Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Desa Kupang Kecamatan Jetis Mojokerto
Keywords:
Pengembangan Wisata Berkelanjutan, Desa Wisata, Analisis SWOT, Analisis 4AAbstract
Ciri khas dari Desa Kupang ini yaitu memiliki potensi daya tarik pemandangan alam dan religinya dengan topografi wilayah di dominasi kawasan perbukitan terutama dimininati oleh masyarakat perkotaan. Terdapat beberapa tantangan seperti kapasitas pengunjung, infrastruktur pendukung, kemampuan sumber daya manusia (SDM), dan pemasaran yang hanya mengandalkan mulut ke mulut tentu menjadi kendala bagi pengunjung untuk berwisata ke obyek wisata Desa Kupang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji strategi pengembangan wisata berkelanjutan yang baru dan inovatif di desa Kupang. Jenis metode penelitian yang diterapkan oleh pengkaji kali ini yaitu deskriptif. Sumber data pengumpulan yang dipakai ialah data primer dengan observasi secara langsung, dan wawancara dengan informan tertentu. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis 4A dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan adanya potensi kuat dari Desa Kupang namun perlu dimaksimalkan kembali agar dapat menjadi desa wisata maju. Adanya keunggulan daya tarik pemandangan pegunungan dan atraksi wisata edukasi Bukit Kayoe Putih. Strategi pengembangan yang paling efektif menggunakan strategi SO Kuadran 1 Progresif. Seperti melakukan promosi dengan lebih mengeksplor keunikan Desa Kupang, membuat inovasi baru dari segi video maupun gambar, mengajak masyarakat ikut andil dalam kegiatan pemasaran, dan lebih memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Diharapkan pula dibentuk POKDARWIS agar pengurus pariwisata setempat berjalan dengan optimal.
References
Adiputra, M.S. et al. 2021, Metodologi Penelitian Deskriptif, Yayasan Kita Menulis, Medan.
Aliman, N. K., Hashim, S. M., Wahid, S. D. M., dan Harudin, S. (2016). Tourists¡ Satisfaction with a Destination: An Investigation on Visitors to Langkawi Isldan. International Journal of Marketing Studies, 8(3), 173-188.
Andayani, S. A., Umyati, S., Dinar,Tampubolon, G. M., Ismail, A. Y.,Dani, U., Nugraha, D. R., & Turnip, A. (2022). Prediction Model For AgroTourism Development UsingAdaptive Neuro-Fuzzy Inference System Method. Open Agriculture, 7(1), 644–655. https://doi.org/10.1515/opag-2022-0086
Ardinata, R. P., Susanti, R., & Rahmat, H. K. (2023). Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 1-9.
Auliandri, T. A. (2017). Analisa Aktivitas Manajemen Strategi pada Industri Pariwisata Berbasis Digital. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia.https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i1.13
David, F.R. (2002). Strategic Management. Cases: Prentice Hall
Diella, A. L., Notarianus, K. A., Erlangga, Y., Santoso, S. N., Saragih, J. R. M., Utami, F., Wicaksono, U. A., Kosim, M. C., Christian, A. J., Dewi, N. M. A. K. M., Renalto, S., Sugirianto, B., & Paramita, B. L. (2022). Pengembangan Kawasan Wisata Edukasi Mangrove pada Era New Normal di Desa Banaran, Galur, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 2(5), 511–517.
Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto. (2024). Jumlah kunjungan di wisata Desa Kupang dalam angka 2024. Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto.
Effran, E., Perdana, M. A. C., Maranting, H. S., Prakoso, T., Ratri, W. S., Riwu, Y. F., ... & Saputro, W. A. (2023). Manajemen Strategi Agribisnis. Pradina Pustaka.
Gamidullaeva, L., Vasin, S., Tolstykh, T., & Zinchenko, S. (2022). Approach To Regional Tourism Potential Assessment In View Of CrossSectoral Ecosystem Development. Sustainability (Switzerland), 14(15476), 1–24. https://doi.org/10.3390/su142215476
Hadiwijoyo, Suryo S. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep) 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Huang, J. C., Wang, J., Nong, Q., & Xu, J. F. (2023). Using A Modified DANP-Mv Model To Explore The Improvement Strategy For Sustainable Development Of Rural Tourism. Sustainability (Switzerland), 15(2371), 1–17. https://doi.org/10.3390/su15032371
Kawuryan, M. W., Fathani, A. T., Purnomo, E. P., Salsabila, L., Azmi, N. A., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2022). Sustainable Tourism Development In Indonesia: Bibliometric Review And Analysis. Indonesian Journal of Geography, 54(1), 154–166. https://doi.org/10.22146/ijg.64657
Khairunnisah, N. A. (2019). Partisipasi Pokdarwis Dalam Pengembangan Wisata Halal Di Desa Sesaot. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Kiswantoro, A., & Susanto, D. R. (2021). Strategi Pengembangan Desa Wonokriti Sebagai Desa Wisata Edelweis Di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Journal of Tourism and Economic, 4(2), 119-134.
Nair, V., Munikrishnan, U. T., Rajaratnam, S. D., dan King, N. (2015). Redefining rural tourism in Malaysia: A conceptual perspective. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 20(3), 314-337.
Rangkuti, F. (2017).Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama
Rustine, M., & Indriana, I. (2023). Potensi Penggunaan Influencer Virtual Indonesia Bagi Pemasaran Pariwisata Indonesia. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 16-27.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Soeswoyo, D. M., Jeneetica, M., Dewi, L., Dewantara, M. H., & Asparini, P. S. (2021). Tourism Potential And Strategy To Develop Competitive Rural Tourism In Indonesia. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 5(2), 131–141. https://doi.org/10.31940/ijaste.v5i2.13 1-141
Sugiarti, R., Aliyah, I., & Yudana, G. (2016). Pengembangan potensi desa wisata di Kabupaten Ngawi. cakra Wisata, 17(2).
Sukaris, S., Kurniawan, A., & Kurniawan, M. D. (2023). Strategi pengembangan wisata desa yang berkelanjutan. Jurnal Manajerial, 10(01), 17-36.
Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2021). Indikator perencanaan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Anugrah Utama Raharja.
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002.
Wiyono, B. P. A., Kusuma, H. E., Sinatra, F., & Tampubolon, A. C. (2019). TIPE WISATAWAN BERDASARKAN KORELASI MOTIVASI DAN KEGIATAN DI TEMPAT WISATA (STUDI KASUS: INDONESIA). TATALOKA, 21(2), 314. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.2.314-327.
Zeraib, S., Kouba, Y., & Berghout, B. (2022). The Influence Of Tourism Development Strategies On The Attractiveness Of Mountainous Destinations: A Case Study Of The Aures Mountains In Algeria. Sustainability (Switzerland), 14(13045), 1–13. https://doi.org/10.3390/su142013045
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The article publication is wholly owned by the Indonesian Tourism Journal (ALTASIA).