Penggunaan E-Tourism Sebagai Strategi Mempromosikan Pariwisata di Majalengka
E-tourism
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v4i2.6782Keywords:
Teknologi, E-tourism, Digital Marketing, Tempat Pariwisata, MajalengkaAbstract
Industri pariwisata kini dapat berkembang secara maksimal dikarenakan kemajuan teknologi dan kemudahan dalam mengakses informasi mengenai produk wisata. E-tourism membutuhkan fasilitas teknologi yang memadai dan secara bahasa luar (up-to-date), sebagai strategi digital marketing untuk meningkatkan daya Tarik wisatawan. Biro perjalanan dapat meraup keuntungan dari seluruh pengunjung yang ada di dunia dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang. Penelitian ini menjelaskan peran dari teknologi mengenai e-Tourism. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengajukan pertanyaan melalui google form kepada masyarakat perihal Destinasi Pariwisata di Majalengka. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan jumlah keuntungan dari tempat pariwisata yang dimaksud dan mempunyai tujuan mengintegrasikan teknologi dengan pariwisata yang akan memungkinkan dapat meraup keuntungan, dan lebih banyak penyediaan fasilitas–fasilitas berbagai produk sehingga dapat memuaskan wisatawan
Downloads
References
Anindisa, M., Basuni, S., & Sunarminto, T. (2017). Stakeholders of Nature Tourism Management in SPTN Area II Majalengka, Gunung Ciremai National Park. Media Konservasi, 22(3), 230-241.
Aripin, I., & Yulianti, D. (2018). Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Biologi. BIO EDUCATIO: The Journal of Science and Biology Education, 3(1), 43-52.
Bhahri, S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 10(1), 94-106..
De Cuypere, E., De Turck, K., & Fiems, D. (2016). Opinion spreading of a tourism-related topic in an online travel forum.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32-41.
Himawan, H. (2015, July). E-tourism: Antara konsep dan implementasi dalam mendukung industri pariwisata Indonesia. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 5).
Komalasari, R., Pramesti P. dan B. Harto. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia. 2. 163-170. 10.37253/altasia.v2i2.559.
Kusuma, Diana Fitri., dan Mohamad Sugand Syahriar. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol. 3. No. 1. Hal 20.
Mahardika, Y., & Fardani, I. (2021). Inovasi Pengembangan Aplikasi Pariwisata Kabupaten Majalengka. Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota, 564-581.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.
Prasetya, D. D. (2011). Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pariwisata. In Seminar on Electrical, Informatics and ITS Education.
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., ... & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.Bhahri, S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 10(1), 94-106.
Rusdi, J. F. (2019). Peran teknologi informasi pada pariwisata Indonesia. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 2(2), 78-118
Sitanggang, A. S. (2017). Placement applications scheduling lecture in international program unikom based android. IJISCS (International Journal of Information System and Computer Science), 1(3), 48-58.
Situmeang, I. V. O. (2013). Pemanfaatan Media Internet Melalui Situs Twitter Sebagai Media Komunikasi Dan Bisnis. Snit 2013, 1(1), 37-38.
Sujana, A. P., Sitanggang, A. S., & Pramono, E. Y. (2018). PEMODELAN DALAM PERANCANGAN APLIKASI MOBILE TIKETING pada E-TRANSPORT. Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Teknik, 6(3), 69-76.
Utama, I. G. B. R., & Junaedi, I. W. R. (2015). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia:: Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan. Deepublish.
Wiyanto, W., Fadhilah, S., & Siswandi, A. (2022). E-Tourism Sebagai Media Wisata Kabupaten Bekasi Berbasis Website. Journal of Practical Computer Science, 2(1), 1-14.
Published
Issue
Section
License
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).