PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. HERFINTA FARM AND PLANTATION

Authors

  • Henny Pratiwi Politeknik LP3I Medan
  • AHMAD PRAYUDI Universitas Medan Area
  • KALVIN SINAGA Politeknik Bisnis Indonesia
  • MAHYUDANIL MAHYUDANIL Universitas Islam Sumatera Utara
  • BUNGA ADITI Universitas Harapan

DOI:

https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i2.7268

Keywords:

Tangibles, responseiveness, reliability, assurance, emphaty, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menetapkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Herfinta Farm and Plantation melalui kualitas pelayanan yang ada untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebanyak 123 pelanggan dijadikan sample penelitian dan dibagikan kuesioner tertutup dengan indikator kualitas pelayanan yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty. Indikator kepuasan pelanggan yang dijadikan dasar pada penyusunan kuesioner adalah kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan kemudahan. Hasil uji korelasi antara harga dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,401, kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan 0,358. Hasil regresi linear berganda adalah Y = 9,859 + 0,226X1 + 0,176X2 yang berarti setiap bertambahnya atau meningkatnya 1 satuan harga maka akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,226 kali, dan setiap bertambahnya 1 satuan kualitas pelayanan akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,176 kali. Hasil uji parsial dan simultan menunjukkan harga dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji koefisien determinasi bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 20,9%, sedangkan sisanya 79,1% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-25