonesia.
J. Damanik. 2009. Isu – isu krusial dalam pengelolaan Desa. Jurnal Kepariwisataan Indonesia
Kemenparekraf, Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, 2012.
Nurif. Muhammad. 2006. Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Kawasan Pariwisata Lamongan). Tesis Pascasarjana Arsitektur Institut Sepuluh Nopember Surabaya
Ott, J.Steven, Albert C Hyde, & Jay M Shafritz. 1991. Public Management. Essential Readings. Nelson Hall-Publishers, Chicago Kusuma Sari.
Pendit, I Nyoman, S. 1999. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : PT. Pradnya paramita, cetakan ke-enam (edisi revisi).
Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Demak Tahun 2019 – 2029
Purnaweni, Endang Sulistyowati & Hartati. 2020. Jurnal Ilmu Administrasi Publik
Subadra, I Nengah. 2007. Prinsip-prinsip pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Bali Tourism Watch.
Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
Unga, La Ode, & Kartini. 2011. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kepulauan Banda. Tesis Pascasarjana Perencanaan dan Pengembangan Wilayah UNHAS Makassar.

Published

2022-08-12