Evaluasi Dampak Kerusakan Perkerasan Jalan Terhadap Keselamatan Lalu Lintas (Studi Kasus : Jl. Tonjong Cicenang Majalengka)

Authors

  • Ghaida Tsauraya Nur Fatimah Universitas Majalengka
  • Amanatullah Savitri Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/leader.v2i4.10144

Keywords:

Jalan, Kerusakan, Pemeliharaan, Perbaikan

Abstract

Lapisan perkerasan jalan terletak di antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan disebut perkerasan jalan. Jalan berfungsi sebagai salah satu sistem jaringan jalan yang dapat menghubungkan dan mengikat seluruh negara. Kerusakan jalan ditandai dengan adanya perubahan bentuk permukaan jalan. Hasil jurnal ini menunjukkan bahwa kerusakan jalan memiliki penyebab yang signifikan dan dapat mempengaruhi pengguna jalan, kerusakan ini tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan yang serius bagi pengemudi, penumpang, dan pejalan kaki. Penelitian ini berlokasi pada Jl. Tonjong Cicenang Majalengka yang terletak di kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Metode ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui dampak kerusakan perkerasan jalan terhadap keselamatan lalu lintas studi kasus: Jl. Tonjong Cicenang Majalengka. Usia, jenis kelamin, dan jenis kendaraan yang digunakan saat melintasi Jl. Tonjong Cicenang Majalengka, menurut hasil kuesioner yang dikumpulkan dari 50 responden. Sebagian besar pengguna jalan memilih sepeda motor karena praktis dan efisien dalam mengejar waktu, dan beberapa responden juga menggunakan mobil pribadi, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit daripada pengguna sepeda motor.  Kelompok usia 20 tahun memiliki jumlah pengguna jalan yang cukup signifikan, tetapi tidak sebanyak kelompok usia 21–30 tahun. Selain itu, responden dari kelompok usia yang lebih muda cenderung lebih kritis terhadap kondisi jalan dan lebih menyadari pentingnya infrastruktur jalan yang baik. Hasil kuesioner yang dikumpulkan dari 50 orang yang menjawab di Jl. Tonjong Cicenang Majalengka, menunjukkan bahwa mayoritas orang yang menggunakan jalan adalah laki-laki. Faktor keselamatan pengguna jalan terhadap kerusakan jalan memiliki tingkat kepentingan tertinggi tetapi tingkat kepuasan terendah, menunjukkan bahwa perbaikan harus menjadi prioritas utama. 68% orang yang menjawab setuju bahwa perbaikan jalan adalah bagian penting dari meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbondati, F. B. (2021). Surface monitoring of road pavements using mobile crowdsensing technology. Measurement, 171, 108763.

Alamri, W. A. (2019). Effectiveness of qualitative research methods: Interviews and diaries. International Journal of English and Cultural Studies, 2(1), 65-70.

Andini, R. &. (2023). Road Service Quality Performance Analysis from Users Perspective (Case Study: Jalan Raya Jati–Cemengkalang Sidoarjo). Prosiding KRTJ HPJI, 16(1), 1-16.

Arya, D. M. (2021). Deep learning-based road damage detection and classification for multiple countries. Automation in Construction, 132, 103935.

Assalam, M. F. (2022). The Effectiveness Analysis of Frontage Road on Jalan Margonda Raya, Depok. . Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 383-396.

Choi, S. &. (2019). Development of the road pavement deterioration model based on the deep learning method. Electronic, 9(1), 3.

Fan, Z. L. (2020). Fan, Z., Li, C., Chen, Y., Wei, J Automatic crack detection on road pavements using encoder-decoder architecture. Materials, 13(13), 2960.

Ferenčík, M. K. (2019). Detection of forest road damage using mobile laser profilometry. . Ferenčík, M., Kardoš, M., Allman, M., & Slatkovská, Z. (2019). DetectioComputers and Electronics in Agriculture, 166, 105010.

Immanuel, Y. R. (2022). The Road Performance Analysis of the Tuah Madani Roundabout, Batam-Indonesia. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 27-36.

Isradi, M. H. (2021). Comparison of PCI (Pavement Condition Index) and SDI (Surface Disstres Index) in Identification of Urban Road Damage. ADRI International Journal of Sciences, Engineering and Technology, 90-98.

Isradi, M. P. (2023). Prediction of Service Life Base on Relationship Between Psi and Iri for Flexible Pavement. . Proceedings on Engineering, 267-274.

Isradi, M. R. (2022). Analysis of Damage For Flexible and Rigid Pavement Using Pavement Condition Index (PCI) and Bina Marga Methods (Case Study: Narogong Cileungsi–Bantar Gebang Highway). Internatioal Journal of Transportation and Infrastructure , 30-37.

Isradi, M. S. (2021). Analysis Of Urban Road Damage With Pavement Condition Index (PCI) And Surface Distress Index (SDI) Methods.. no. way.

Jamshidi, A. &. (2019). Evaluation of performance and challenges of use of waste materials in pavement construction: a critical review. Applied Sciences, 10(1), 226.

Kamal, I. &. (2021). Materials and technologies in road pavements-an overview. . Materials Today: Proceedings, 42, 2660-2667.

Kheradmandi, N. &. (2022). A Critical review and comperative study on image segmentation - based thecniques for pavement crack detection. Contruction and Building Materials, 321, 126162.

Li, J. L. (2022). Automated asphalt pavement damage rate detection based on optimized GA-CNN. . Automation in Construction, 136, 104180.

Liu, Y. S. (2020). Review on evolution and evaluation of asphalt pavement structures and materials. Journal of Traffic and Transportation Engineering (English Edition), 7(5), 573-599.

Muatan, J. A. (2022). The Analysis of National Road User Satisfaction in Urban Area (Case Study of The PGC-Kramat Jati-Graha Cijantung Route, Jakarta). Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(1), 397-408.

Nassaji, H. (2020). Good qualitative research. Language Teaching Research, 24(4), 427-431.

Ng, C. P. (2019). Road infrastructure development and economic growth. In IOP conference series: materials science and engineering, 512(1), 012045.

Oreto, C. B. (2021). Road pavement information modeling through maintenance scenario evaluation. Journal of Advanced Transportation, 2021, 8823117.

Pembuain, A. P. (2019). The effect of road infrastructure on traffic accidents. In 11th Asia Pacific Transportation and the Environment Conference (APTE 2018), 176-182.

Pranav, S. A. (2020). Alternative materials for wearing course of concrete pavements: A critical review. Construction and Building Materials, 236, 117609.

Rachmadina, Y. R. (2022). Traffic Management Effectivity of Bulak Kapal Underpass Development, Bekasi Indonesia. . Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 369-382.

Rifai, A. I. (2022). Customer Satisfaction and Road Performance in Long Segment Maintenance Contract: Application of an Urban Road Network. . UIJRT United International Journal of Research & Technology, 10-19.

Rifai, A. S. (2021). Analysis of Road Performance and the impact of Development in Pasar Minggu, Jakarta (Case Study of Jalan Lenteng Agung-Tanjung Barat). . International Journal of Civil Engineering, 68-74.

Santos, J. T.-M. (2020). A fuzzy logic expert system for selecting optimal and sustainable life cycle maintenance and rehabilitation strategies for road pavements. Iernational journal of pavement engineering, 23(2), 425-437.

Selamat, N. A. (2019). Investigation on road damage due to vehicle overloading of high volume Ipoh state road. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 220(1), 012018.

Shtayat, A. M. (2020). A review of monitoring systems of pavement condition in paved and unpaved roads. Journal of Traffic and Transportation Engineering (English Edition), 7(5), 629-638.

Shtayat, A. M. (2022). An overview of pavement degradation prediction models. Journal of Advanced Transportation, 2022(1), 7783588.

Sidiq, A. M. (2022). Identification of traffic accident problem levels on motorcycle rider behavior using traffic conflict technique (TCT) method case study: cileungsi road. ADRI International Journal of Civil , 172-179.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles