Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Kamar Hotel Bagi Wisatawan di Bandung

Authors

  • Heni Rohaeni Bina Sarana Informatika
  • Ane Widaini ASM BSI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i3.1106

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Penjualan, Wisatawan

Abstract

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa memandang pelanggan sebagai faktor yang penting. Pelanggan yang puas atas jasa yang ditawarkan, merupakan tanda positif bagi suatu perusahaan. Guna mewujudkan rasa puas pada pelanggan, maka perusahaan harus mampu memberikan pelayanan sesuai dengan atau melebihi harapan pelanggan, karena semakin baik pelayanan yang diberikan maka pelanggan akan semakin puas. Ini akan berpengaruh pada peningkatan laba yang di peroleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap penjualan kamar Hotel bagi Wisatawan pengguna jasa layanan Hotel Di Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner pada 100 Wisatawan yang diperoleh melalui insidental sampling. Kemudian dilakukan pengujian dengan melakukan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan persamaan regresi. Hasil penelitian Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan Kamar Hotel Bagi Wisatawan Pengguna Jasa Hotel di Bandung menunjukkan bahwa hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,882 yang menunjukkan pelayanan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap penjualan kamar. Uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 77,8% yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh terhadap penjualan kamar. Persamaan regresi bernilai Y = 10,57 + 0,858.X hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan kualitas pelayanan menunjukkan hubungan yang searah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. www.cvalfabeta.com.
Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. www.simbiosarekatama.com.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran. Edited by Dedy A. Halim. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat. http://www.penerbitsalemba.com.
Ratminto, and Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi offset.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset.
Triana, Rini, Mukhlis Yunus, and Syafruddin Chan. 2015. “Pengaruh Program Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Citra Perusahaan Dalam Meningkatkan Keputusan Untuk Menginap Di Hotel Berbintang Tiga Di Banda Aceh.” Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4,.

Published

2020-08-27