Pengaruh Persepsi Kualitas Daya Tarik Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Word of Mouth di Tanah Lot
DOI:
https://doi.org/10.37253/altasia.v7i1.10090Keywords:
Persepsi Kualitas, Kepuasan Wisatawan, Word of Mouth (WOM), Daya Tarik Wisata, Tanah Lot, BaliAbstract
Word of Mouth (WOM) dalam konteks pariwisata dianggap sebagai sumber informasi yang penting dan bermanfaat. WOM membantu wisatawan mengevaluasi kualitas layanan, mendapatkan informasi terkait destinasi atau daya tarik wisata, serta memengaruhi keputusan mereka untuk berkunjung. Dampak WOM sangat dipengaruhi oleh kualitas daya tarik wisata dan tingkat kepuasan wisatawan. Kedua faktor ini memberikan kontribusi besar terhadap keberlanjutan dan kesuksesan daya tarik wisata dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan, persepsi kualitas daya tarik wisata terhadap WOM, dan kepuasan wisatawan terhadap promosi Word of Mouth (WOM) di Tanah Lot. Dengan pendekatan kuantitatif, survei dilakukan pada 239 wisatawan domestik, dan analisis menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, kepuasan wisatawan juga signifikan memengaruhi WOM, dan persepsi kualitas daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap WOM. Temuan ini menunjukkan bahwa reputasi, pengalaman berkualitas, dan kenyamanan menjadi faktor kunci kepuasan wisatawan yang mendorong WOM. Strategi peningkatan pengalaman wisata berbasis kualitas dapat memperkuat peran Tanah Lot sebagai daya tarik wisata unggulan di Bali.
References
Afrina Sihombing, D., Walvinson, E., 2021. Pengaruh Loyalitas Merek Coffee Shop di Kota Batam. Jurnal ALTASIA Vol. 3, No. 2.
Buana, P.A., Wicaksana, D.A., Adinugroho, S., 2024. Pengukuran Kegunaan dan Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Virtual Tour Reality dalam Meningkatkan Pengalaman Wisata. Jurnal Algoritma 21, 101–111. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.21-2.1991
Chairunisa, S., Dwiyanto, B.M., 2023. Pengaruh Kualitas Layanan, Experiential Marketing, Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Untuk Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Objek Wisata Religi Masjid Agung Banten). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT 12, 1–13.
Chin, W.W., 2010. Bootstrap Cross-Validation Indices for PLS Path Model Assessment, in: Handbook of Partial Least Squares. Springer Berlin Heidelberg, Berlin, Heidelberg, pp. 83–97. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8_4
Chin, W.W., Dibbern, J., 2010. An Introduction to a Permutation Based Procedure for Multi-Group PLS Analysis: Results of Tests of Differences on Simulated Data and a Cross Cultural Analysis of the Sourcing of Information System Services Between Germany and the USA, in: Handbook of Partial Least Squares. Springer Berlin Heidelberg, Berlin, Heidelberg, pp. 171–193. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8_8
Deb, M., Lomo-David, E., 2021. Determinants of word of mouth intention for a World Heritage Site: The case of the Sun Temple in India. Journal of Destination Marketing and Management 19. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2020.100533
Dira Oktavia, R.C., Rachmatullah, A., Oktovianus, O., Enggriani, M., Maudiarti, S., 2024. Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Traditional Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai variabel Mediasi di Situ Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Pariwisata 29, 327. https://doi.org/10.30647/jip.v29i3.1838
Galih Azka Ramadhan, Endah Budiastuti, M Annisul Fata, 2024. Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Wisata Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. MAMEN: Jurnal Manajemen 3, 340–352. https://doi.org/10.55123/mamen.v3i4.4219
Hamid, R.S., Anwar, S.M., Salju, Rahmawati, Hastuti, Lumoindong, Y., 2019. Using the triple helix model to determine the creativity a capabilities of innovative environment, in: IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012144
Haryono, S., Pamungkas, Y., 2021. Effect of Quality of Work Life on Performance: The Role of Satisfaction and Work Discipline.
Haryono Siswoyo, 2016. Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Lisrel, Amos (Pertama). PT. Intermedia Personalia.
Imam Ghozali, 2014. Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls), 4th ed. Badan Penerbit Universitas Diponegoro., Semarang.
Leo, G., Brien, A., Astor, Y., Najib, M., Novianti, S., Rafdinal, W., Suhartanto, D., 2021. Attraction loyalty, destination loyalty, and motivation: agritourist perspective. Current Issues in Tourism 24, 1244–1256. https://doi.org/10.1080/13683500.2020.1772207
Likert, R., 1932. A technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology 22 140, 55.
Nunnally, J., Bernstein, I., 1994. Psychometric Theory (3rd ed.). New York. https://doi.org/10.1177/014662169501900308
Nurbasari, A., Aribowo, A., Budiningsih, T., Morgan, G., Raihin, Y.O., 2024. Analisis Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Wisatawan dan Keterlibatan Wisatawan, pada Minat Berkunjung Ulang (Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Pulau Padar. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB) 8, 164. https://doi.org/10.31104/jsab.v8i2.469
Nurrani, I., Pariwisata, P., Adiatma, D., Firman, D., Rukma, S., 2023. PENGARUH INSTAGRAMABLE DAN MEDIA SOSIAL PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA KEBUN MAWAR SITUHAPA, JUMPA.
Prakoso, F.A., 2022. Analisis Word of Mouth, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan dan Dampaknya terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) 4, 32–41. https://doi.org/10.51454/jimsh.v4i1.435
Putrinda Kurnia Firdaus, 2020. ELECTRONIC WORD OF MOUTH Volume 03.
Salsabilla, S.A., Gemiharto, I., Cms, S., 2025. Evaluasi Eefektifitas Media Sosial dan Word Of Mouth dalam Promosi Wisata Bukit Sanghyang Dora di Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume VIII, NO. 1.
Setiawan, P.Y., Bagus, I., Purbadharmaja, P., Agung, A., Widanta, B.P., Hayashi, T., 2020. How electronic word of mouth (e-WOM) triggers intention to visit through destination image, trust and satisfaction: the perception of a potential tourist in Japan and Indonesia. Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/OIR
Susianto, B., Johannes, J., Yacob, S., 2022. Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6
Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, 2009. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009.
Wijaya, F., Sujana, D., 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth (Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata.
Wisnu Bawa Tarunajaya, O., Darmawan, H., Danova Goeltom, A., Simatupang, V., 2023. ANALISIS KUALITAS DAYA TARIK WISATA DESA ALAMENDAH ANALISIS KUALITAS DAYA TARIK WISATA DESA WISATA ALAMENDA. Open Journal Systems Vol.18 No.2.
Wulandari, M., Hasyim, A.W., Rachmawati, T.A., Pramaningrum, D.S., 2024. Eksplorasi Motivasi dan Minat Berkunjung Kembali Pada Situs Dark Tourism Pulau Lusi di Kabuapten Sidoarjo. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia 6, 156–168. https://doi.org/10.37253/altasia.v6i2.9199
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).