Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Monumen Nasional Jakarta

Authors

  • Rahmat Priyanto STP Ars Internasional
  • Intan Mahfud STP Ars Internasional

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v1i2.465

Abstract

Monumen Nasional Jakarta merupakan monumen yang menjadi ciri khas Kota Jakarta. Monumen Nasional menawarkan daya tarik wisata berupa sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia. Kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Karena kualitas pelayanan sangat erat kaitanya dengan kepuasan pengunjung. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di monumen nasional Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, quisioner dan literature dari penelitian terdahulu atau jurnal. Populasi dalam penelitian ini merupakan wisatawan yang melakukan kunjungan ke Monumen Nasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki korelasi yang tidak besar terhadap Kepuasan Pengunjung namun Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung di  Monumen Nasional Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, 1–19, 1–19.
Aryani. D, Rosinta. F. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, No.2
Dwi Prasetyo. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Obyek Wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang. Universitas Negeri Semarang
Fatimah.S, Oda I.B. Hariyanto. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berkunjung Di Taman Objek Wisata Situ Patenggang. Jurnal Pariwisata. Vol 3, No 1
Kotler,P.(2011).KotlerManagementDecision.https://doi.org/10.1108/00251749110004961
Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. In Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Priyanto, R., & Hermawan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas ( Studi di Ciater Spa Resort ).
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi aksara.

Syarifuddin, Didin. 2012. Building Service Quality, Increasing Guest Satisfaction. Bandung: Manajemen Pariwisata, STP ARS Internasional. https://www.researchgate.net/profile/Didin_Syarifuddin/publication/284027952
Syarifuddin, D. (2014). Measuring Destination Service Quality ( Studi Tentang Pelaksanaan Kualitas Pelayanan Kebun Binatang Bandung ), I(2).
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. In Edisi 2. https://doi.org/2012
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Published

2019-08-15