Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Berkunjung Kembali Pada Destinasi Bintan Lagoon Resort

Main Article Content

Muamar Khadafi Dina Dina

Abstract

Pariwisata  merupakan industri memberikan dampak multiplier effect   dan sangat mempengaruhi perputaran roda perkonomian   sebagai penyumbang  devisa bagi Negara. Indonesia memiliki wilayah teritorialnya berupa 70% lautan  memiliki sumber daya alam, sebagai objek dan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan Nusatara terlebih wisatawan mancanegara. Salah satuya adalah bagian barat Indonesia yaitu Pulau Bintan kawasan tersebut terkenal dengan nama  Bintan Lagoon Resort. Ketika hari libur panjang mengalami peningkatan wistawan, High season kunjungan wisatawan melebihi kapasitas dari akomodasi yang tersedia di Kawasan  Bintan Lagoon Resort sehingga  mengurangi kenyamanan wisatawan ketika berlibur. Hal tersebut akan mempengaruhi  tingkat kepuasan wisatawan.


Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif untuk  mengukur kepuasan  pelayanan wisatawan di kawasan Bintan Lagoon Resort. Proses   penelitian  menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan  mengenai apa yang ingin  diketahui. Varibel yang akan di teliti sejauh mana   variabel (x) pelayanan dan kepuasan mengaparuhi terhadap niat wisatawan  untuk berkunjung kembali, revisiter intentions  dan variabel (y). Hasil penelitian  kepuasan berkunjung kawasan Bintan Lagoi  tergolong pada kategori  baik hal ini dapat di lihat dari suatau produk dan jasa yang dapat meningkatkan rasa senang dan ingin kembali menggunakan produk atau jasa tersebut. Baik buruk kualitas pelayanan sangat berpengaruh  terhadap kepuasan tamu.  Oleh sebab itu pihak pengelola kawasan Bintan Lagoon Resort dan hotel  harus mampu mempertahankan dan menyediakan semua kebutuhan, keinginan, serta harapan tamu,  agar tamu  merasa senang dan puas dalam kunjungannya, serta akan merekomendeasikan kepada koleganya.

Article Details

How to Cite
KHADAFI, Muamar; DINA, Dina. Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Berkunjung Kembali Pada Destinasi Bintan Lagoon Resort. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 323-328, aug. 2020. ISSN 2655-965X. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/1016>. Date accessed: 15 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.37253/altasia.v2i3.1016.
Section
Articles