PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI, KOMITMEN PADA ORGANISASI DAN PELATIHAN KERJA PADA KINERJA KARYAWAN TOKO RITEL ALFAMART DAN INDOMARET DI BATAM

  • Yuswardi Yuswardi Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada toko ritel modern Indomaret dan Alfamart di Batam.  Pertumbuhan sektor toko ritel modern Alfamart dan Indomaret ini sudah menjangkau wilayah keramaian di pusat perdaagangan hingga ke lingkungan perumahan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini mencakup kompensasi, motivasi, komitmen terhadap organisasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan  di toko ritel modern tersebut.


 


Penelitian ini melibatkan sekitar 250 responden melalui kuesioner yang disebarkan pada karyawan gerai Alfamart dan Indomaret di Batam. Kuesioner disebar dan didapatkan pengembalian kuesioner sebanyak 240 dan kemudian diuji datanya dengan menggunakan SPSS. .


 


Berdasarkan hasil uji data diketahui bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan dari gerai Alfamart dan Indomaret di Batam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi perusahaan dalam merancang program peningkatan kinerja karyawan yang akan menopang pertumbuhan usaha menjadi lebih baik lagi.

Published
Dec 30, 2020
How to Cite
YUSWARDI, Yuswardi. PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI, KOMITMEN PADA ORGANISASI DAN PELATIHAN KERJA PADA KINERJA KARYAWAN TOKO RITEL ALFAMART DAN INDOMARET DI BATAM. Journal of Global Business and Management Review, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 60-72, dec. 2020. ISSN 2685-3426. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/jgbmr/article/view/4326>. Date accessed: 15 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.37253/jgbmr.v2i2.4326.