Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Berkunjung Kembali Pada Destinasi Bintan Lagoon Resort

Authors

  • Muamar Khadafi Universitas Internasional Batam
  • Dina Dina Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/altasia.v2i3.1016

Abstract

Pariwisata  merupakan industri memberikan dampak multiplier effect   dan sangat mempengaruhi perputaran roda perkonomian   sebagai penyumbang  devisa bagi Negara. Indonesia memiliki wilayah teritorialnya berupa 70% lautan  memiliki sumber daya alam, sebagai objek dan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan Nusatara terlebih wisatawan mancanegara. Salah satuya adalah bagian barat Indonesia yaitu Pulau Bintan kawasan tersebut terkenal dengan nama  Bintan Lagoon Resort. Ketika hari libur panjang mengalami peningkatan wistawan, High season kunjungan wisatawan melebihi kapasitas dari akomodasi yang tersedia di Kawasan  Bintan Lagoon Resort sehingga  mengurangi kenyamanan wisatawan ketika berlibur. Hal tersebut akan mempengaruhi  tingkat kepuasan wisatawan.

Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif untuk  mengukur kepuasan  pelayanan wisatawan di kawasan Bintan Lagoon Resort. Proses   penelitian  menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan  mengenai apa yang ingin  diketahui. Varibel yang akan di teliti sejauh mana   variabel (x) pelayanan dan kepuasan mengaparuhi terhadap niat wisatawan  untuk berkunjung kembali, revisiter intentions  dan variabel (y). Hasil penelitian  kepuasan berkunjung kawasan Bintan Lagoi  tergolong pada kategori  baik hal ini dapat di lihat dari suatau produk dan jasa yang dapat meningkatkan rasa senang dan ingin kembali menggunakan produk atau jasa tersebut. Baik buruk kualitas pelayanan sangat berpengaruh  terhadap kepuasan tamu.  Oleh sebab itu pihak pengelola kawasan Bintan Lagoon Resort dan hotel  harus mampu mempertahankan dan menyediakan semua kebutuhan, keinginan, serta harapan tamu,  agar tamu  merasa senang dan puas dalam kunjungannya, serta akan merekomendeasikan kepada koleganya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Suryana. 2017. Pembangunan Daerah Kepulauan : Studi Kasus Provinsi Kepulauan Riau Dan Provinsi Maluku Utara. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Aditha Agung Prakoso, Yohana Aprilia de Lima. 2019. Strategi Pengembangan Pariwisata Kreatif Berbasis Masyarakat (Communitybased Creative Tourism) Di Bintan. Journal of Tourism and Creativity.
Asriandi, Ina. 2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. Makasar: Jurnal, Universitas Hasanuddin.
Chandra, Ardan Adhi, and Danu Damarjati. 2017. Tiga Tahun Jokowi-JK, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar Kedua. Detik Finance: 1–3.
Daryanto (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Diana Suheri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Office Terhadap Kepuasan Tamu Di Banyan Tree Resort Bintan.
Gde Sugihamretha, I Dewa. 2018. “A Model of Development Maritime Tourism Competitiveness in Nikoi Island, Riau Islands Province. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 2(3): 320–32.
Hariyanto, Oda I .B. 2017. “The Meaning Of Offering Local Wisdom In Ritual Panjang Jimat.” International Journal Of Scientific & Technology ResearcH 6(06): 239–44.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Noor Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta.
Parasuraman, A., Zeihaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Jurnal of Marketing, 49, 41-50.
Priyanto, R. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Saung Angklung Udjo. Jurnal Pariwisata.
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Sedarmayanti. 2014. Membangun Dan Mengembangkan Kebudayaan Dan Industri Pariwisata (Bunga Rambai Tulisan Pariwisata). Bandung: PT Refika Aditama.
Suryadana, Liga M & Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta
Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa, Cetakan ke-6, Yogjakarta
Yosep Oktaranda. 2019. Dampak Industri Pariwisata Lagoi Bertaraf Internasional Yang Dikelola Oleh PT. BRC Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bintan Provensi Kepulauan Riau.

Published

2020-08-26