Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar Citra Marindo

Authors

  • Yuswardi Universitas Internasional Batam
  • Devlin Wang Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/se.v3i4.11367

Keywords:

Pemasaran Digital, Visibilitas, Peningkatan Penjualan

Abstract

Pemasaran digital merupakan strategi utama dalam memperluas jangkauan pasar perusahaan. PT Citra Marindo, penyedia perlengkapan kapal di Batam, menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan visibilitas. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan strategi pemasaran digital melalui Tokopedia dan Instagram untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat citra merek. Metode yang digunakan mencakup pembuatan toko online di Tokopedia, pengelolaan akun Instagram, serta penggunaan iklan berbayar dan QR code. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung dan pembeli dari luar grup internal perusahaan, yang menandakan keberhasilan dalam memperluas pasar. Promosi melalui Instagram yang menyajikan konten kreatif juga memperkuat branding perusahaan sebagai pemasok perlengkapan kapal terpercaya di Batam. Kendala awal dapat diatasi dengan strategi iklan dan ulasan positif, dengan harapan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Secara keseluruhan, penerapan strategi pemasaran digital ini memiliki potensi besar untuk berkembang dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar perlengkapan kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, S. (2015). Peranan Strategi Promosi Pemasaran TerhadapPeningkatan Volume Penjualan. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 13(1), 47-55., 3 (1)(1693–6922), 47–55.

Ananda, A. D., & Yuswardi. (2023). Penerapan Promotion Mix pada Bisnis Sate Banyumas Sagulung - Batam.

Astuty, D., & Yuswardi. (2024). Strategi Promosi atau Membangun Brand Image pada Media Digital/Online pada UMKM Fashion @Highlaff.id2. Madani, 2(2), 58–64. https://doi.org/10.37253/madani.v2i2.8945

Citra Marindo. (2018). https://citramarindo.com/

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). MARKETING 5.0.

Meirisha, P. J. (2024). Strategi Public Relation Bank Syariah dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital : Literature Review. 1(1), 39–46.

Norton, A. (2023). Digital marketing strategy. Digital Marketing Strategy, July, 1–168. https://doi.org/10.4337/9781035311316

Ryan, D. (2014). Understanding Digital Marketing 3rd edition, Marketing strategies for engaging the digital generation. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.101

Downloads

Published

2025-10-03